Salah satu bisnis yang paling dicari oleh sebagian orang adalah jualan tanpa modal. Hal ini dikarenakan adanya terkendala di modal, tetapi punya keinginan untuk membuat bisnis. Padahal tidak semua bisnis perlu modal, loh! Di zaman sekarang yang serba menggunakan teknologi, kamu bisa memanfaatkannya dengan baik untuk membuka toko online.

Bisnis online memiliki peluang yang sangat besar untuk jualan tanpa modal. Kamu uda bisa menjalankan jualan tanpa modal hanya dengan HP dan koneksi internet. Nggak cuma itu, kamu juga perlu kegigihan dan kreativitas untuk menjalankan bisnis jualan tanpa modal ini. Banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan jualan tanpa modal, di antaranya kamu tidak perlu mengeluarkan modal untuk tempat usaha.

Nah, kira-kira apa aja sih bisnis jualan tanpa modal yang bisa dilakukan? Yuk, simak di bawah ini untuk mengetahui ide jualan tanpa modal serta tips dan triknya!

Baca juga: 8 Cara Mendapatkan Modal Usaha Untuk Pebisnis Pemula

Ide Jualan Tanpa Modal yang Dapat Dilakukan

Buat kamu yang sedang ingin membangun bisnis tanpa modal, berikut adalah ide jualan tanpa modal yang bisa kamu lakukan.

  • Menjadi Dropshipper

jualan tanpa modal

Ide jualan tanpa modal yang bisa kamu lakukan adalah menjadi dropshipper. Dropshipper adalah sebutan untuk seseorang yang menjalankan dropship. Dropship itu sendiri adalah model bisnis jualan tanpa modal di mana seseorang menjual produk yang dibuat oleh pihak produsen atau supplier. Dalam menjalankan bisnis jualan tanpa modal ini, kamu tidak perlu untuk memikirkan stok barang dan mengatur pengiriman barang.

Namun, ketika ada transaksi pembelian, pihak supplier atau produsen lah yang akan mengirimkan barang tersebut langsung ke konsumen. Jadi, kamu hanya perlu untuk memikirkan cara memasarkan toko kamu agar diketahui oleh banyak orang. Keuntungan yang didapatkan menjadi seorang dropshipper adalah jualan tanpa modal, waktu yang fleksibel, dan memiliki banyak pilihan produk.

  • Menjadi Reseller

jualan tanpa modal

Sistem jualan secara reseller sebenarnya mirip dengan dropship. Namun, terdapat beberapa perbedaan di antara keduanya. Berbeda dengan dropshipper, reseller harus menyetok barang terlebih dahulu dan mengatur pengiriman barang. Seorang reseller terlebih dahulu harus melakukan pembelian barang ke supplier dalam jumlah yang banyak. Hal ini agar mendapatkan harga barang yang lebih murah sehingga keuntungan yang didapatkan akan lebih besar.

Dikarenakan reseller menyetok barang, otomatis kamu yang akan mengatur pengemasan dan pengiriman barang ke alamat pembeli. Lalu, berarti reseller bukan termasuk jualan tanpa modal? Tidak juga, karena ada beberapa supplier yang menawarkan program reseller tanpa harus mengeluarkan modal sama sekali. Biasanya, supplier yang menawarkan program reseller tanpa modal adalah perusahaan jasa, seperti pembayaran listrik PLN, jasa percetakan, atau jasa sablon.

  • Membuka Jasa Titip Online

jualan tanpa modal

Ide jualan tanpa modal dengan membuka jasa titip online ini bisa kamu lakukan dengan menerapkan sistem pre order. Sistem cara jualan tanpa modal ini, kamu menawarkan jasa titip melalui media sosial dengan memperlihatkan produk yang akan dijual. Kamu juga bisa menerapkan sistem by request dari calon pembeli.

Skala jualan tanpa modal jasa titip ini sangat beragam, mulai dari jasa titip produk di antar kota dan juga bisa antar negara. Produk yang dititipkan juga bisa sangat berbagai macam, seperti makanan khas, produk fashion, produk kecantikan, atau sampai barang branded.

Tips dan Trik Cara Jualan Tanpa Modal

Walaupun bisnis jualan tanpa modal terdengar mudah, tapi tetap ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan agar bisa mencapai kesuksesan. Berikut ini beberapa tips dan trik cara jualan tanpa modal yang harus kamu lakukan.

  • Menentukan Pasar yang Tepat

jualan tanpa modal

Dalam membuat bisnis apapun sangat penting untuk menentukan pasar yang tepat, termasuk dalam jualan tanpa modal. Hal ini agar kamu mengetahui produk apa yang harus kamu jual sesuai dengan yang dibutuhkan pembeli. Dalam menentukannya, kamu bisa melakukan riset di media sosial atau lewat Google Trend untuk mengetahui produk apa yang sedang tren.

  • Menentukan Produk yang Akan Dijual

jualan tanpa modal

Sebelum kamu mulai jualan tanpa modal, tentukan terlebih dahulu produk apa saja yang akan kamu jual. Kamu bisa mulai dengan produk yang banyak dicari dan dibutuhkan oleh banyak orang. Selain itu, kamu juga bisa menjual produk yang kamu suka dan kuasai dengan baik, sehingga kamu bisa tau seluk-beluk dari produk tersebut ketika konsumen bertanya. Kalau bisa hindari produk yang sudah banyak dijual dan banyak pesaingnya.

  • Pilih supplier yang terpercaya

jualan tanpa modal

Setelah mengetahui produk apa yang akan kamu jual, langkah selanjutnya adalah mencari supplier yang terpercaya. Ada banyak sekali pedagang dengan skala besar yang menerima program dropshipper dan reseller. Dengan begitu, kamu bisa jualan tanpa modal di awal. Namun, dalam memilih supplier sangat krusial karena seluruh barang akan didapatkan dari supplier

  • Memanfaatkan Marketplace

jualan tanpa modal

Agar bisnis jualan tanpa modal ini dapat dijangkau oleh banyak orang, kamu bisa membuka toko online di marketplace ternama. Membuat akun di marketplace sebenarnya gratis, tapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat berjualan di marketplace, salah satunya adalah adanya potongan biaya tertentu, seperti pajak. Oleh karena itu, kamu perlu menaikkan harga jual supaya kamu tidak rugi.

  • Memanfaatkan Instagram

jualan tanpa modal

Marketplace digunakan untuk menjual produk kamu, sedangkan Instagram digunakan untuk memasarkan produk kamu. Kenapa Instagram? Hal ini karena Instagram adalah salah satu media sosial yang paling efektif untuk jualan tanpa modal. Instagram memiliki jumlah pengguna yang sangat banyak dan mudah dijangkau oleh banyak orang. 

Tidak hanya itu, Instagram mempunyai fitur Shopping yang memungkinkan orang untuk berbelanja dengan mudah lewat foto dan video produk kamu di Instagram. Instagram tidak memungut biaya sama sekali alias gratis untuk menggunakan semua fitur yang disediakan.

  • Berikan Promo yang Menarik

jualan tanpa modal

Agar bisa memikat hati konsumen, kamu dapat membuat promo di saat awal-awal jualan kamu dibangun. Contohnya seperti, “Diskon 10% untuk 10 pembeli pertama!” Hal ini dapat membuat konsumen tertarik untuk membeli produk kamu. Sesekali kamu juga bisa melakukan giveaway agar dapat meningkatkan penjualan dan meningkatkan brand awareness

Selain fokus dalam menjual dan memasarkan produk, salah satu hal yang perlu kamu lakukan adalah mengelola orderan. Mengelola orderan tidak hanya tentang melakukan pengiriman, tapi juga harus rekap orderan, hitung ongkir, cetak invoice, bahkan sampai mengirim nomor resi ke konsumen. 

Hal ini sangat menantang terutama bagi kamu yang hanya sendiri dalam menjalankan bisnis tanpa modal ini. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa menggunakan aplikasi Smartseller untuk membantu kamu mengelola orderan dengan praktis dan lengkap.