Bulan Ramadhan merupakan bulan yang sangat dirindukan oleh umat Islam di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Di bulan ini, banyak orang yang berlomba-lomba untuk beribadah dan melakukan kebaikan karena pahala yang ditawarkan sangat besar. Oleh karena itu, banyak kegiatan bermanfaat dan bernilai ibadah yang bisa kamu lakukan selama bulan Ramadhan, salah satunya yaitu dengan berjualan. Banyak ide jualan paling laris di bulan Ramadhan yang dapat kamu tekuni agar dapat cuan tambahan.

Jika kamu merupakan pemula yang ingin mencoba peruntungan untuk berjualan, bulan Ramadhan adalah salah satu momen yang tepat karena permintaan akan kebutuhan tertentu pasti tinggi. Jadi, kamu bisa memanfaatkan momen Ramadhan ini dengan membangun bisnis sendiri. Bagaimana caranya? Yaitu dengan melakukan riset mengenai apa saja jualan paling laris di bulan Ramadhan terlebih dahulu.

Namun, kamu tidak perlu bingung lagi! Pada artikel ini, akan dibahas tentang beberapa ide jualan paling laris di bulan Ramadhan sebagai referensi agar kamu dapat membuka bisnis sendiri untuk mengisi kegiatan selama berpuasa. Yuk, scroll sampai bawah, ya!

Jualan Paling Laris di Bulan Ramadhan

Apa Saja Jualan Paling Laris di Bulan Ramadhan? 

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kamu bisa memanfaatkan bulan Ramadhan sebagai ajang untuk memulai bisnis sendiri agar mendapat cuan tambahan. Banyak ide jualan paling laris di bulan Ramadhan yang bisa jadi referensi untuk bisnismu. Mau tau apa saja? Berikut penjelasannya. 

  • Jualan Kurma

Ide jualan paling laris di bulan Ramadhan yang pertama yaitu kurma. Yap! Kurma adalah buah yang wajib ada saat bulan Ramadhan tiba. Banyak manfaat yang terkandung di dalam kurma, salah satunya yaitu dapat mencukupi kebutuhan gizi dan kalori selama menjalankan puasa.

Sebagai salah satu jualan paling laris di bulan Ramadhan, kamu dapat menjual kurma dengan berbagai opsi. Pertama, kamu bisa menjual buah kurma secara langsung. Banyak jenis kurma yang ditawarkan, seperti kurma barari, kurma ajwa, kurma sukari, dan lain sebagainya. 

Baca Juga 
Contribution Margin adalah: Penjelasan Lengkap dan Mudah

Kedua, jika kamu pandai untuk mengolah makanan, kamu bisa mengkreasikan kurma menjadi olahan makanan dan minuman. Olahan makanan dan minuman dari kurma yang banyak digemari oleh masyarakat yaitu jus kurma, susu kurma, kue kurma yang dibalut dengan adonan coklat, dan lain sebagainya. 

Untuk mengawali jualan kurma, kamu bisa menjadi reseller dan dropshipper. Namun, jika kamu punya modal lebih, kamu bisa mencari supplier kurma yang harganya terjangkau dan membelinya dengan kuantitas tertentu untuk ditawarkan langsung kepada kerabat terdekat terlebih dahulu. 

Baca juga: Mengenali Apa Itu Supplier, Definisi dan Fungsinya

Jualan Paling Laris di Bulan Ramadhan

 

  • Jualan Takjil

Ide jualan paling laris di bulan Ramadhan yang kedua yaitu berjualan takjil. Takjil adalah istilah yang identik dengan bulan Ramadhan yang berarti makanan atau minuman untuk berbuka puasa. Takjil merupakan jualan paling laris di bulan Ramadhan yang dapat kamu coba karena orang-orang pasti mencari makanan dan minuman untuk buka puasa, baik untuk dikonsumsi sendiri atau disumbangkan ke masjid. 

Untuk mulai jualan takjil, kamu tidak membutuhkan modal yang besar. Beberapa ide takjil dengan modal minim yang bisa kamu jual yaitu kolak pisang, aneka gorengan, aneka minuman segar, dan lain sebagainya. Dalam menjual takjil, usahakan kamu memiliki kreasi yang unik dan lezat tentunya agar calon pelanggan tertarik untuk membeli.

  • Jual Perlengkapan Ibadah

Bulan Ramadhan adalah bulan untuk melakukan amal ibadah selama satu bulan penuh. Jadi, menjual perlengkapan ibadah adalah ide jualan paling laris di bulan Ramadhan selanjutnya yang layak untuk kamu coba. Peralatan ibadah yang dapat kamu jual yaitu sarung, sajadah, mukenah, Al-Qur’an, dan kopiah. 

Perlengkapan ibadah adalah salah satu jualan paling laris di bulan Ramadhan yang dibutuhkan oleh kebanyakan orang agar beribadah bisa lebih semangat dengan menggunakan perlengkapan yang baru. Jadi, kamu bisa memulai untuk menjual perlengkapan ibadah dengan menjadi reseller atau dropshipper terlebih dahulu.

Baca Juga 
Pasti Cuan! Ini Jualan Paling Laris di Bulan Ramadhan

Jualan Paling Laris di Bulan Ramadhan

  • Jual Baju Muslim dan Hijab

Ide jualan paling laris di bulan Ramadhan yang keempat yaitu dengan berjualan baju muslim dan hijab. Outfit untuk beribadah dan fashion yang satu ini banyak diminati saat bulan Ramadhan tiba, apalagi menjelang hari raya.

Kamu bisa menjual berbagai macam baju muslim, mulai dari baju muslim untuk pria, wanita, hingga anak-anak. Namun, akan lebih baik jika kamu menyempitkan target market yang hendak dituju, sehingga peluang laris akan semakin besar. Sedangkan untuk hijab, kamu bisa menjual berbagai jenis hijab, mulai dari pashmina, model segi empat, hijab panjang, dan lain sebagainya. 

Baca juga: Target Market adalah Hal yang Wajib Diketahui Pebisnis

  • Jual Katering Rumahan

Saat bulan Ramadhan, banyak orang yang tidak sempat memasak untuk persiapan buka puasa atau makan sahur karena beberapa hal, seperti sibuk bekerja. Oleh karena itu, usaha katering rumahan adalah salah satu ide jualan paling laris di bulan Ramadhan selanjutnya yang dapat kamu coba. 

Kamu bisa melakukan riset kira-kira menu katering rumahan apa yang cocok untuk disajikan saat berbuka puasa dan sahur. Untuk mengawali usaha katering rumahan ini, kamu dapat melakukan promosi ke kerabat dan teman dekat terlebih dahulu, atau bisa promosi melalui grup khusus untuk berjualan di WhatsApp, Facebook, dan lain sebagainya.

 

Jualan Paling Laris di Bulan Ramadhan

  • Jual Kue Kering

Ide jualan paling laris di bulan Ramadhan yang terakhir yaitu dengan berjualan kue kering. Kue kering, atau yang biasa juga dikenal dengan kue lebaran punya peminat yang sangat tinggi apalagi jika sudah mendekati hari raya. Kue kering biasanya disajikan sebagai cemilan untuk tamu yang datang ke rumah saat hari raya, atau untuk dibagikan kepada keluarga dan teman terdekat sebagai hampers dengan tujuan untuk mempererat tali persaudaraan. 

Baca Juga 
 Pelajari Pengertian Barcode Produk serta Fungsi, dan Komponennya

Jika kamu memiliki keterampilan memasak, kamu bisa membuat kue kering sendiri untuk dijual agar keuntungan yang didapat bisa lebih banyak. Namun, jika tidak bisa membuat sendiri, kamu bisa menjadi reseller atau dropshipper untuk mengawalinya. Kue kering yang biasanya diminati oleh banyak orang yaitu kastengel, putri salju, nastar, dan lain sebagainya. 

Nah, itu tadi beberapa ide jualan paling laris di bulan Ramadhan yang dapat kamu coba. Dengan mengawali berjualan di bulan penuh berkah ini, diharapkan kamu dapat tetap menekuni berjualan di luar bulan Ramadhan. Berawal dari coba-coba, siapa tau usaha yang kamu rintis nantinya akan menjadi bisnis yang besar kedepannya. Benar bukan?

Ketika kamu sudah memutuskan mau berjualan apa saat bulan Ramadhan nanti, kamu bisa menjualnya melalui online shop ataupun toko offline. Namun, hal yang perlu diingat adalah jangan lupa untuk mengelola jualanmu dengan baik agar semuanya berjalan dengan lancar.

Dengan SmartSeller, kamu bisa mengelola jualanmu dengan lebih mudah dan praktis, lho! Mulai dari mengatur orderan, pengiriman, update harga dan stok barang, hingga evaluasi bisnismu, semuanya bisa dilakukan dalam satu dashboard saja tanpa harus pindah ke aplikasi lain. SmartSeller menawarkan diskon langganan untuk kamu yang baru pertama kali menggunakan. Jadi, kamu tidak perlu membayar full, namun akan tetap mendapat kemudahan dalam pengelolaan bisnis sesuai dengan paket yang kamu pilih. Tunggu apalagi? Yuk, pakai SmartSeller sekarang juga!