Saat ini, belanja online merupakan salah satu kegiatan yang digemari oleh kebanyakan orang karena kemudahan yang ditawarkan. Dari sini, banyak pebisnis yang memanfaatkan momen tersebut untuk membuka online shop di marketplace. Salah satu marketplace yang menjadi favorit kebanyakan orang saat ini yaitu Shopee. Jadi, jika kamu adalah pemula dalam bisnis yang ingin mencoba peruntungan, kamu harus tahu cara membuat toko di Shopee. 

Dengan mengetahui cara membuat toko di Shopee, nantinya kamu akan punya bisnis online shop-mu sendiri. Bisnis online shop merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan yang dapat dilakukan oleh semua orang. Namun, kamu sudah harus terlebih dahulu menentukan mau menjual apa dan siapa target market yang akan dituju. Jadi, paham akan cara membuat toko di Shopee adalah hal yang wajib diketahui oleh setiap pebisnis.

Pertanyaannya, bagaimana cara membuat toko di Shopee agar kamu bisa mendirikan online shop sendiri? Yuk, scroll sampai bawah agar kamu paham dengan cara membuat toko di Shopee, sehingga bisnis online shop bisa segera berjalan!

Cara Membuat Toko di Shopee

Cara Membuat Toko di Shopee

Sejatinya, cara membuat toko di Shopee tidaklah sulit dan tidak memerlukan keahlian khusus. Semua calon pebisnis online shop pemula pasti bisa untuk mendirikan toko di Shopee asalkan sudah mengetahui gambaran dasar tentang online shop apa yang ingin dijalankan. 

Baca juga : Begini Tips Jadi Reseller Tanpa Modal, Yuk Mulai Usaha 

Jadi, terdapat dua cara membuat toko di Shopee yang dapat kamu lakukan, yaitu membuat toko di Shopee dari smartphone dan membuat toko di Shopee melalui komputer. Berikut ini penjelasannya.

1. Cara Membuat Toko di Shopee dari Smartphone

Cara membuat toko di Shopee yang pertama yaitu kamu dapat membuat toko di Shopee melalui smartphone yang kamu miliki. Caranya pun mudah dan anti ribet, lho! Berikut caranya.

  1. Hal pertama yang harus kamu lakukan yaitu download aplikasi Shopee melalui Play Store atau Apps Store
  2. Setelah aplikasi Shopee berhasil terinstall, pilih opsi daftar. Kamu akan diajukan oleh dua pilihan, mau daftar lewat nomor telepon atau melalui email. Pilihlah salah satu metode daftarnya
  3. Jika kamu memutuskan untuk mendaftar dengan nomor telepon, maka nanti akan ada kode verifikasi yang harus kamu input. Jika daftar melalui email pun juga sama, akan ada kode verifikasi yang dikirimkan ke email
  4. Setelah berhasil mendaftar dengan nomor telepon atau email, nanti kamu akan diarahkan ke laman di mana akan diminta untuk memasukkan username dan password. Inputlah username sesuai dengan nama toko yang telah kamu tentukan. Lalu, proses daftar akun shopee pun selesai.
Baca Juga 
Begini Cara Menambahkan Keranjang Kuning di TikTok!

Cara Membuat Toko di Shopee

2. Cara Membuat Toko di Shopee dari Komputer

Cara membuat toko di Shopee yang kedua yaitu kamu bisa membuatnya melalui komputer. Jadi, jika kamu sedang malas untuk menatap layar smartphone, opsi ini juga bisa menjadi pilihan. Cara membuat toko di Shopee dari komputer ini juga tidak jauh berbeda jika dibandingkan dengan membuat toko di Shopee melalui aplikasi langsung. Berikut beberapa caranya.

  1. Buka website shopee.co.id di browser yang biasa kamu gunakan
  2. Setelah itu, pilih tulisan daftar di pojok kanan atas
  3. Akan ada beberapa opsi yang dapat kamu gunakan untuk mendaftar, seperti dengan menggunakan nomor telepon, email, maupun Facebook. Nantinya, akan ada kode verifikasi yang dikirimkan
  4. Setelah selesai proses verifikasi, kamu akan diarahkan ke laman untuk menginput username dan password. Tentukan username sesuai dengan nama toko onlinemu. Hal yang perlu diingat, username Shopee hanya bisa ditentukan satu kali saja. Jadi, tentukan dengan matang nama username Shopee mu yang sekaligus akan menjadi nama toko
  5. Proses daftar akun Shopee selesai.

Tonton Juga : #SellerStory Batik Bayong : Kisah Sukses Bisnis Hijab Fashion Designer

Eits, tunggu dulu! Cara membuat toko di Shopee yang telah dijelaskan di atas ini barulah cara untuk mendaftarkan akunnya saja. Berikut ini penjelasan lanjutannya agar toko online yang kamu buat di  Shopee siap untuk dijalankan.

Cara Membuat Toko di Shopee

3. Jangan Lupa untuk Lengkapi Profil

Setelah berhasil mendaftarkan akun toko online di Shopee, baik melalui smartphone ataupun komputer, hal selanjutnya yang harus kamu lakukan yaitu melengkapi profil toko onlinemu. Hal yang harus kamu lengkapi meliputi beberapa hal, seperti : 

  1. Nama toko, di mana nama toko adalah hal yang sangat penting untuk ditentukan jika kamu ingin memulai bisnis. Buatlah nama toko yang punya ciri khas dan mudah diingat oleh calon pelanggan
  2. Deskripsi toko, di mana kamu harus menjelaskan tentang toko ini menjual apa, beroperasional dari jam berapa hingga jam berapa, opsi pengiriman yang ditawarkan, dan voucher apa saja yang ditawarkan
  3. Gambar logo brand, di mana logo merupakan hal penting yang tidak boleh kamu lupakan. Pilihlah gambar logo yang unik, menggambarkan brand, dan yang memiliki visual mudah diingat.
Baca Juga 
Apa Saja yang Diperlukan untuk Management Warehouse?

Lalu, cara untuk melengkapi profil toko online di Shopee yang telah kamu buat tadi adalah sebagai berikut.

  1. Untuk kamu yang menggunakan aplikasi Shopee di smartphone, buka Shopee → pilih opsi “saya” → “toko saya”. Lalu, pilih asisten penjual → profil toko → lengkapi isian nama toko, deskripsi toko, dan gambar logo toko. Setelah itu, klik lambang centang yang menandakan proses tersebut telah selesai
  2. Untuk kamu yang menggunakan browser di komputer, kamu bisa masuk ke shopee.co.id terlebih dahulu, lalu klik opsi profil toko dan lengkapi nama toko, deskripsi, dan gambarnya. Nah, proses tersebut selesai.

Baca juga : 7 Indikator Kualitas Produk yang Perlu Kamu Ketahui

Cara Membuat Toko di Shopee

4. Lengkapi dengan Foto Produk dan Mulai Jual

Masuk di tahap terakhir sebelum toko onlinemu siap untuk dibuka, jangan lupa untuk upload foto produk, deskripsi produk, dan harga yang akan dibanderol. Caranya yaitu sebagai berikut.

  1. Buka aplikasi Shopee, baik di smartphone ataupun browser di komputer. Lalu pilih opsi saya → mulai jual → tambah produk baru
  2. Lalu, lengkapi isian yang diminta, seperti foto produk, banyaknya produk yang available, variasi produk, dimensi serta berat, kondisi yang ditawarkan, dan jenis jasa pengiriman yang ditawarkan
  3. Bila isian di atas sudah kamu lengkapi, klik simpan dan tampilkan. Nah, toko online di Shopee mu siap untuk dibuka!

Nah, itu tadi penjelasan tentang cara membuat toko di Shopee yang harus kamu tahu, terutama jika kamu merupakan pemula dalam bisnis online. Hal yang perlu diingat, jangan lupa untuk tetap melakukan promosi agar calon pelanggan tahu tentang toko online yang kamu dirikan di Shopee.

Setelah kamu berhasil membuat toko di Shopee, hal lain yang perlu kamu lakukan yaitu mengelola toko online dengan baik agar dalam prosesnya bisa berjalan dengan lancar dan dapat berkembang kedepannya. Salah satu cara agar pengelolaan tokomu baik yaitu dengan menggunakan SmartSeller.

Baca Juga 
Tips-tips Mencari Nama Toko Modern untuk Usaha Kamu

SmartSeller menawarkan promo gratis 3 bulan untuk kamu yang langsung berlangganan SmartSeller selama 1 tahun. Eits, jangan khawatir! Biayanya terjangkau dan tidak mahal karena kamu dapat memilih paket berlangganan SmartSeller sesuai dengan budgetmu, lho! Yuk, cobain pakai SmartSeller sekarang juga!