Saat ini, masyarakat berlomba-lomba untuk mencari peluang usaha yang belum banyak pesaing di tahun 2023. Hal ini merupakan hal wajar mengingat semakin sedikit pesaing, kemungkinan untuk berhaisil jauh lebih besar dibandingkan dengan usaha yang memiliki banyak pesaing.

Oleh karena itu, artikel ini akan menjelaskan apa saja peluang usaha yang belum banyak pesaing yang bisa kamu manfaatkan. Peluang-peluang ini bisa kamu jadikan rekomendasi untuk memulai usaha. Artikel ini juga diharapkan dapat membantu bagi para pemula untuk mulai membuka usaha.

Bisnis Kekinian

Peluang Usaha yang Belum Banyak Pesaing

Saat ini, masyarakat lebih gemar berjualan dibandingkan sebelumnya. Hal tersebut dilatarbelakangi oleh beberapa faktor. Yang pertama tentu saja lapangan pekerjaan yang tidak banyak. Di tengah-tengah kesulitan ekonomi pasca pandemi, pekerjaan sulit dipertahankan apalagi didapatkan. Selain itu, pandemi yang melanda dunia beberapa tahun silam juga membuat perilaku belanja online semakin lumrah. 

Platform belanja online semakin merajalela bahkan hingga saat ini. Terakhir, karena teknologi semakin maju. Seiring berjalannya waktu, teknologi mempermudah banyak hal. Salah satunya adalah dalam hal belanja. Manusia dipermudah teknologi dengan belanja online yang hanya membutuhkan aplikasi untuk transaksi, contohnya seperti marketplace.

Teknologi juga membuat tren cepat muncul dan silih berganti. Hal itu juga terjadi pada bisnis. Kamu bisa melihat di media sosial bagaimana suatu bisnis kekinian muncul karena tren. Biasanya, banyak bisnis kekinian yang muncul dan cukup banyak menjual sebuah produk yang sama. Hal itu disebabkan oleh tren yang muncul.

Baca Juga: Peluang, Tantangan, dan Ide Bisnis Kecil di Tahun 2023

Tren tersebut biasanya tidak bertahan lama. Alhasil, bisnis yang dilaksanakan spontan tersebut juga berumur pendek. Oleh karena itu, sebaiknya tidak membuka bisnis hanya berdasarkan tren saja tanpa persiapan karena dapat menjadi bumerang. Saat membuka bisnis, kamu harus melakukan persiapan yang matang. Selain itu, sebaiknya kamu juga mencari peluang usaha yang belum banyak pesaing.

Baca Juga 
Quality Control Artinya adalah: Penjelasan dan Tugasnya

Peluang Usaha yang Belum Banyak Pesaing

Sebuah bisnis yang baik harus mampu memanfaatkan peluang usaha agar bisa berhasil. Peluang tersebut juga tidak muncul tiba-tiba karena peluang harus dibuat sendiri. Berikut ini adalah beberapa peluang usaha yang belum banyak pesaing dan mungkin bisa dijadikan rekomendasi untuk dilakukan.

1. Pet Sitter

Peluang Usaha yang Belum Banyak Pesaing

Saat ini, banyak sekali masyarakat yang memelihara binatang. Beberapa binatang yang dipelihara antara lain anjing, kucing, burung, maupun ikan. Ada juga masyarakat yang memelihara reptil maupun hewan eksotis lainnya. Oleh karena itu, peluang usaha menjadi pet sitter cukup potensial. Apalagi pet sitter merupakan peluang usaha yang belum banyak pesaing. 

Peluang ini bisa dikatakan potensial karena banyak orang yang hanya tinggal sendiri atau mempunyai keluarga kecil terkadang kerepotan jika harus pergi dalam waktu lama. Mereka membutuhkan seseorang untuk merawat binatang peliharaan tersebut selayaknya mereka sendiri yang merawat.

Untuk menjadi pet sitter, ada beberapa hal yang harus kamu miliki. Yang pertama tentu saja kemampuan untuk merawat binatang peliharaan. Mulai dari mengurus makan hingga menghiburnya. Tidak hanya itu, sebaiknya pet sitter juga harus mencintai binatang. Pet sitter juga harus telaten karena binatang tersebut adalah keluarga dari klien mereka.

Baca Juga: Macam-macam Peluang Usaha Makanan yang Cukup Potensial!

2. Jasa Membuat Caption

Caption, baik singkat maupun panjang, terkadang merupakan bentuk ekspresi dari penulisnya. Namun tak semua orang dapat membuat caption yang baik. Apalagi saat ini, caption juga dapat ditemui di berbagai medium. Banyak orang yang berlomba-lomba membuat caption yang bagus hanya untuk sekedar dilihat oleh orang lain.

Oleh karena itu, caption bisa jadi bisnis potensial. Apalagi jasa membuat caption merupakan peluang usaha yang belum banyak pesaing. Kamu bisa menawarkan caption yang diinginkan oleh klien. Kamu bisa menawarkannya dalam bahasa Indonesia maupun Inggris. Selain itu, kamu juga bisa membuatnya jadi bundling dengan konten agar kamu dapat memperoleh penghasilan yang lebih baik.

Baca Juga 
Metode Pemasaran yang Tepat untuk Usaha Kecil dan Startup

3. Jasa Sleep Call

Peluang Usaha yang Belum Banyak Pesaing

Jasa sleep call adalah salah satu jasa yang mungkin baru bisa ditemui pada masa ini saja. Istilah sleep call sendiri merujuk kepada panggilan telepon atau video yang dilakukan dua orang yang biasanya pasangan, hingga mereka terlelap tidur. Meskipun sebenarnya hal ini lebih normal dilakukan oleh pasangan atau sahabat, tapi hal ini juga diminati banyak orang.

Oleh karena itu, jasa sleep call merupakan peluang usaha yang belum banyak pesaing. Banyak orang yang kesepian di malam hari dan membutuhkan teman untuk cerita ataupun membantunya tidur. Jasa ini juga relatif lebih aman karena pelaku usahanya tidak perlu bertemu langsung dengan klien karena hanya bermodalkan telepon. 

4. Makanan Sehat

Sekilas, menjual makanan sehat rasanya seperti ide yang sudah lazim. Pada kenyataannya, sangat sulit mencari makanan sehat terutama yang spesifik. Sebagai contoh, banyak orang yang saat ini tidak lagi mengonsumsi produk hewani beserta turunannya yang biasa disebut vegan. Selain itu, banyak orang yang saat ini mempunyai alergi terhadap suatu bahan makanan tertentu.

Oleh karena itu, menjual makanan sehat dapat menjadi peluang usaha yang belum banyak pesaing. Kamu bisa menerapkan sistem pre-order di awal jika kamu belum begitu yakin. Kamu dapat menyediakan menu yang bisa kamu jual. Mengingat bisnis ini merupakan bisnis yang cukup niche, kemungkinan adanya kompetitor juga jauh lebih sedikit.

5. Jasa Menata Barang

Peluang Usaha yang Belum Banyak Pesaing

Jasa menata barang juga merupakan salah satu peluang usaha yang belum banyak pesaing. Jasa ini potensial karena banyak orang yang terlalu sibuk dengan kegiatannya sehingga tidak bisa menata barang di rumahnya dengan baik. Apalagi terkadang hal tersebut tidak hanya membuatnya terlihat kotor, tapi juga membuat banyak space yang jadi terambil karena penataan yang buruk.

Baca Juga 
Ini Dia, 7 Produk yang Berpotensi Laris Manis di Tahun 2020!

Rasa malas pemilik tersebut bisa kamu jadikan sebagai sebuah peluang bisnis. Karena jasa layanan membersihkan sudah lumrah, kamu bisa menawarkan untuk membantu para pelanggan menyusun barangnya hingga rapi dan teratur. Rumah yang rapi dan bersih tentu akan nyaman untuk ditinggali. 

6. Jual/Sewa Kostum Cosplay

Peluang Usaha yang Belum Banyak Pesaing

Saat ini, hobi orang cukup beragam. Salah satu hobi yang bisa dihighlight saat ini adalah cosplay. Cosplayer sendiri merupakan orang-orang yang berdandan dan menggunakan pakaian layaknya karakter fiksi seperti kartun atau anime. Hal itu biasanya dilakukan untuk event tertentu dari sebuah komunitas, meskipun saat ini hal ini lebih lazim dilakukan.

Karena sudah banyak yang menjadi cosplayer, kamu bisa memanfaatkan peluang usaha yang belum banyak pesaing ini. Kamu dapat menjual atau menyewakan kostum untuk membantu cosplayer tersebut. Selain menyewakan, kamu juga bisa menerapkan sistem pre order untuk membantumu menentukan karakter apa yang harus kamu buat tanpa membuang sumber daya yang ada secara sia-sia.

Demikian adalah penjelasan secara singkat mengenai peluang usaha yang belum banyak pesaing. Jika kamu sudah memiliki peluang usaha yang ingin kamu jalankan, tidak ada salahnya kamu eksekusi. Kamu juga harus mampu memanfaatkan platform yang ada saat ini agar bisnismu bisa semakin berkembang.

Salah satu platform yang bisa kamu gunakan adalah Storefront dari SmartSeller. Storefront merupakan sebuah fitur yang membantumu membuat web toko online kustom dengan mudah dan cepat. Selain itu, fitur ini juga membantumu terhubung dengan stok penjualan. Sangat penting di masa ini untuk selalu terhubung secara online. Untuk tahu info lebih lanjut mengenai Storefront dan fitur lainnya, kamu bisa mengunjungi SmartSeller!