Di era gempuran teknologi saat ini, cara jualan di marketplace menjadi salah satu yang dicari oleh masyarakat, apalagi orang-orang perlahan mulai tidak lagi gagap menggunakan internet. Sebab, publik kini tak hanya mencari informasi, namun juga senang berbelanja online lewat marketplace. Tidak heran jika para pebisnis lama pun mulai mencari cara jualan di marketplace oleh untuk memperluas pasar 

Saat ini, platform marketplace untuk berjualan online sudah sangat banyak. Bahkan, tiap marketplace memiliki pasar dan juga ciri khas tersendiri. Pebisnis hanya tinggal memilih dan menyesuaikan dengan kebutuhan, lalu mencari cara jualan di marketplace. Menariknya, cara jualan di marketplace ini tidak membutuhkan modal yang terlalu besar.

Apa Itu Marketplace?

Beberapa orang kerap mengartikan marketplace dengan toko online. Padahal, istilah marketplace cukup berbeda dengan toko online. Marketplace sendiri merupakan istilah dari platform yang mana penjual berkumpul untuk menjual barang atau jasa ke konsumen tanpa bertemu secara fisik. Umumnya, perusahaan yang menaungi marketplace menyediakan wadah untuk mempertemukan penjual dan pembeli. Nantinya, perusahaan akan mengambil keuntungan dari komisi setiap penjualan.

Cara Jualan di Marketplace

Platform marketplace biasanya berbentuk situs atau aplikasi. Lanjut, untuk pengelolaan website, metode pembayaran, atau semua operasionalnya difasilitasi oleh penyedia marketplace. Jika dilihat, marketplace tidak jauh berbeda dengan pasar tradisional, di mana perusahaan hanya menyediakan tempat dan tidak bertanggung jawab atas produk atau jasa yang dijual di marketplace.

Baca Juga: Nggak Perlu Ribet! Ini Dia Cara Buka Toko di Tokopedia

Cara Jualan di Marketplace

Dengan banyaknya keuntungan yang ditawarkan oleh penyedia marketplace, tak heran banyak pebisnis yang ingin mengetahui cara jualan di marketplace. Apalagi cara jualan di marketplace bisa dibilang cukup mudah, terlebih bagi para pemula.

Baca Juga 
Ide Usaha untuk Ibu Rumah Tangga yang Dijamin Untung Terus

Yuk, simak bagaimana cara jualan di marketplace yang mudah dan ampuh memikat pelanggan.

  1. Optimalkan Profilmu

Setelah berhasil mendaftar sebagai penjual di salah satu marketplace, penting bagi kamu untuk mengoptimalkan profil agar menarik perhatian konsumen. Mulanya, cara jualan di marketplace agar menarik pembeli adalah dengan melengkapi informasi toko online milikmu, yakni dengan memberi nama toko, deskripsi toko, display picture, jam operasional, hingga informasi media sosial.

  1. Pilih Produk Jualan

Cara jualan di marketplace selanjutnya adalah pastikan kamu telah memilih produk yang tepat untuk ditawarkan kepada pelanggan. Kamu juga bisa melakukan riset apakah barang yang kamu jual sesuai dengan yang dicari oleh para pembeli di marketplace tersebut.

Cara Jualan di Marketplace

Kemudian, kamu perlu untuk mencantumkan foto dan informasi produk dengan jelas, antara lain spesifikasi warna, material, stok, hingga ukuran. Pastikan juga foto produk yang kamu gunakan asli, sehingga nantinya pelanggan tidak akan komplain.

Hal ini harus kamu lakukan agar pelanggan tidak perlu banyak bertanya kepada kamu mengenai produk yang dijual. Jadi pelanggan bisa sekadar membaca dan tidak perlu buang-buang waktu untuk mengirim pesan kepada kamu.

  1. Tentukan Harga yang Tepat!

Setelah memilih produk yang akan dijual, cara jualan di marketplace selanjutnya adalah menentukan harga yang tepat untuk barangmu. Seperti diketahui, harga bisa menjadi pertimbangan bagi konsumen untuk memutuskan pembelian. Kamu bisa menentukan harga jual dengan memantau harga dari pesaing. Misalnya, kamu bisa mencari tahu kisaran harga produk yang kamu jual di pasaran. Kemudian, kamu bisa menjual harga barang dengan tidak terlalu mahal ataupun murah.

  1. Beri Pilihan Jasa Pengiriman

Umumnya, jasa pengiriman bisa memengaruhi harga kirim. Hal ini membuat konsumen memilih jasa ekspedisi yang murah untuk pengiriman ke wilayahnya. Jadi, pastikan kamu memberikan beragam pilihan jasa ekspedisi agar pelanggan bisa dengan bebas menentukannya.

Baca Juga 
Apa Itu Katalog Produk? Kenali Arti dan Kegunaannya

Baca Juga: Cara Membuat Akun Shopee untuk Jualan dan Keuntungannya

  1. Manfaatkan Promo

Cara jualan di marketplace berikutnya adalah dengan memberikan promo kepada konsumen secara rutin. Kamu bisa memberikan promo seperti diskon, cashback, buy one get one, hingga gratis ongkir. Jangan lupa juga untuk turut berpartisipasi dengan program yang diadakan oleh marketplace tempat kamu berjualan, misalnya ikut saat harbolnas atau hari-hari tertentu. Dengan begitu, kemungkinan besar toko online milikmu akan dikunjungi oleh banyak calon pembeli.

Namun perlu diingat, meski memberikan promo merupakan cara jitu menarik konsumen, tetapi pastikan kamu juga tetap memperoleh keuntungan.

  1. Buat Promosi

Agar produkmu semakin laris, jangan lupa untuk melakukan promosi. Pada cara jualan di marketplace, kamu bisa menggunakan fitur ads yang disediakan oleh platform marketplace. Dengan begitu, pelanggan bisa semakin banyak yang mengetahui toko online milikmu. Tak hanya melalui marketplace, kamu juga bisa melakukan promosi pada akun media sosial yang telah kamu buat untuk bisnis online milikmu.

Cara Jualan di Marketplace

  1. Sediakan Beragam Metode Pembayaran

Tak hanya menyediakan pilihan memilih jasa ekspedisi saja, cara jualan di marketplace lainnya adalah dengan menyediakan beragam opsi pembayaran. Keuntungan dari menyediakan opsi pembayaran adalah bisa membuat calon pelanggan melakukan pembelian dengan sesuai dengan yang mereka inginkan. Kamu bisa menerapkan metode pembayaran seperti menggunakan kartu kredit, e-wallet, transfer melalui bank, via minimarket, hingga cash on delivery (COD) atau pembayaran di tempat.

  1. Kelola Ketersediaan Produk

Selalu mengelola ketersediaan produk yang dijual menjadi cara jualan di marketplace yang selanjutnya. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi pesanan yang masuk. Jangan sampai ketika konsumen membeli barang yang ternyata tidak tersedia. Jika begitu, kemungkinan akan menurunkan rating penjualan, lho.

  1. Layani Konsumen dengan Baik

Cara jualan di marketplace yang tak kalah penting adalah untuk selalu memberikan pelayanan yang baik bagi calon konsumen. Kamu bisa memulai dengan membalas pesan masuk dan menjawab pertanyaan dengan sopan. 

Baca Juga 
Apa itu Kartu Stok Barang? Ini Dia Penjelasannya!

Cara Jualan di Marketplace

Tak hanya itu, usahakan juga untuk membalas pesan yang masuk dengan cepat sebab pelanggan biasanya tidak suka menunggu terlalu lama. Pastikan juga kamu membalas pesan yang masuk atau jangan pernah mengabaikan pesan dari konsumen.

Memberikan pelayanan yang baik juga bisa berguna bagi kepuasan pelanggan. Sehingga, ketika pelanggan mendapat pelayanan baik, toko online milikmu akan semakin disanjung.

Tonton Juga: Cerita SmartSeller bersama Summer Minibar #JadiSellerPintar

  1. Tampilkan Testimoni Positif

Terakhir cara jualan di marketplace adalah dengan menunjukkan testimoni positif dari konsumen. Tentu saja, hal ini harus kamu lakukan agar lebih banyak menarik pelanggan. Sebab, biasanya calon pelanggan akan lebih dulu melihat review dan testimoni dari pelanggan sebelumnya. Setelah itu, mereka akan lebih tertarik dan percaya dengan testimoni atau rekomendasi untuk berbelanja di toko online milikmu.

Jadi, jangan pernah ragu untuk selalu meminta feedback seperti ulasan positif dari pelanggan, ya! Agar toko online milikmu terkelola dengan baik, cara jualan di marketplace yang bisa kamu lakukan lainnya adalah dengan menggunakan jasa dari platform SmartSeller dengan fitur order manajemen. Selain itu, platform satu ini juga memiliki fitur marketplace integration sehingga berbagai toko online milikmu dapat dikelola dalam sekali waktu. Apalagi, SmartSeller juga memiliki reseller tepercaya yang bantu kembangkan bisnis. Klik di sini untuk informasi selengkapnya.