Kamu ada rencana untuk membuka toko online? Sebelum memulai toko online, pastinya kamu harus mencari stok produk terlebih dahulu di supplier tangan pertama. Apalagi kalau kamu memulai bangun bisnis dengan menjadi reseller atau dropshipper, tentunya harus mencari supplier tangan pertama untuk membeli stok produk.

Supplier tangan pertama menjadi bagian penting dalam bisnis karena merekalah yang pengadaan stok suatu produk. Selain itu, tujuan mencari supplier tangan pertama adalah salah satu siasat untuk mendapatkan harga yang lebih murah.

Baca juga: Ini Beda Dropship dan Reseller yang Perlu Kamu Tahu

Apa Itu Supplier Tangan Pertama?

Supplier tangan pertama merupakan pihak produsen pertama yang secara langsung memproduksi produk dalam jumlah yang sangat banyak. Biasanya, supplier tangan pertama mempunyai pabrik sendiri untuk memproduksi produknya. Seiring berjalannya waktu, supplier tangan pertama mulai banyak diincar oleh para pebisnis online, terutama reseller dan dropshipper. Hal ini dikarenakan mereka bisa menawarkan harga yang jauh lebih murah sehingga akan mendapatkan keuntungan yang lebih banyak.

Biasanya, harga yang ditawarkan adalah penggabungan dari ongkos produksi dan margin profit yang diinginkan tanpa ada tambahan biaya lainnya. Makanya, supplier tangan pertama bisa memberikan harga yang lebih murah. Tentunya peluang ini dimanfaatkan dengan baik oleh para reseller dan dropshipper untuk mendapatkan profit yang diinginkan.

Baca juga: Apa itu Reseller? Inilah 6 Tips Memulainya!

Macam-macam Jenis Supplier Tangan Pertama

Sebelum memahami lebih lanjut, supplier tangan pertama memiliki berbagai macam jenis, yaitu sebagai berikut.

  1. Supplier jasa, yaitu supplier pemasok listrik, air, telepon, alat tulis, transportasi, dan lain-lain.
  2. Importir, yaitu supplier yang memasok produk yang dibeli dari luar negeri
  3. Produsen, yaitu supplier yang merupakan titik awal rantai pasokan dan memiliki harga yang paling murah. Produsen hanya menerima pesanan dalam minimal kuantitas yang sangat banyak.
  4. Distributor, yaitu pihak yang membeli secara grosir dalam jumlah besar dari berbagai produsen. Mereka memungkinkan untuk menaikkan harga, tapi distributor bisa menerima pesanan yang minimal kuantitasnya lebih kecil daripada produsen. Distributor dapat memasok produk yang dijual dari produsen yang berbeda-beda.
Baca Juga 
Yuk, Ketahui 15 Paket Sembako yang Paling Sering Dicari!

Kriteria Supplier Tangan Pertama yang Tepat

Hal pertama yang harus kamu ketahui sebelum mencari supplier tangan pertama adalah harus mengetahui kriteria supplier tangan pertama yang tepat. Simak penjelasan di bawah ini untuk mengetahui kriteria supplier tangan pertama yang ideal.

  • Memproduksi Produk yang Berkualitas

Kriteria supplier ini sangat penting untuk diperhatikan karena kamu sebagai reseller atau dropshipper yang akan berhadapan langsung dengan konsumen. Kamu bisa mendatangi supplier secara langsung untuk melihat apakah produk yang dihasilkan memiliki kualitas yang baik atau tidak.

  • Penawaran Harga yang Bersaing

Seharusnya, harga yang ditawarkan supplier bisa bersaing secara sehat dengan supplier lain yang memproduksi produk sejenis. Dengan ini, kamu perlu membandingkan harga yang ditawarkan oleh supplier dengan harga yang ada di pasaran.

  • Bertanggung Jawab

Kriteria ini juga tidak kalah penting untuk diperhatikan, carilah supplier yang bisa bertanggung jawab apabila ada masalah yang terjadi, terutama yang berkaitan dengan produk mereka. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan solusi apabila ada keluhan dari konsumen.

  • Mudah untuk Dihubungi

Kriteria satu ini walaupun terlihat sepele, tetapi sangat penting, lho! Pilihlah supplier yang mudah untuk dihubungi, soalnya akan memudahkan kamu untuk mengetahui jumlah stok yang tersedia. Selain itu, apabila ada keluhan terkait produk dari konsumen kamu dapat dengan mudah menghubungi langsung ke supplier.

Cara Mencari Supplier Tangan Pertama

Cara mencari supplier tangan pertama tidak mudah sehingga harus membutuhkan kesabaran yang tinggi. Dibutuhkan ketelitian dan kegigihan agar mendapatkan supplier tangan pertama yang sesuai dengan kriteria yang tepat. Berikut beberapa cara mencari supplier tangan pertama yang bisa kamu lakukan.

  • Mengunjungi Pabrik Secara Langsung

Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan supplier tangan pertama, yaitu dengan cara mengunjungi pabrik secara langsung. Poin plus dari datang ke pabrik adalah kamu bisa melihat secara langsung proses produksi produk hingga proses pengemasan produk secara langsung. Ada baiknya sebelum mengunjungi pabrik, kamu membuat janji terlebih dahulu dengan pemilik pabrik.

  • Datang ke Bazar Bisnis

Ada bazar atau pameran bisnis di dekat rumah kamu? Datangi saja! Bazar dan pameran bisnis adalah tempat berkumpulnya para supplier tangan pertama untuk memasarkan produk mereka. Biasanya, pihak penyelenggara dari pameran bisnis akan melakukan seleksi supplier terlebih dahulu. Untuk itu, dapat dipastikan supplier yang terdapat pada pameran bisnis adalah supplier yang memiliki kualitas terbaik.

  • Cari di Pasar Grosir

Selain bazar, pasar grosiran, seperti pasar Tanah Abang juga menjadi salah satu tempat berkumpulnya supplier tangan pertama. Walaupun terdapat beberapa penjual yang bukan supplier tangan pertama, tetapi mereka tetap bisa menawarkan harga yang lebih murah. Hal ini dikarenakan mereka menawarkan harga paket grosiran.

  • Melalui Marketplace

Apabila di sekitaran kamu tidak ada supplier tangan pertama, kamu bisa coba mencari di marketplace. Cara ini dilakukan dengan cara mengecek deskripsi produk dan melakukan perbandingan harga antara satu supplier ke supplier lain. Kekurangan dari cara ini adalah kamu harus mencari satu per satu dari sekian banyak toko yang ada

  • Melalui Website

Selain melalui marketplace, kamu juga bisa mencari supplier tangan pertama melalui website. Carilah dengan pencarian kata kunci yang relevan sehingga kamu dapat lebih mudah untuk mendapatkan pilihan toko online yang merupakan supplier tangan pertama. Kamu bisa melihat semua produk dan harga yang ditawarkan dengan cara mengecek website mereka. Namun, kekurangan dari mencari supplier melalui website adalah harga yang ditawarkan lebih tinggi.

  • Melalui Forum atau Komunitas Bisnis

Forum atau komunitas bisnis sudah tidak asing lagi di dunia bisnis. Forum ini menjadi wadah untuk saling tukar informasi mengenai bisnis. Kamu bisa mencari komunitas atau forum bisnis ini di internet.

Baca Juga 
8 Ide Usaha di Rumah yang Lagi Tren Tahun 2022

Membeli produk langsung dari supplier tangan pertama memang jauh lebih murah dan bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Jadi, harga belinya akan jauh lebih murah daripada beli di online shop lain. Makanya tidak heran kalau banyak yang mencari supplier tangan pertama, soalnya merekalah yang menjadi kunci sukses bisnis reseller atau dropshipper.

Nah, buat kamu yang ingin membangun bisnis reseller atau dropshipper, kamu bisa menggunakan Smartseller untuk membantu mengelola orderan kamu. Yuk, gabung ke Smartseller sekarang dan dapatkan keuntungan berlipat di dalamnya!