Bagi kamu yang sekarang ini punya toko online yang dibuka di beberapa marketplace, mungkin pernah mengalami kewalahan untuk kelola banyak akun marketplace tersebut. Sangking banyaknya, kita sering terlewat untuk menyamakan informasi terkait barang jualan di masing-masing marketplace, seperti harga, ketersediaan barang, hingga foto terbaru.

Namun, sebenarnya ada cara untuk kelola banyak akun marketplace yang kamu punya lho, yaitu melalui platform omnichannel. Yap, melalui platform ini kamu bisa mengatur semua jualan di marketplace maupun social commerce yang kamu punya. Sudah pernah mendengar cara ini?

Kalau belum, kamu wajib ketahui informasi cara untuk kelola banyak akun marketplace yang satu ini karena akan sangat membantumu menghemat tenaga dan waktu. Yuk, baca sampai tuntas!

Kelola Banyak Akun Marketplace

Cara Kelola Banyak Akun Marketplace Lewat Platform Omnichannel

Belum banyak pebisnis yang mengenal dan menggunakan platform omnichannel untuk mengelola akun marketplace jualannya lho. Padahal, inovasi dalam dunia jual beli online ini dapat meringankan pekerjaan pebisnis, terutama pebisnis yang mengelola jualannya secara mandiri.

Bayangkan aja, lewat satu platform kamu bisa mengelola semua akun jualan di marketplace dan social commerce. Jadi, pada dasarnya kamu hanya perlu membuka aplikasi omnichannel jualan ini untuk mengatur jualan di semua marketplace yang kamu punya. Jualan dan operasional bisnis pun dapat jauh lebih cepat dilakukan dan efisien.

Akan tetapi, apa saja yang bisa dilakukan melalui platform omnichannel jualan pada umumnya?

Tonton Juga: #SellerStory Zalona Store : Rahasia Sukses Bisnis Online Fashion Hijab

 

Kegunaan Omnichannel untuk Kelola Banyak Akun Marketplace

Kelola Banyak Akun Marketplace

Memanfaatkan platform omnichannel jualan ini ibaratnya sama dengan peribahasa “sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui”. Pekerjaan pengelolaan bisnis di banyak akun marketplace yang tadinya banyak bisa terselesaikan lewat satu platform ini.

Baca Juga 
5 Tanda Pengiriman Kargo adalah Ekspedisi yang Pas Buatmu

Nah, berikut ini adalah beberapa kegunaan omnichannel yang bisa kamu rasakan ketika menggunakannya untuk kelola banyak akun marketplace.

1. Dapat Tersambung ke Semua Channel Penjualan

Mari kita mulai dari kegunaan yang pertama, yaitu platform omnichannel ini dapat terhubung ke semua tempat online kamu berjualan.

Tidak dapat dipungkiri, dengan banyaknya platform marketplace jual online di Indonesia saat ini, seperti Tokopedia, Shopee, Lazada dan juga social commerce, seperti TikTok Shop, banyak pebisnis yang membuka akun jualan untuk meraup keuntungan ekstra dan dapat menjangkau masyarakat yang lebih luas.

Hal tersebut tentu tidak dapat dilewatkan oleh setiap pebisnis, termasuk kamu. Tapi, satu hal yang menjadi masalah adalah waktu dan upaya yang perlu dikeluarkan dalam mengurusnya secara bersamaan dalam satu waktu. 

Nah, platform omnichannel ini mampu menghubungkan semua akun marketplace yang kamu punya sehingga bisa membantumu dalam mengaturnya melalui satu dashboard aja.

Kelola Banyak Akun Marketplace

2. Dapat Upload dan Update Produk Jualan Sekaligus

Seperti apa sih bentuk dari kelola banyak akun marketplace lewat platform omnichannel? Coba kamu perhatikan saat ini, terutama jika kamu ingin mengupload produk baru ke akun marketplace. Mungkin kamu masih menguploadnya satu per satu, bukan? Butuh waktu yang lama agar semua produk tersebut bisa terupload di semua channel penjualan.

Dengan adanya platform omnichannel, kamu tidak perlu mengupload produk satu per satu ke setiap akun markeplace-mu lagi lho. Jadi, karena platform ini bisa mengintegrasikan semua channel penjualan, kamu hanya perlu mengupload produk melalui satu pintu aja. 

Sekali upload, produk tersebut akan secara otomatis terupdate ke semua marketplace. Upload dan mengganti foto, hingga update informasi harga barang, semua pekerjaan ini akan lebih cepat terselesaikan. Fungsi ini berguna sekali karena bisa memangkas waktumu. Selain itu, kamu bisa meminimalisir kesalahan, seperti salah upload, double upload, dan lainnya.

Baca Juga 
Bingung Jualan di Marketplace atau Toko Online? Simak Rahasianya di Sini!

3. Dapat Mengatur Ketersediaan Stok Barang Sekaligus

Saat kelola banyak akun marketplace, salah satu pekerjaan yang kita kerjakan adalah mengganti informasi ketersediaan dan jumlah stok barang. Ketika ada barang yang sold out atau habis terjual, otomatis kita harus mengupdate informasinya agar tidak ada pelanggan yang melakukan pemesanan.

Misalnya, ketika barang A stoknya habis di Tokopedia, maka kita harus juga mengganti informasi barang tersebut di Shopee dan marketplace lain tempat kita memasangnya.

Masalahnya, jika kita tidak segera melakukan update informasi tersebut, tentu pelanggan akan kecewa ketika mengetahui bahwa barang yang ia pesan ternyata habis. Maka dari itulah, kita perlu menyamakan semua informasi terkait stok barang di semua channel penjualan untuk menghindari kejadian tersebut.

Nah, melalui platform omnichannel, kamu bisa melakukan manajemen stok barang ini sekaligus dan tidak perlu secara manual lagi untuk memperbarui informasi barang di setiap marketplace. Kelola banyak akun marketplace seperti tentu akan lebih mudah!

Baca Juga: 5 Tips Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Melalui CS

4. Dapat Memproses Semua Pesanan Sekaligus

Selain tiga kegunaan platform omnichannel dalam kelola banyak akun marketplace, kamu juga bisa memproses setiap pesanan yang masuk di masing-masing marketplace secara bersamaan. Lewat satu dashboard platform ini, kamu tidak perlu lagi membuka semua akun marketplace untuk melihat dan memproses pesanan.

Yap, kamu akan secara otomatis mengetahui jika ada pesanan yang masuk dari marketplace yang kamu punya dan langsung memprosesnya, mulai dari mengkonfirmasi pesanan, mengatur pengiriman, mencetak label pengiriman, hingga menyelesaikan pesanan yang sudah sampai ke alamat pelanggan.

Kamu tinggal duduk manis dan memantau orderan yang masuk, lalu memprosesnya hanya lewat satu aplikasi. Waktu yang tadinya terbuang untuk kelola banyak akun marketplace, kini bisa dialihkan ke hal lain deh, seperti strategi pemasaran yang ampuh untuk naikkan brand awareness hingga menaikkan tingkat conversion rate penjualan.

Baca Juga 
Rekomendasi Macam-Macam Model Mukena Terbaru 2022

Gimana? Tertarik untuk kelola banyak akun marketplace lewat platform omnichannel?

Kelola Banyak Akun Marketplace

Cara Kelola Banyak Akun Marketplace Melalui SmartSeller

Jika kamu tertarik buat kelola banyak akun marketplace lewat satu pintu aja, kamu bisa menggunakan platform SmartSeller! Tapi, bagaimana caranya agar bisa menggunakan SmartSeller? Berikut adalah langkah-langkahnya!

  1. Buka situs resmi SmartSeller
  2. Buat akunmu
  3. Untuk mulai berlangganan paket SmartSeller, kamu bisa pilih paket sesuai dengan kebutuhan bisnismu.
  4. Isi semua informasi yang dibutuhkan di form registrasi.
  5. Pilih durasi langganan.
  6. Kalau sudah, kamu tinggal melakukan pembayaran deh.

Nantinya, di dashboard SmartSeller, kamu bisa mengelola orderan, hitung ongkos kirim, cetak label pengiriman, invoice orderan, nomor resi, hingga mengatur diskon dan voucher yang bisa ditawarkan kepada pelanggan. 

Baca Juga: Cara Jualan di Marketplace agar Cepat Laris dan Cuan

Demikian, di atas adalah sedikit pembahasan mengenai cara kelola banyak akun marketplace melalui platform omnichannel jualan dan kegunaannya. Mengelola banyak akun marketplace bisa lebih efisien dan cepat, sehingga kamu bisa mengalokasikan waktu tersebut untuk hal lain yang dapat mengoptimalkan penjualan.

Nah, kalau kamu ingin kelola banyak akun marketplace secara efisien seperti kelola orderan lebih cepat, gunakan aja SmartSeller! Pendaftarannya mudah dan kamu bisa merasakan kemudahan untuk mengoperasikan bisnis sehari-hari lewat satu dashboard aja. Selain itu, SmartSeller juga punya berbagai produk berkualitas dari Seller jika kamu tertarik jadi reseller lho. Yuk, pakai SmartSeller sekarang!