Cara promosi yang menarik menjadi salah satu hal yang perlu kamu pelajari saat terjun ke dunia bisnis. Misalnya, seperti menyusun perencanaan bisnis, penetapan target pasar, transaksi, hingga cara promosi yang menarik. Promosi jadi poin paling penting, sebab memberikan pengaruh sangat besar dalam perjalanan bisnis. Promosi sendiri adalah upaya untuk memasarkan produk dengan tujuan untuk meningkatkan perkembangan bisnis. Dengan kata lain, bisnis menjadi suatu jembatan komunikasi antara konsumen atau masyarakat luas dengan kamu sebagai seorang pebisnis.

Cara Promosi yang Menarik

Adanya promosi yang menarik justru akan menambah minat masyarakat akan suatu produk. Oleh sebab itu, pebisnis wajib memunculkan inovasi-inovasinya dalam menjalankan promosi. Berikut beberapa cara promosi yang menarik yang dapat kamu terapkan saat menjalankan bisnis.

1. Menjangkau konsumen baru dengan promo

Ada banyak momen-momen spesial, misalnya Ramadan, Natal, Tahun Baru, dan sebagainya. Momen ini jangan sampai dilewatkan, sebab kamu bisa memanfaatkannya untuk menarik konsumen baru. Sebagai solusi, kamu bisa berikan tema campaign yang sesuai dengan perayaan tersebut. Tujuannya tak lain agar bisnis kamu tampak lebih up to date dan menarik di mata konsumen. Jangan lupa untuk menyertakan caption menarik untuk promosi event tersebut.

2. Membuat konsep yang unik

Ide yang unik memang sangatlah diperlukan saat kamu ingin menjalankan promosi. Tentu saja, cara promosi yang unik dan menarik, apalagi berbeda dari kompetitor merupakan hal yang paling ditunggu-tunggu. Di samping itu, konsumen cenderung menaruh nilai lebih pada produk yang sedang bisnis kamu tawarkan. kamu juga tidak perlu takut jika konsep terlihat berbeda, justru ini bisa menjadi ciri khas bisnis kamu.

Dengan konsep yang unik, maka peluang untuk membuat pelanggan jadi penasaran lebih besar. Dengan demikian, pastinya bisnis kamu akan semakin dikenal banyak orang dan mudah diingat karena keunikannya.

3. Memberikan batasan waktu promo

Pasti kamu bertanya-tanya, kenapa promo harus diberikan batasan waktu, padahal ini momen untuk menjaring pelanggan lebih banyak lagi? Memang benar, promo salah satu trik promosi yang menarik dan dapat kamu terapkan. Namun, kamu pun juga harus mempertimbangkan untung rugi yang akan didapatkan. Dengan adanya batasan waktu, maka pelanggan kamu pun merasa harus cepat-cepat membeli produk kamu supaya tidak ketinggalan.

Batasan waktu yang dimaksud bisa kamu perkirakan, misalnya harian, mingguan, atau bahkan bulanan. Sebaiknya, berikan juga batasan konsumen yang bisa memperoleh promo, sehingga pelanggan baru lebih banyak didapatkan.

4. Menjalin kerjasama dengan influencer

Konsumen yang lebih luas dapat dijangkau lewat sosial media saja. Salah satunya dengan bekerja sama bersama influencer. Kerja sama ini bisa melalui paid promote atau endorsement. Kamu dapat memilihnya sesuai dengan kebutuhan serta budget promosi.

Jangan lewatkan untuk berikan kode promo khusus untuk influencer dan pengikutnya yang tertarik dengan produk kamu, sehingga penjualan pun meningkat. Sebab seorang influencer pastinya sudah tahu bagaimana kata-kata promosi yang menarik.Influencer yang dipilih juga harus kamu sesuaikan dengan target audiens. Karena itulah, pentingnya untuk melakukan riset terlebih dahulu sebelum menjalin kerja sama. 

Hal penting lainnya, pertimbangkan juga target kamu. Apabila pengikutnya tidak sesuai dengan audiens yang diinginkan, tentu akan sia-sia saja bukan, sebab pelanggan sudah pasti sulit dijangkau. Kamu bisa perhatikan bagaimana testimoni dan respons dari pebisnis lain yang mungkin pernah menjalin kerja sama dengan nya. Jika pengikutnya telah sesuai, maka langsung saja untuk menghubungi kontak yang tertera. 

5. Memberikan reward pada pelanggan

Jangan berikan promo hanya untuk pelanggan baru saja, sesekali juga berikan untuk pelanggan setia kamu.  Dari hasil beberapa studi diungkapkan bahwa biaya yang dibutuhkan untuk pelanggan baru 5 kali lebih banyak. Sebab itulah, mempertahankan loyalitas dari pelanggan lama merupakan cara terbaik bagi bisnis kamu. Hasil studi lain juga memaparkan hal serupa, bahwa profit dari pelanggan lama dapat kamu peroleh hingga 25-95 persen. Karena hal tersebut, jangan lupa agar tetap menjaga loyalitas pelanggan lama kamu. Di mana potensi mereka untuk melakukan pembelian kembali jauh lebih besar.

6. Memberikan tawaran eksklusif untuk pelanggan setia

Kamu juga dapat memberikan tawaran eksklusif bagi pelanggan setia produk. Tentu saja tujuannya untuk meningkatkan penjualan. Biasanya hal ini kebanyakan dijalankan oleh bisnis yang sudah berjalan minimal 1 tahun. Pada umumnya, yang disebut sebagai pelanggan setia adalah orang yang seringkali transaksi. Misalkan saja, dengan meminta pelanggan setia kamu untuk memberikan feedback akan sampel produk baru yang akan dilaunching.

Pelanggan yang memang sudah menaruh kepercayaan besar pada produk kamu, pastinya tidak menutup kemungkinan untuk membagikan produk kamu pada orang lain. Dengan begitu, akan lebih banyak yang tahu dengan bisnis kamu. Oleh karena itu, testimoni dari pelanggan menjadi sesuatu yang tidak boleh luput dari ingatan kamu nantinya. Jangan lupa juga untuk sediakan tempat bagi pelanggan kamu saat mengulas produknya.

7. Menetapkan minimal pembelian

Salah satu teknik promosi yang dapat mendorong konsumen agar bertransaksi dalam jumlah besar yaitu dengan menetapkan minimal pembelian, terutama bagi konsumen yang menginginkan promo lebih besar. Sebagai contoh promosinya, berikan potongan biaya pengiriman atau harga produk saat pelanggan membeli produk dengan jumlah tertentu.

Cara promosi yang satu ini terbilang unik dan kreatif. Di mana pada awalnya mungkin konsumen hanya ingin membeli dalam jumlah sedikit saja. Akan tetapi, saat dihadapkan pada promo, justru timbul keinginan untuk membeli dengan jumlah lebih banyak. Jangan lupa, menggunakan cara ini juga perlu dipertimbangkan. kamu bisa menghitung dulu biaya promosi yang diberikan beserta keuntungannya, supaya kamu tidak merugi.

8. Membagikan ulasan pelanggan

Setelah pembelian dilakukan, tidak lupa untuk bagikan ulasan pelanggan kamu pada target selanjutnya, baik itu lewat sosial media ataupun broadcast ke teman-teman kamu. Dengan menerapkan cara ini, maka bisa dijamin pelanggan baru pasti akan bermunculan. Siapapun pelanggan yang belanja produk kamu, jangan lupa minta untuk menuliskan review produknya.

Setelah itu, kumpulkan semua ulasan tersebut lalu unggah menjadi sebuah konten yang sangat menarik tentunya, sertakan juga kata-kata online shop yang menarik. Berdasarkan beberapa hasil survei, masyarakat lebih cenderung percaya dengan ulasan online yang tersebar di sosial media, namun juga harus asli dan tidak direkayasa.

Sementara itu, penggunaan sosial media sendiri memang akan memberikan dua hal sekaligus yang mana sebenarnya tak dapat dielakkan, sebab berasa dari konsumen itu sendiri. Hal yang dimaksud seperti feedback positif dan negatifnya. Akan tetapi, jangan khawatir, ini dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk ke depannya.

Jadi begitulah cara promosi yang menarik dan mungkin dapat segera kamu terapkan. Mungkin masih banyak di antara kamu yang baru saja terjun ke dunia bisnis. Oleh sebab itu, dalam hal pengelolaan orderan mungkin masih terkendala akan beberapa hal. Jika kamu ingin lebih mudah saat mengelolanya, baik itu ketika berjualan di sosial media, marketplace, atau web toko online, bisa gunakan suatu sistem yang sudah lengkap dan juga terpadu di SmartSeller.