Bagi kamu yang berniat menjajal bisnis jilbab untuk jualan online, cari tahu dulu apa saja jenis-jenis jilbab kekinian yang sedang tren. Dengan mengetahui dan menyesuaikan minat pasar, maka penjualanmu akan semakin laris dan bisnismu bisa lebih mudah untuk berkembang. 

Nah, sebelum keluar modal untuk yang tak perlu, kenali dulu jenis-jenis jilbab kekinian yang sedang tren berikut ini.

1. Jilbab Segi Empat

Dibanding jenis lainnya, model jilbab segi empat terbilang yang paling tren dan tak lekang oleh waktu. Selain cocok dipakai segala usia, jilbab segi empat juga bisa digunakan untuk beragam aktivitas mulai dari OOTD sampai acara formal. Apalagi, dengan desainnya yang sederhana, pemakaian jilbab segi empat jadi lebih mudah disesuaikan dengan keinginan sehingga cocok untuk segala bentuk wajah. Untuk harganya bervariasi, tergantung bahan, kualitas, ukuran, dan jenis jilbab segi empat.

Jilbab segi empat punya banyak jenis pilihan. Berikut beberapa di antaranya yang populer dan banyak dicari orang:

a. Jilbab segi empat polos

Jilbab segi empat polos merupakan yang paling sederhana, tapi cocok untuk keseharian dan bahkan kegiatan formal. Pilihan warnanya beragam sehingga mudah dipadupadankan dengan berbagai gaya pakaian.

b. Jilbab segi empat motif

Motif untuk jilbab segi empat punya pilihan beragam, dari yang sederhana hingga eksklusif, ataupun kekinian hingga vintage. Rata-rata motifnya didesain khusus secara printing menggunakan printer digital untuk tekstil. Alhasil, motifnya bisa tahan lama dan tak mudah luntur.

c. Jilbab segi empat laser cut

Jilbab laser cut adalah jenis jilbab yang bagian tepi bawahnya diberi aksen serupa gerigi cangkang kerang (scallop) hasil pemotongan laser. Sama halnya dengan jenis jilbab dengan tambahan aksen tepian lainnya, menggunakan jilbab laser cut bisa membuat  tampilan lebih rapi dan terkesan unik.

d. Jilbab segi empat rawis

Seperti namanya, jilbab jenis rawis memiliki tepian pinggir yang tidak dijahit, dengan ujung-ujung terurai serupa rumbai. Meski ujungnya rawis, bukan berarti jadi terkesan berantakan. Selain cantik saat dipakai, jilbab rawis yang cocok dipakai untuk acara santai biasanya diminati kalangan muda.

e. Jilbab segi empat Bella Square

Jilbab Bella Square populer di kalangan hijaber lantaran desainnya yang simpel dan elegan, pun lembut dan adem sehingga nyaman digunakan. Jenis jilbab segi empat ini terinspirasi dari bentuk jilbab yang sering dikenakan oleh artis kesohor Indonesia, Laudya Cynthia Bella. Kamu bisa membanderol harganya beragam tergantung jenis bahan dan jahitan, mulai Rp10-50 ribuan.

f. Jilbab segi empat bordir

Jilbab segi empat dengan bordir memiliki ragam bentuk dan corak yang indah sehingga bisa digunakan untuk acara kasual maupun formal. Bordiran sendiri merupakan hiasan yang dibuat dari benang seperti sutra, rayon, wol, katu, atau linen, lalu dijahit pada jilbab. Ada yang diaplikasikan di bagian tengah, pinggir, atau tepian jilbab.

2. Jilbab Instan

Jilbab instan biasanya dicari pembeli yang ingin tampil maksimal tapi menolak ribet, mulai dari kalangan muda hingga tua. Pilihan jilbab instan dengan jenis beragam juga bisa jadi alternatif bagi pembeli yang tak terlalu pandai mengaplikasikan gaya hijab berbeda. 

Sebelum menjualnya, pastikan dulu kamu mengetahui jenis-jenis jilbab instan dan fungsinya agar bisa disesuaikan dengan kebutuhan pembeli. Berikut jenis jilbab instan kekinian yang sedang tren.

a. Jilbab instan bergo

Modelnya yang sederhana, adem dipakai, dan mudah digunakan membuat bergo jadi jilbab instan yang paling diburu. Jilbab instan bergo biasanya tidak terlalu panjang, punya model, warna, dan bahan beragam, pun memiliki ciri khas menggunakan pet di bagian depan atau tali yang bisa diikat ke belakang kepala.

b. Jilbab instan khimar

Pembeli yang ingin tampil syari tanpa ribet bisa kamu tawari menggunakan jilbab instan model khimar. Jilbab ini bukan hanya dirancang panjang menutupi bagian dada, tapi ada juga yang menutupi lengan, bahkan hingga lutut.

c. Jilbab instan modifikasi

Ada kemungkinan pembeli bosan dengan gaya simpel bergo atau khimar yang monoton. Sebab itu, sediakan jilbab instan modifikasi yang modelnya kini semakin beragam. Mulai dari aksen serut, potongan asimetris, hingga jilbab instan serupa pasmina lilit semuanya merupakan yang paling diburu.

d. Jilbab instan hoodie

Jilbab instan kekinian jenis hoodie cocok bagi yang suka tampil unik, sporty, dan beda dari yang lain. Bentuknya serupa tutup kepala pada jaket dan mirip-mirip pasmina lilit sehingga tak ribet digunakan. Pemakaiannya pun tidak sulit, tapi karena bentuknya mirip hoodie, maka disarankan menggunakan dalaman jilbab.

e. Jilbab instan berlengan mirip baju

Jilbab instan berlengan punya penampakan mirip baju tangan panjang karena memang didesain agar berfungsi sebagai jilbab sekaligus pakaian. Selain modelnya yang kekinian, orang menjadikan jilbab instan jenis ini sebagai penyelamat ketika mendadak harus keluar rumah, tapi malas ganti baju. Nah, supaya lebih mudah dipadupadankan, perbanyak jilbab instan berlengan warna netral atau pastel.

3. Jilbab Sport

Jilbab sport merupakan hasil inovasi yang memungkinkan muslimah bisa tetap berolahraga dengan nyaman tanpa perlu takut rambutnya terlihat. Karena tampilannya yang elegan, jilbab sport saat ini banyak pula digunakan untuk berbagai aktivitas maupun meningkatkan penampilan sehingga banyak dicari pembeli.

Jilbab sport berkualitas baik akan memiliki material yang diformulasikan khusus untuk berolahraga seperti menyerap keringat, lentur dan adem digunakan, serta menjaga posisi rambut tetap pada tempatnya. Berikut jenis-jenis jilbab sport sesuai bahannya.

a. Jilbab sport dari bahan polyester

Jilbab sport berbahan dasar polyester paling cocok dipakai untuk olahraga dan melakukan aktivitas berat lainnya. Selain tidak mudah kusut, jilbab sport polyester juga ringan dan lentur, pun menyerap keringat dengan baik.

Tak hanya polyester murni, ada pula jilbab sport polyester kombinasi. Misalnya, polyester spandex yang memungkinkan tubuh tak mudah berbau ketika berkeringat dan memiliki bentuk mengikuti wajah. Lalu, polyester microfiber yang membuat jilbab sport lebih lentur dan padat sehingga menyerap keringat dan membuatnya lebih cepat kering.

b. Jilbab sport dari bahan spandex nylon atau lycra

Jilbab sport berbahan spandex nylon atau lycra paling cocok digunakan untuk olahraga renang lantaran tidak mudah menyerap air sekaligus mudah kering, tapi tetap nyaman dan ringan digunakan. Selain itu, jenis jilbab sport yang satu ini punya banyak ragam. Salah satunya didesain panjang menutupi dada sehingga cocok buat yang ingin berenang tapi tetap terlihat syari.

c. Jilbab sport dari bahan viscose

Jilbab sport dari bahan viscose cocok digunakan berolahraga ataupun beraktivitas sehari-hari. Selain lembut dan bisa menyerap keringat, viscose juga tidak licin, adem, dan nyaman dipakai karena mengombinasikan bahan natural dan sintetis.

d. Jilbab sport dari bahan sifon

Jilbab sport dari bahan sifon biasanya dibuat lebar dan cocok dipakai untuk olahraga dalam ruangan. Ini karena sifon cenderung panas, tidak menyerap keringat, dan licin. Meski begitu, sifon juga bersifat ringan, jatuh saat dipakai, mengikuti bentuk wajah, dan jika dikombinasikan dengan bahan lain fugsinya bisa maksimal untuk berolahraga.

4. Jilbab Pasmina

Satu lagi jilbab kekinian yang tren adalah jilbab pasmina. Sebelum beralih fungsi menjadi jilbab, dulunya pasmina lebih sering dipakai sebagai syal musim dingin, terutama oleh masyarakat di Barat. Oleh karena itu, ada pasmina yang sangat lebar dan panjang sampai menutupi seluruh tubuh, meski di zaman sekarang pasmina lebih identik dengan jilbab yang panjang tapi tidak terlalu lebar.

Jilbab pasmina memiliki berbagai jenis sesuai bahan, yang seluruhnya tentu nyaman digunakan. Berikut beberapa  jenis jilbab pasmina kekinian yang sedang tren.

a. Ceruti

pasmina ceruti populer di 2021 dan masih tren sampai saat ini. Beberapa brand hijab pun tak ketinggalan turut mengeluarkan pasmina berbahan ceruti lantaran kelebihan yang ditawarkannya. pasmina berbahan ceruti mirip-mirip sifon yang ringan. Meski agak licin dan butuh jarum pentul maupun ciput agar posisinya tetap di tempat, bahannya lembut serta mudah dibentuk. Salah satu pasmina ceruti yang paling digemari adalah ceruti baby doll.

b. Sifon

pasmina sifon populer lantaran tidak mudah kusut, ringan, dan jatuh saat dipakai. Karena terbuat dari kombinasi serat benang sutra, sintetis, dan kapas, kain sifon juga terasa adem, meski cenderung licin dan tipis.

c. Diamond

Jenis pasmina dengan bahan diamond punya tekstur yang jika disentuh mirip-mirip kulit jeruk. Meski terasa kasar dan berpasir, tapi bahannya nyaman, mudah dibentuk sesuai style yang diinginkan, dan bisa disesuaikan dengan bentuk wajah. Bahan diamond punya banyak turunan, salah satunya diamond italiano yang lebih tebal dan sama-sama laku keras di pasaran.

d. Katun

Jenis jilbab pasmina dari bahan katun selain menyerap keringat, juga nyaman dipakai karena tidak mudah kusut dan tidak membuat gerah saat digunakan. Meski begitu, bahan pasmina katun yang cenderung tebal kadang sulit divariasikan.

Dari seluruh jenis-jenis jilbab yang sudah dipaparkan, mana yang bakal kamu unggulkan untuk penjualan online?