Cara membatalkan pesanan di Tokopedia bisa dilakukan dengan mudah dan cepat selama kamu mengikuti langkah dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh marketplace satu ini. Pembatalan ini pun bisa dilakukan oleh pembeli maupun penjual. 

Dari pihak pembeli, kamu bisa membatalkan pesanan karena salah membeli barang, pesanan tidak diproses oleh penjual, maupun alasan lain. Dari pihak penjual, kamu bisa membatalkan pesanan karena stok produk kosong, toko sedang tutup, kendala kurir, maupun alasan lain.

Lantas, bagaimana cara membatalkan pesanan di Tokopedia dari sisi pembeli maupun penjual? Simak artikel SmartSeller berikut ini.

Cara Membatalkan Pesanan di Tokopedia bagi Pembeli

Cara membatalkan pesanan di tokopedia

Terdapat beberapa cara membatalkan pesanan di Tokopedia bagi pembeli. Namun, pembeli harus tahu bahwa jika kamu melakukan pembatalan pesanan dan/atai melakukan refund alias pengembalian dana maka biaya pengiriman barang akan dianggap hangus oleh sistem Tokopedia.

• Cara Pembatalan Pesanan secara Instan

Berdasarkan situs Tokopedia, berikut adalah cara membatalkan pesanan di Tokopedia secara instan. Biasanya pembatalan ini terjadi karena kamu belum melakukan pembayaran atas pesanan tersebut.

  1. Membuka aplikasi Tokopedia melalui ponsel kamu, kemudian buka halaman Daftar Transaksi.
  2. Masuk ke menu status pemesanan bagian Menunggu Informasi.
  3. Klik pesanan yang ingin kamu batalkan, kemudian pilih Batalkan Pesanan.
  4. Berikan alasan pembatalan pesanan sesuai dengan keadaan kamu sebenarnya.
  5. Setelah selesai, kamu bisa memencet tombol Batalkan Pesanan.

Kamu akan mendapatkan pengembalian dana ke Saldo Refund/GoPay/limit kartu kredit berdasarkan metode pembayaran yang sebelumnya kamu gunakan.

• Cara Membatalkan Pesanan dengan Persetujuan Penjual di Tokopedia

Jika kamu tidak dapat melakukan pembatalan secara instan, kamu bisa ajukan pembatalan dengan meminta persetujuan penjual. Biasanya, ini cara membatalkan pesanan di Tokopedia untuk barang yang telah dikirim atau diproses oleh pihak penjual. 

Baca Juga 
7 Tips Mengelola inventory management produk untuk penjual online

Berikut adalah cara membatalkan pesanan di Tokopedia dengan cara tersebut.

  1. Membuka aplikasi Tokopedia melalui ponsel kamu, kemudian buka halaman Daftar Transaksi.
  2. Klik tombol Ajukan Pembatalan.
  3. Kemudian, pengajuan pembatalan tersebut akan diteruskan oleh Tokopedia kepada pihak penjual.
  4. Jika pembatalan pesanan kamu disetujui oleh pihak penjual, kamu akan mendapat notifikasi bahwa status pesanan kamu adalah Pesanan Dibatalkan. Klik Lihat untuk melihat detail informasi selengkapnya.
  5. Jika pembatalan pesanan kamu tidak disetujui pihak penjual, kamu akan mendapat notifikasi bahwa pengajuan kamu ditolak dan pihak penjual tetap memproses pesanan kamu.

Baca juga: Mau Sukses Memulai Usaha Online Shop? Ini Dia Caranya!

• Cara Membatalkan Pesanan di Tokopedia untuk Pesanan COD

Cara membatalkan pesanan di tokopedia

Apakah kamu bisa membatalkan pesanan COD di Tokopedia? Jawabannya bisa. Berikut adalah cara membatalkan pesanan di Tokopedia untuk metode pembayaran COD.

  1. Membuka aplikasi Tokopedia.
  2. Masuk ke halaman Daftar Transaksi dan klik Dalam Proses.
  3. Pilih pesanan barang COD yang akan kamu batalkan.
  4. Tekan tombol Batalkan Pesanan pada halaman detail pesanan yang berada di bagian bawah.
  5. Kemudian tentukan alasan pembatalan pesanan kamu, beri detail alasan juga.
  6. Setelah selesai, kamu bisa klik tombol Batalkan Pesanan.
  7. Pesanan kamu pun berhasil dibatalkan.

• Cara Ajukan Refund untuk Pesanan yang Telah Tiba

Cara membatalkan pesanan di tokopedia

Setelah pembahasan dua cara membatalkan pesanan di Tokopedia sebelumnya, kamu juga perlu tahu cara refund di Tokopedia untuk pesanan yang telah tiba. Jika pesanan datang dan keadaan pesanan kurang, tidak sesuai, atau rusak, atau terdapat kendala lainnya. 

  1. Membuka aplikasi Tokopedia pada ponsel kamu.
  2. Tekan ikon bergaris tiga (Menu) pada halaman utama Tokopedia.
  3. Tekan menu Pembelian dan klik Status Pemesanan
  4. Kik Komplain.
  5. Memilih barang dan permasalahan yang terjadi.
  6. Kamu akan mendapat formulir komplain dan lengkapi formulir tersebut.
  7. Selain itu, kamu juga bisa memberi informasi jumlah pesanan yang ingin kamu ajukan komplain. Bila lebih dari satu pesanan yang ingin kamu komplain, tekan Simpan dan Pilih Barang Lain.
  8. Kembali ke formulir komplain dan silakan memilih solusi sesuai yang kamu inginkan seperti Saya ingin meminta uang saya kembali.
  9. Tuliskan nominal pengembalian dana yang kamu ajukan.
  10. Unggah bukti serta keterangan pada komplain yang kamu ajukan.
  11. Jika sudah selesai kamu tinggal menunggu notifikasi selanjutnya dan kamu akan diberitahu saat berhasil mengajukan refund di Tokopedia untuk pesanan yang telah tiba.
Baca Juga 
Arti Purchase Order yang Perlu Diketahui Oleh Pemula

Catatan Tambahan:

Jika kamu ingin melakukan beberapa cara membatalkan pesanan di Tokopedia di atas, kamu juga perlu tahu bahwa:

  1. Tombol Ajukan Pembatalan baru muncul setelah 6 jam sejak kamu melakukan pembayaran dan diverifikasi oleh Tokopedia atau semenjak pesanan diproses ke Penjual.
  2. Tombol Ajukan Pembatalan juga akan hilang saat kamu pernah ajukan pembatan untuk pesanan tersebut atau penjual telah memproses pesanan kamu.
  3. Penjual berhak menolak pengajuan pembatalan pesanan dari pembeli karena alasan-alasan tertentu sehingga pesanan kamu tetap diproses.

Tonton video berikut untuk tahu bagaimana aplikasi SmartSeller bantu Wallts : Strategi Jualan Produk Dompet di Era Pandemi

Cara Membatalkan Pesanan di Tokopedia bagi Penjual

Cara membatalkan pesanan di tokopedia

Bukan hanya pembeli, penjual juga bisa mengajukan pembatalan pesanan. Apa saja jenis penolakan dari penjual dan bagaimana tindakan dari Tokopedia?

  1. Jika kamu mengajukan pembatalan karena Stok Produk Kosong maka produk akan dinonaktifkan oleh Tokopedia.
  2. Jika Toko Sedang Tutup maka stok akan sistem kembalikan tanpa mengubah status produk.
  3. Jika terjadi Kendala Kurir maka stok akan sistem kembalikan tanpa mengubah status produk.
  4. Jika Pembeli Tidak Merespon maka stok akan sistem kembalikan tanpa mengubah status produk.
  5.  Jika kamu memilih alasan Lainnya maka stok akan sistem kembalikan tanpa mengubah status produk.

Lantas, bagaimana cara membatalkan pesanan di Tokopedia untuk penjual?

  1. Kamu bisa membuka Halaman Seller Tokopedia.
  2. Klik menu Penjualan dan pilih pesanan yang ingin kamu batalkan.
  3. Tekan kotak titik tiga di sebelah tombol Terima Pesanan.
  4. Tekan tombol opsi untuk Tolak Pesanan.
  5. Tentukan alasan penolakan atau pembatalan kamu dan klik Selanjutnya.
  6. Beri alasan dengan sopan kepada pembeli tentang alasan kamu melakukan pembatalan, kemudian klik Tolak Pesanan.
  7. Pesanan akan sistem batalkan dan akan hilang dari daftar pesanan kamu.

Baca juga: Risiko Usaha yang Bisa Terjadi dan Cara Menghindarinya

Namun, penjual perlu tahu bahwa cara membatalkan pesanan di Tokopedia ini bisa menurunkan skor performa toko. 

Oleh karena itu, bagi kamu yang ingin menjaga kepercayaan dan ekspektasi dari pembeli, segera tolak pesanan sesegera mungkin jika memang toko kamu tidak bisa memenuhi kebutuhan pembeli. Terlebih, ketidaktahuan kamu akan pesanan ini sehingga batal otomatis bisa membuat toko kamu dikenakan pinalti Skor Performa Toko.

Kamu sebagai penjual juga bisa lho memanfaatkan aplikasi SmartSeller untuk mengelola stok produk penjualan. Selain bisa mengetahui stok produk hanya dengan beberapa klik, fitur Marketplace Integration SmartSeller juga membantu kamu mengintegrasi toko dari berbagai marketplace di satu aplikasi terpusat dan memberi kamu data penjualan otomatis.

Kini, jualan di berbagai marketplace seperti Tokopedia dan Lazada bukan lagi sebuah masalah.Yuk, cari tahu lebih lanjut bagaimana SmartSeller bisa bantu bisnis kamu!