Pernahkah kamu menggunakan aplikasi gudang? Bagi kamu yang sudah mengenal dan berkiprah dalam dunia bisnis, pasti kamu tahu kan pentingnya penggunaan aplikasi gudang?

Sebagai pelaku bisnis yang memiliki persediaan produk barang yang banyak dalam bisnismu, tentu diperlukan adanya gudang untuk menyimpan stok barang tersebut. Selain itu, kamu juga pasti paham bukan pentingnya memiliki kemampuan pengelolaan yang baik untuk mengelola gudang tersebut?

Nah, di era serba modern seperti sekarang ini, ada salah satu solusi yang bisa kamu manfaatkan untuk hal tersebut, yaitu dengan menggunakan aplikasi gudang. Dengan menggunakan aplikasi gudang, urusan pengelolaan gudang seperti penyimpanan, produksi, hingga distribusi dapat terselesaikan dengan baik.

Ya, aplikasi gudang kini memang jadi salah satu aplikasi yang paling banyak dicari oleh pelaku bisnis. Lalu, aplikasi gudang seperti apa yang sebaiknya digunakan dalam berbisnis? Kamu bisa temukan jawabannya dalam artikel ini. Simak terus, ya!

Mengenal Kembali Arti Aplikasi Gudang

Aplikasi gudang adalah sebuah perangkat lunak (software) yang dirancang untuk memudahkan segala aktivitas gudang yang berkaitan dengan keluar masuknya barang, mulai dari mendapatkan barang dari supplier hingga mengantarkannya ke pelanggan. Aplikasi gudang atau yang bisa disebut juga sebagai warehouse management software (WMS) dapat dipasang di server atau diakses melalui browser.

Sekarang juga ada aplikasi gudang canggih yang dapat dipasang di perangkat seluler untuk memudahkan para pelaku bisnis sebagai penggunanya dalam mendapatkan informasi gudang secara real time di mana pun dan kapan pun. Aplikasi gudang juga dapat digunakan untuk mengelola beberapa gudang yang tersebar di berbagai lokasi.

Kenapa Harus Menggunakan Aplikasi Gudang?

Banyak pelaku bisnis atau perusahaan yang sering menyepelekan proses penghitungan stok barang di gudang karena dianggap mudah dan semua orang dapat melakukannya.

Padahal, kalau tidak ada manajemen yang baik dapat menyebabkan stok gudang menjadi tidak terkontrol dan dapat menimbulkan kerugian bagi bisnis yang dijalankan. Apalagi, bisa-bisa nantinya masalah tersebut malah jadi menghambat kelancaran proses produksi, hal ini tentunya akan berujung pada tidak adanya laporan stok barang yang baik.

[Baca juga: 7 Kelebihan Memakai Aplikasi Stok Barang untuk Bisnis]

Nah, di sinilah kehadiran aplikasi gudang sebagai solusi dalam manajemen stok gudang tersebut. Seperti yang sudah disebut di awal, aplikasi gudang menjadi aplikasi yang dijadikan andalan bagi pelaku bisnis dagang, termasuk juga pelaku bisnis retail, grosir, hingga manufaktur. Apalagi di zaman seperti sekarang ini, dengan meningkatnya permintaan konsumen dan ketatnya kompetisi dalam dunia bisnis, tentunya para pelaku bisnis  harus sadar akan pentingnya beradaptasi dengan teknologi.

Karena itulah, aplikasi gudang juga jadi solusi yang efektif untuk membantu kamu sebagai pelaku bisnis dalam memudahkan proses operasional gudang sebagai bagian dari proses bisnismu, sekaligus juga meningkatkan keunggulan bisnis yang kompetitif.

Aplikasi Gudang yang Sering Dipakai Pebisnis

  • Odoo

Aplikasi yang satu ini merupakan aplikasi stok gudang yang responsif, yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan mampu meningkatkan kinerja dan waktu proses. Aplikasi ini dapat mengatur gudang menjadi lebih baik dengan sistem inventaris entri ganda yang smart dan otomatis. Inventaris entri ganda Odoo tidak mempunyai fitur input, output, atau transformasi stok. Sebaliknya, semua operasi merupakan pergerakan stok antar lokasi.

  • Inventory Management

Aplikasi gudang yang satu ini cocok digunakan untuk pemula. Kenapa? Karena penggunaannya sederhana dan mudah dipahami, bahkan untuk orang awam sekalipun. Aplikasi ini memiliki fitur utama yang memprioritaskan jumlah barang yang akan dijual dan dibeli.

Selain itu, kamu dapat mengelola stok barang dengan menambahkan saat barang-barang baru ditambahkan dan menghapus ketika barang dijual. Dengan begitu, kamu dapat memastikan bahwa tidak ada stok ganda yang terhimpun saat barang tidak tersedia.

  • Fishbowl Go

Aplikasi ini cocok untuk digunakan oleh semua ukuran bisnis, mulai dari toko kecil, online shop pribadi, hingga perusahaan besar. Kamu dapat menggunakan aplikasi ini untuk membaca kode barang, mencatat beberapa pesanan sekaligus, mencetak daftar pengepakan untuk menyelesaikan proses pengemasan, memastikan pesanan dikirim ke lokasi yang tepat, memastikan ketepatan waktu, dan melacak pergerakan produk di dalam gudang atau antar gudang.

Selain itu, ada juga fitur yang bisa digunakan untuk melacak jumlah produk. Saat menghitung stok barang secara fisik di gudang, kamu cukup memasukkan jumlah barang barunya. Informasi rinci seperti nomor seri, tanggal kedaluwarsa, suku cadang, dan lainnya pun bisa kamu dapatkan juga.

  • Netsuite WMS

Dengan menggunakan aplikasi Netsuite WMS, kamu akan terbantu dalam menerima, menyimpan, dan menghitung barang yang menggunakan metode barcode. Dengan begitu, kamu dapat menggunakan handphone untuk scan barcode-nya dan kelebihan lainnya adalah aplikasi ini bisa membaca kartu pembayaran.

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan fitur data real time, penagihan, manajemen inventori, pemesanan, dan pengiriman. Kamu pun tidak perlu khawatir soal keamanan datanya karena aplikasi ini menjamin keamanan semua data yang tersimpan di dalamnya dan semua data tersebut dapat kamu akses di mana pun dan kapan pun.

  • Jurnal

Aplikasi gudang ini memberikan kamu kendali penuh pada persediaan stok barangmu. Kelebihan dari fitur pada aplikasi ini adalah memberikan kemudahan dalam memantau jumlah persediaan barang secara rinci dari beberapa gudang sekaligus dengan mudah dan cepat.

Selain itu, kamu juga juga bisa mengatur harga berbagai produk sesuai kebutuhan. Keuntungan yang lebih banyak dapat kamu dapatkan juga dengan membuat penawaran spesial kepada konsumen tertentu, berdasarkan daftar kontak, dan rincian produk-produk khusus yang paling banyak dicari oleh konsumen.

  • Softly Pro

Fungsi utama dari aplikasi gudang ini adalah untuk melacak produk secara visual di beberapa lokasi secara bersamaan. Kelebihan ini  didukung juga dengan penggunaan kode QR yang dapat kamu pindai hampir di mana saja.

Selain fitur utama yang ditawarkannya tersebut, aplikasi ini juga mencakup fitur sampingan seperti pengaturan peringatan dan pengingat aplikasi sebagai pemberitahuan ekspor dan impor data, akses multiguna ke aplikasi, check-in dan check-out internal, serta pengadaan layanan penyimpanan cloud Dropbox untuk pengarsipan data barang dan transaksi gudang.

  • Inventory Now

Inventory Now adalah aplikasi yang cocok digunakan pemilik bisnis kecil hingga menengah. Dengan menggunakan aplikasi ini, pebisnis bisa melihat stok atau produk di segmen tertentu kapan saja. Fitur utama yang dimilikinya adalah fitur untuk mengecek semua stok di satu layar, sortir, filter, dan cari item dengan mudah. Bukan hanya itu, kamu juga bisa cek informasi barang termasuk tanggalnya, kategorinya, nama, kode, dan lokasi gudangnya.

  • SmartSeller

Berbagai aplikasi tersebut tentu memiliki fitur-fitur yang berbeda yang dapat disesuaikan dengan masing-masing kebutuhan pebisnis. Nah, aplikasi gudang yang terakhir ini pun juga bisa untuk kamu coba, lho. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu bisa mengelola orderan, melakukan pengaturan stok, pengiriman, serta analisa bisnis dalam satu paket. Ya, melalui aplikasi SmartSeller, kamu bisa memanfaatkan berbagai fiturnya yang akan membantu kamu dalam mengembangkan bisnismu.

Mulai dari manajemen inventori, manajemen order, hingga integrasi marketplace, hingga pengelolaan stok dari beberapa gudang yang tersebar di berbagai lokasi sekaligus pun bisa kamu atur dalam satu sistem, di mana saja, kapan saja, dan secara real time. Praktis, bukan?

Tidak perlu khawatir juga konsumen akan kehabisan stok, dengan sistem inventori terpusat yang dimilikinya, kamu bisa mendapatkan notifikasi stok yang habis dengan segera sehingga kamu bisa re-stock produk kamu dengan lebih cepat. Setiap perubahan stok akan ter-update di semua channel jualanmu, baik di Privor, Storefront, maupun Marketplace yang terhubung.

Tak perlu ragu lagi, yuk gunakan aplikasi Smartseller sekarang untuk permudah pengelolaan stok produkmu!