Selama mengelola stok barang yang ada di gudang, metode FIFO adalah salah satu metode yang akan sering kamu temui. Metode FIFO merupakan satu dari banyak metode yang paling pas untuk digunakan mengelola stok barang perusahaan. Terutama jika kamu memiliki usaha yang memerlukan proses keluar masuk barang dengan cepat.

Jika kamu belum mengetahui apa yang dimaksud dengan metode FIFO, dalam artikel berikut ini kamu akan mempelajari lebih dalam seputar metode FIFO serta alasan mengapa metode FIFO sangat cocok untuk metode pengelolaan stok barang. 

Memahami Apa Itu Metode FIFO

Metode FIFO adalah

Metode FIFO adalah kependekan dari First In First Out yang artinya pertama keluar pertama masuk dalam Bahasa Indonesia. Metode FIFO adalah salah satu metode yang digunakan dalam sistem pengelolaan stok barang yang mana barang pertama masuk adalah barang yang pertama keluar. Entah itu keluar untuk dikirimkan maupun untuk dijual. Metode ini membantu mengurangi terjadinya penumpukan produk yang berusia lama dan menghindari terjadinya kerusakan pada produk lama tersebut. Tentunya perusahaan juga harus menyediakan stok barang baru untuk menggantikan stok produk yang lama.

Metode FIFO adalah metode yang cukup penting untuk digunakan. Alasannya adalah karena metode FIFO memastikan setiap stok barang yang ada di gudang telah digunakan sesuai urutannya. Dengan metode FIFO, tidak ada stok barang yang terlewatkan. Jadi proses pengelolaan stok barang yang ada di gudang juga menjadi lebih terorganisir karena memiliki urutan yang jelas.

Dengan menggunakan metode FIFO untuk sistem pengelolaan stok gudang, ada beberapa manfaat yang bisa diberikan suatu usaha kepada para pelanggannya. Beberapa keuntungan dari metode FIFO adalah kepuasan pelanggan yang meningkat karena mendapatkan produk yang segar atau masih berkualitas. Bagi perusahaan, metode FIFO membantu mengurangi biaya pemeliharaan stok dan gudang karena barang yang masuk langsung dikeluarkan. Sehingga mengurangi kemungkinan penumpukan stok barang di gudang. 

Metode FIFO merupakan metode yang sangat penting untuk digunakan oleh setiap perusahaan apapun jenis usahanya. Metode FIFO memastikan stok barang digunakan dengan tepat dan dikirimkan kepada pelanggan secara tepat waktu. Selain itu, metode FIFO juga memastikan bahwa stok bahan tetap dalam kondisi yang baik agar bisa diolah menjadi produk jadi berkualitas. 

Baca Juga 
Tanpa Modal! Ini 5 Cara Menjadi Reseller

Baca Juga: Tips dan Cara Berjualan Online Produk Digital

Alasan Mengapa Metode FIFO Adalah Solusi Pengelolaan Stok Barang

Metode FIFO adalah

Setiap perusahaan yang memiliki stok barang di dalam gudang perlu mempertimbangkan metode FIFO sebagai salah satu metode pengelolaan stok. Tujuannya adalah untuk meningkatkan efisiensi, menghemat biaya pengelolaan barang di gudang, dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Terutama untuk usaha yang bergantung pada stok barang di gudang untuk keperluan penjualan atau kebutuhan produksi. Alasannya adalah metode FIFO akan membantu setiap perusahaan mengukur dan menghitung stok barang dengan lebih akurat. Selain itu produk yang dikirim kepada pelanggan juga produk yang masih segar. Jika kamu bergerak di perusahaan bidang food and beverages metode ini adalah metode yang sangat pas. 

Penggunaan metode FIFO dalam pengelolaan stok barang juga akan membuat perusahaan dapat mengatur kondisi stok barang dan membuat perubahan yang sesuai dengan kondisi stok barang tersebut. Hal ini akan sangat bermanfaat untuk perusahaan agar terhindar dari stok barang berlebihan maupun kekurangan stok barang. Menggunakan metode FIFO juga akan memastikan bahwa bahan mentah dan peralatan digunakan dengan tepat selama proses pembuatan produk jadi. Barang yang rusak akibat terlalu lama disimpan juga akan lebih berkurang berkat adanya metode FIFO yang digunakan pada sistem pengelolaan stok barang. 

Metode FIFO yang digunakan dengan tepat juga terbukti bisa mengurangi limbah yang tidak diinginkan perusahaan. Limbah yang tidak diinginkan maksudnya adalah stok barang yang menumpuk dan akhirnya rusak. Limbah ini bisa menambah sampah pada lingkungan dan juga merugikan perusahaan. 

Alasan menggunakan metode FIFO untuk perusahaan seperti di atas akan lebih terasa manfaatnya terutama jika kamu berada dalam jenis usaha yang perputaran stok barangnya cukup cepat. Misalnya seperti dalam usaha makanan atau minuman, bahan makanan, hingga produk kebutuhan rumah tangga lainnya. Jenis barang tersebut perlu dihabiskan dengan cepat sehingga metode FIFO adalah metode yang paling cocok untuk digunakan. Penggunaan metode FIFO juga akan memudahkan proses tim gudang untuk bekerja. Pencatatan stok barang masuk dan keluar menjadi lebih teratur. Ini membuat perusahaan dapat mengurangi resiko kehilangan stok barang yang mungkin terjadi.

Baca Juga 
20 Cara Meningkatkan Omset Penjualan Usaha yang Efektif

Cara Menggunakan Metode FIFO dalam Pengelolaan Gudang

Metode FIFO adalah

Seperti yang telah diketahui di atas, metode FIFO adalah salah satu metode yang sangat bermanfaat untuk digunakan pada setiap perusahaan. Penggunaan metode FIFO juga harus tepat dan akurat agar bisa bermanfaat dengan baik. Beberapa langkah tepat untuk mengimplementasikan metode FIFO adalah sebagai berikut:

1. Buat Daftar Inventori dengan Detail

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat daftar inventori dengan detail. Tulis dengan jelas semua jenis barang yang ada dalam stok gudangmu dan beri label kapan barang tersebut masuk. Cara ini akan membantumu mengetahui apa saja stok barang yang kamu miliki di gudang. 

Pendataan daftar barang yang ada di gudang merupakan langkah awal yang akan memperlancar metode FIFO nantinya. Selain membuat daftar nama dan jenis barang, kamu juga perlu menata stok barang yang kamu miliki sesuai dengan waktu masuk barang tersebut. Misalnya barang yang masuk terlebih dahulu diletakkan di rak yang paling depan agar lebih mudah diambil dan bisa segera diproses dengan cepat. Sedangkan untuk stok barang yang baru masuk bisa diletakkan agak belakang secara berurutan. Cara ini akan memudahkan proses metode FIFO dalam pengelolaan stok barang. 

2. Gunakan Sistem Teknologi untuk Melacak Kinerja Metode FIFO

Selanjutnya kamu akan memerlukan teknologi yang bisa digunakan untuk melacak kinerja metode FIFO. Dikarenakan metode FIFO adalah metode yang memerlukan pencatatan sesuai dengan tanggal barang masuk dan keluar, jadi perusahaan memerlukan teknologi atau aplikasi yang bisa mencatat barang keluar masuk dengan mudah. 

Saat ini ada banyak aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk melacak kondisi stok barang di gudang. Penggunaan aplikasi dengan fitur pengelolaan stok barang pasti akan meringankan pekerjaan untuk mengelola stok barang dan melacak kinerja metode FIFO. Pastikan kamu memilih jenis aplikasi yang mengakomodasi kebutuhanmu akan implementasi metode FIFO. Penggunaan aplikasi juga lebih melancarkan metode FIFO karena pencatatan barang masuk dan keluar lebih akurat. 

Baca Juga 
Contribution Margin adalah: Penjelasan Lengkap dan Mudah

Tonton Juga: #SellerStory Uno Shop yang Memanfaatkan Era Digital untuk Mengembangkan Bisnis

3. Pelatihan Pegawai Gudang

Metode FIFO adalah

Hal yang juga sangat penting untuk lancarnya metode FIFO adalah pelatihan pegawai gudang. Teknologi yang tepat dan identifikasi stok barang yang lengkap tidak akan bisa berjalan lancar jika pelatihan pegawai tidak dilakukan dengan maksimal.

Bagian pelatihan pegawai gudang ini merupakan tanggung jawab penting bagi perusahaan. Setiap pegawai gudang wajib mengetahui SOP atau Standar Operasional Prosedur yang harus diikuti agar proses pengelolaan stok barang lebih teratur. Tanpa adanya pelatihan pegawai yang tepat, sistem aplikasi yang telah diciptakan untuk mengelola stok barang akan sia-sia. Jadi pastikan kamu melatih pegawai bagian gudang agar sistem pengelolaan barang dengan metode FIFO bisa berjalan dengan lancar. 

Dengan mengikuti langkah di atas, metode FIFO dapat diimplementasikan dengan baik dan lancar pada stok gudang perusahaan. Prosesnya yang mudah dan teratur juga akan membantu perusahaan untuk mengurangi resiko kehilangan stok barang yang mungkin terjadi selama proses usaha.

Salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan agar metode FIFo bisa sukses diimplementasikan adalah SmartSeller. Dengan fitur inventory management, SmartSeller akan membantu perusahaan menjalankan metode FIFO dengan efektif dan sukses. Kamu juga bisa langsung mencoba fitur inventory management di SmartSeller sekarang juga!