Apa yang dimaksud wirausaha?” “Apa yang dimaksud wirausaha itu entrepreneur, ya?” “Apa yang dimaksud wirausaha itu justru wiraswasta?”. Pertanyaan seperti itu sering kali kamu dengar? Atau justru kamu yang menanyakan?

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, apa yang dimaksud wirausaha itu adalah satu kata yang merupakan gabungan dari dua kata, yaitu wira dan usaha. Wira berarti pahlawan atau laki-laki, sedangkan usaha mengacu kepada aktivitas yang mengeluarkan tenaga dan pikiran demi meraih suatu tujuan.

Dengan demikian, apa yang dimaksud wirausaha adalah sebuah kegiatan usaha atau bisnis yang mana keseluruhan sumber daya dan upaya merupakan tanggung jawab pelaku usaha secara mandiri. Hal ini termasuk pada kegiatan dalam mengetahui produk baru, memilih konsep dan proses pembuatan, membuat serta menganalisis strategi penjualan, melakukan pemasaran, serta menghitung, mengatur, dan menjaga modalnya. Nah, orang yang melakukan kegiatan wirausaha disebut sebagai wirausahawan atau entrepreneur dalam bahasa Inggris.

Meskipun pada kata wira mengacu kepada laki-laki, hal ini tidak berarti wirausaha hanya dapat dilakukan oleh kaum pria saja. Para perempuan yang memiliki semangat dan jiwa pemimpin yang tinggi juga bisa membangun bisnis impiannya sendiri.

Setelah memahami apa yang dimaksud wirausaha, kamu perlu mengerti apa tujuannya. Tujuan wirausaha adalah memproduksi suatu hal dan membuatnya memiliki nilai yang lebih tinggi daripada saat “suatu hal” tersebut belum diolah sehingga kamu akan mendapatkan laba dari sana. Selain itu, dari sisi perekonomian negara, wirausaha merupakan salah satu penunjang yang dapat membantu mendorong perekonomian negara. Oleh karena itu, tidak heran apabila pemerintah kerap kali menganjurkan kepada masyarakat untuk mencoba memulai berwirausaha.

Melihat dari sisi yang lain, yaitu lapangan pekerjaan, kegiatan ini juga turut membantu dalam mendorong kesejahteraan masyarakat. Untuk beberapa bisnis, kamu membutuhkan seseorang atau lebih untuk membantu kamu dalam menjalani dan membangun bisnis tersebut. Nah, hal tersebut dapat membuka lapangan pekerjaan baru yang berkesempatan untuk diraih oleh masyarakat yang masih menganggur.

Baca Juga 
Barang-barang Unik yang Bisa Kamu Temukan di Marketplace

 

Baca Juga: Risiko Usaha yang Bisa Terjadi dan Cara Menghindarinya

 

Ragam Jenis Wirausaha

Ada berbagai jenis wirausaha yang bisa menjadi inspirasi kamu untuk menjalankan sebuah bisnis. Kamu bisa memilihnya sesuai dengan passion dan kemampuan kamu. Namun, pastikan diri kamu telah memahami apa yang dimaksud wirausaha dan wirausahawan, ya.

 

  • Wirausaha Kecil

Apa yang dimaksud wirausaha

Apa yang dimaksud wirausaha kecil adalah wirausaha yang berkaitan dengan usaha sederhana, modal yang tidak besar, dan skala jangkauannya juga kecil. Meskipun keuntungannya tidak besar, jenis wirausaha satu ini tetap mampu menghidupi sebuah keluarga dengan gaya hidup sederhana kok! Contoh wirausaha kecil adalah toko sembako, butik kecil, salon sederhana, toko kue, tukang jamu, dan lain-lain.

 

  • Wirausaha Besar

Kebalikannya dari wirausaha kecil, apa yang dimaksud wirausaha besar mengacu kepada usaha dengan level profesional tingkat lanjut yang sudah memahami cara menjaga inovasi. Wirausaha besar sering kali memberikan inovasi yang berkaitan dengan layanan dan produk baru yang bisa memenuhi permintaan konsumen, misalnya seperti perusahaan Microsoft, Google, dan Facebook.

Membuat wirausaha besar memang memerlukan modal yang besar, namun bukan berarti wirausaha kecil tidak bisa menjadi wirausaha besar, ya. Apabila berkembang pesat, wirausaha kecil memiliki potensi untuk bertumbuh dan berubah menjadi wirausaha besar.

 

  • Wirausaha Ritel

Apa yang dimaksud wirausaha

Banyak yang bilang bahwa seorang wirausahawan ritel akan “berumur panjang” karena memiki risiko yang cukup kecil. Hal ini dikarenakan persaingan yang harus dihadapi oleh seorang wirausahawan ritel hanyalah sebatas antar wirausahawan ritel. Lalu, apa yang dimaksud wirausaha ritel? Wirausaha ritel adalah jenis wirausaha dimana wirausahawannya menjual produk kepada pembeli secara langsung. Istilah kerennya adalah B2C (Business to Consumer).

Baca Juga 
Contoh Usaha yang Jarang tapi Dibutuhkan Banyak Orang

Salah satu wirausaha ritel yang cukup dinikmati oleh para wirausahawan di Indonesia yaitu jaringan minimarket dengan jumlah ribuan dan menyebar dari Sabang hingga Merauke. Oleh karena itu, bisa diasumsikan bahwa pengelola wirausaha ritel mendapatkan laba yang cukup besar di setiap tahunnya.

Meskipun memiliki risiko yang minim, membangun wirausaha ritel bukanlah suatu hal yang mudah. Seperti wirausaha kebanyakan, wirausaha ritel juga pastinya perlu menyusun struktur organisasi, mengelola keuangan, mengawasi dan mengendalikan produk, dan sebagainya.

 

Yuk, tonton usaha seorang wirausahawan dalam mengembangkan usaha dan membangun kepercayaan di sini!

 

  • Wirausaha Start-up

Jaman seperti sekarang ini, siapa, sih, yang tidak menggunakan internet? Hampir semua orang di dunia ini pasti memiliki akses internet. Jaringan internet juga menjadi salah satu kebutuhan sehari-hari untuk menunjang kegiatan ekonomi, sosial, hiburan, dan lain-lain. Semakin berkembangnya dunia digital, kegiatan ekonomi di dalamnya pun juga semakin berkembang. Ini disebabkan banyak orang yang membuka usaha melalui dunia digital karena mereka ingin memanfaatkan kecepatannya.

Memanfaatkan kecepatan internet, kebanyakan wirausaha Start-up berbasis digital dengan mengedepankan inovasi baru yang solutif untuk memecahkan masalah yang dihadapi oleh konsumen. Nah, apa yang dimaksud wirausaha start-up? Wirausaha start-up adalah bisnis rintisan dengan harapan bisa berkembang dan menguasai pasar dengan cepat sehingga dapat menjadi perusahaan yang besar.

 

  • Wirausaha Inovatif

Apa yang dimaksud wirausaha

Kamu pasti sudah mengetahui bahwa ide dan jasa juga memiliki nilai ekonominya. Oleh karena itu, terdapat bisnis-bisnis yang produknya adalah penemuan baru dan pelayanan yang dapat membantu keberlangsungan hidup manusia. Itulah apa yang dimaksud wirausaha inovatif.

Para wirausahawan di bidang ini biasanya memiliki ide-ide cemerlang dan motivasi yang tinggi. Mereka selalu berusaha untuk menemukan hal-hal baru yang dapat mereka jual di pasar.

Baca Juga 
Trik Membuat Toko Online Mobile Friendly, Jaring Pembeli Sebanyak-banyaknya!

 

  • Wirausaha Industri Kreatif

Wirausaha tidak hanya menjual produk fisik, melainkan juga bisa menjual jasa. Beberapa tahun terakhir, pemerintah mendorong anak-anak muda untuk terjun ke dalam industri kreatif Indonesia dengan memanfaatkan kreativitas yang dimilikinya.

Bisnis ini mengandalkan kreativitas seseorang atau kelompok sesuai dengan keinginan pasar untuk membantu kegiatan ekonomi. Tidak hanya itu, mereka juga bisa memberikan ide kreatif yang baru. Jadi, tidak hanya sesuai arahan saja. Itulah apa yang dimaksud wirausaha industri kreatif.

Ada banyak bidang wirausaha industri kreatif, misalnya fashion designer, copy writer, pelukis, graphic designer, content writer, dan masih banyak lainnya.

 

Baca Juga: Mau Sukses Memulai Usaha Online Shop? Ini Dia Caranya!

 

  • Wirausaha Sosial

Kegiatan bisnis tidak selalu mengenai mengambil untung sebanyak-banyaknya, ada pula yang membangun usaha untuk membantu sesama. Harapannya adalah membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik untuk orang-orang yang kurang beruntung. Itulah apa yang dimaksud wirausaha.

Setelah membaca apa yang dimaksud wirausaha, apa itu wirausahawan, dan jenis-jenis wirausaha, kamu sudah tidak lagi bingung dengan apa yang dimaksud wirausaha, kan?

Apa yang dimaksud wirausaha

 

Nah, sekarang kamu harus tau karakteristik wirausahawan sukses. Seseorang dapat dikatakan sebagai wirausahawan sukses apabila kamu memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi, percaya diri, dan berani menghadapi risiko.

Selain itu, kamu juga harus solutif. Misalnya saja ketika karyawan melapor bahwa sistem yang kamu buat masih terlalu rumit sehingga hal tersebut cukup menyita waktu mereka. Dengan demikian, kamu bisa menyediakan Smartseller. Alasannya karena aplikasi ini mampu mengelola pesanan toko online dengan mudahnya ini mempunyai beragam fitur yang menarik, seperti order management, inventory management, marketplace integration, dan masih banyak lagi. Yuk, daftar sekarang!