Seperti yang kita ketahui, cara memulai bisnis online dari nol bisa dikatakan gampang-gampang susah. Kalau lihat orang lain saat membangun bisnis online, kelihatannya gampang banget dan hasilnya juga instan. Makanya, tidak heran kalau banyak yang berbondong-bondong ingin memulai bisnis online tanpa tau caranya. Hal ini dikarenakan sebagian besar orang hanya berfokus ke hasilnya saja, bukan ke cara memulai bisnis online dari nol. Apabila kamu termasuk salah satunya, kamu harus cari tahu terlebih dahulu apa saja cara memulai bisnis online dari nol di bawah ini!

  • Menentukan Jenis Bisnis

Cara Memulai Bisnis Online dari Nol

Langkah awal yang harus kamu lakukan dalam cara memulai bisnis online dari nol adalah menentukan jenis bisnis yang ingin dijalankan. Ada banyak jenis bisnis yang bisa dijalankan, seperti pakaian, makanan, furniture, aksesoris, elektronik, bahkan bisnis jasa, seperti jasa desain dan jasa penerjemah. Dengan menentukan jenis bisnisnya terlebih dahulu bisa membantu kamu untuk menentukan langkah-langkah selanjutnya.

Jika kamu ingin menjalankan bisnis produk maka kamu harus mengetahui kualitas dan informasi detailnya. Nah, jika kamu ingin menjalankan bisnis jasa maka kamu harus menguasai jasa tersebut, misalnya jasa desain berarti kamu harus bisa desain atau jasa penerjemah berarti kamu harus bisa menguasai bahasa asing. Mengenai jasa penerjemah, akan lebih baik kalau kamu bisa menguasai beberapa bahasa asing.

Namun, apabila kamu masih bingung ingin menjalankan bisnis apa, kamu jangan takut untuk mengembangkan ide bisnis yang baru. Kamu bisa bermulai dari mencari permasalahan yang ada di sekitar kamu ataupun masalah yang sedang kamu alami. Nah, dari masalah itu lah kamu bisa kembangkan menjadi ide bisnis. Tidak cuma itu, kamu juga bisa mengembangkan bisnis dari hobi kamu sendiri, lho!

Baca Juga 
Simak Cara Membuat Kwitansi Pembayaran yang Benar

 

  • Riset Pasar

Cara Memulai Bisnis Online dari Nol

Setelah mengetahui jenis bisnis yang ingin kamu jalankan, cara memulai bisnis online dari nol selanjutnya adalah melakukan riset pasar. Riset pasar dilakukan dengan tujuan untuk memahami lebih lanjut mengenai bisnis yang akan kamu jalankan dan memahami calon konsumen. Riset pasar dapat dilakukan dengan mencari produk serupa yang dijual oleh kompetitor kemudian kamu cari tahu mengenai jenis produknya, harga jual di pasaran, cara promosi, hingga cara melayani konsumen. Setelah mendapatkan itu semua, kamu bisa melakukan analisis kelebihan, kekurangan, dan peluang dari kamu menjual produk tersebut. Dengan mengetahui riset pasar, kamu bisa mengembangkan produk yang lebih baik dan menarik.

 

  • Menentukan Target Pasar

Cara Memulai Bisnis Online dari Nol

Cara memulai bisnis online dari nol berikutnya adalah menentukan target pasar.  Target pasar merupakan sekelompok konsumen yang memiliki karakteristik yang sama, mulai dari usia, gender, gaya hidup, dan hobi. Target pasar dilakukan untuk mengetahui jenis konsumen yang akan membeli produk jualan kamu. Dengan mengetahui target pasar maka kamu bisa menentukan jenis produk, strategi promosi, hingga cara pelayanan yang sesuai dengan target pasar kamu.

Cara yang paling umum digunakan untuk menentukan target pasar, yaitu melakukan pengelompokkan konsumen melalui segmentasi pasar, yaitu berdasarkan demografis, psikografis, geografis, dan perilaku.

  • Demografis, yaitu fokus ke aspek-aspek usia, jenis kelamin, pekerjaan, pendapatan, pendidikan, status menikah, latar belakang etnis, dan lainnya.
  • Psikografis, yaitu fokus ke psikologis konsumen, seperti gaya hidup, ketertarikan, hobi, status sosial, dan lainnya.
  • Geografis, yaitu fokus ke aspek lokasi wilayah tempat tinggalnya
  • Perilaku, yaitu fokus ke aspek tingkah laku dari konsumen, seperti sikap, reaksi, pengetahuan, loyalitas, dan lainnya.

 

  • Cari Supplier Terpercaya

Cara Memulai Bisnis Online dari Nol

Setelah melakukan semua cara memulai bisnis online dari nol sebelumnya, cara memulai bisnis online dari nol selanjutnya adalah mencari supplier yang terpercaya. Cara memulai bisnis online dari nol satu ini berlaku untuk kamu yang ingin menjalankan bisnis dalam bentuk produk atau barang. Soalnya, cara memulai bisnis online dari nol dengan menggunakan modal yang tidak terlalu besar, yaitu dengan menjadi reseller atau dropshipper daripada memproduksinya secara sendiri. 

Baca Juga 
Peluang dan Tips Usaha Toko Aksesoris Motor

Nah, untuk itu kamu perlu mencari supplier yang terpercaya dengan jam terbang yang sudah tinggi. Tidak cuma fokus mencari harga yang murah, tapi kamu juga harus mencari supplier yang menyediakan produk yang berkualitas baik. Jangan sampai kamu tergiur dengan harganya yang murah kemudian kamu membelinya dengan jumlah yang banyak, tapi ternyata kualitas produknya tidak bagus. Dalam proses mencari supplier yang terpercaya, kamu bisa membeli sample produknya terlebih dahulu ataupun menghampiri langsung supplier-nya.

 

Baca juga: Apa Pengertian Supplier Serta Fungsinya Bagi Suatu Usaha

 

  • Belajar dari Kompetitor

Cara Memulai Bisnis Online dari Nol

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, dalam cara memulai bisnis online dari nol kamu harus belajar dari kompetitor atau pesaing. Kamu harus lihat bagaimana cara mereka melayani konsumen, melakukan promosi, review dari konsumen, packaging, serta kelebihan dan kekurangan dari kompetitor. Kamu bisa belajar dari kelebihan yang dilakukan oleh kompetitor dan melakukan yang lebih baik dari kekurangan kompetitor. Contohnya, kompetitor kamu memiliki strategi penjualan yang bagus, tapi memiliki cara pelayanan yang buruk. Nah, dengan itu kamu bisa meniru strategi penjualannya kemudian kamu bisa melayani konsumen dengan baik daripada kompetitor.

 

  • Promosi

Cara Memulai Bisnis Online dari Nol

Sebuah bisnis tidak akan berjalan lancar kalau tidak diiringi dengan promosi. Soalnya, kalau tidak dilakukan promosi, siapa yang tahu kalau kamu sedang menjalankan bisnis? Di era digital ini, melakukan promosi sudah jauh lebih mudah dibandingkan dengan jaman dulu. Tidak dapat dipungkiri kalau melakukan promosi secara online lebih mudah menggaet konsumen dibandingkan dengan promosi offline. Kamu bisa memanfaatkan semua media sosial untuk mempromosikan produk kamu secara gratis.

Apabila kamu memiliki budget promosi yang lebih, kamu bisa endorse influencer yang sesuai dengan produk jualan kamu. Jangan sampai kamu asal-asalan memilih influencer yang tidak sesuai dengan bidangnya. Contohnya, produk bisnis kamu adalah makanan kemudian kamu endorse ke influencer yang fokusnya ke bidang beauty maka hal ini sangat tidak nyambung. Alangkah lebih baik untuk endorse influencer yang memang food enthusiast atau food vlogger. Tidak lupa juga untuk memilih influencer yang profesional serta mempromosikan produk kamu dengan baik dan jujur.

Baca Juga 
Cara Mencari Supplier Tangan Pertama untuk Bisnis Online

Baca juga: Bagaimana Cara Mempromosikan Makanan untuk Bisnis?

Nah, itu dia enam cara memulai bisnis online dari nol yang bisa kamu terapkan dengan baik. Dengan menerapkan deretan cara memulai bisnis online dari nol di atas diharapkan kamu bisa membangun bisnis online dengan gampang dan lancar. Agar kamu lebih mudah saat menjalankan bisnis online, kamu bisa lho pakai aplikasi SmartSeller yang dirancang khusus untuk kelola semua aktivitas jualan online kamu.

SmartSeller ada fitur Order Management yang bisa membantu merekap orderan, hitung ongkos kirim secara otomatis, cetak label pengiriman, hingga mengirimkan notifikasi resi secara otomatis ke konsumen. Selain itu, ada juga fitur Marketplace Integration yang bisa melakukan sinkronisasi pesanan dari marketplace agar memudahkan untuk cetak label, pengiriman, dan laporan penjualan. Menarik banget, kan? Yuk, pakai SmartSeller untuk bisnis online kamu!