Tidak dipungkiri lagi, semakin bertambahnya hari, maka teknologi dan tren juga akan semakin berkembang maju. Salah satu dampak dari semakin canggihnya teknologi yaitu tren belanja online, di mana belanja online saat ini sangat mudah untuk dilakukan kapanpun dan di manapun. Oleh karena itu, usaha online shop merupakan salah satu peluang usaha yang sangat menjanjikan saat ini.

Siapapun dapat mendirikan usaha online shop, baik itu pekerja kantoran, pelajar, bahkan ibu rumah tangga sekalipun. Usaha online shop ini juga merupakan salah satu peluang untuk mendapatkan income tambahan, lho! Namun, jika kamu serius menjalaninya hingga usaha online shop yang didirikan semakin berkembang pesat, maka bukan tidak mungkin usaha tersebut akan menjadi income utama.

Selain itu, mendirikan usaha online shop merupakan salah satu cara untuk kamu agar paham dengan kecanggihan teknologi yang ditawarkan saat ini. Jadi, tidak ada salahnya untuk membuka usaha online shop mu sendiri. Pertanyaannya, terutama untuk para pemula, usaha online shop apa yang harus dirintis? Nah, kamu ada di artikel yang tepat! Yuk, scroll sampai bawah agar kamu dapat inspirasi harus mendirikan usaha online shop apa.

Usaha Online Shop

Macam-Macam Ide Usaha Online Shop

Dalam merintis usaha online shop, terutama untuk pemula, kamu bisa mulai dengan menjual hal yang paling kamu minati terlebih dahulu agar dapat menjalankannya dengan lebih enjoy. Setelah dirasa lancar, baru kamu bisa mencoba menjual produk atau jasa yang lain agar usaha bisa lebih berkembang kedepannya.

Hal lain yang perlu diingat, tawarkanlah produk atau jasa yang sekiranya sedang booming saat ini. Selain itu, kamu juga bisa menawarkan produk atau jasa yang sekiranya akan dibutuhkan oleh orang banyak dalam jangka waktu yang panjang. Untuk kamu yang merupakan pemula dalam usaha online shop tapi bingung mau jualan apa, berikut ini beberapa ide yang dapat kamu terapkan.

Baca Juga 
Pilihan Model Baju Koko Pria Terbaru, dari Gaya Kurta sampai Kasual

Usaha Online Shop

1. Usaha Makanan dan Minuman

Ide usaha online shop pertama yang dapat kamu coba adalah usaha makanan dan minuman. Makanan dan minuman adalah hal yang 100% pasti akan dicari oleh semua orang. Terlebih lagi, jika makanan dan minuman tersebut memiliki keunikan tersendiri, seperti rasanya yang enak atau yang belum pernah dibuat pada umumnya. Makanan dan minuman merupakan ide usaha paling dasar yang dapat dilakukan oleh semua orang, terutama untuk pemula.

Kamu bisa mencoba untuk menjual makanan yang diminati oleh banyak orang, seperti makanan ringan (keripik), di mana peminat keripik ini sangatlah banyak. Selain itu, kamu juga bisa menjual aneka frozen food atau makanan yang dapat disimpan dengan jangka waktu yang agak lama.

Untuk ide usaha minuman, kamu bisa menjual berbagai macam minuman buatan rumah yang segar, seperti es cincau, es jelly, dan lain sebagainya. Ide minuman lain yang cukup menjanjikan yaitu dengan menjual infused water atau minuman sehat.

Kamu bisa memulai usaha online shop makanan dan minuman ini dengan budget yang sangat terjangkau. Jika ingin dapat hasil yang maksimal, kamu juga bisa memulainya dengan menjadi reseller atau dropshipper terlebih dahulu. Namun, jangan salah untuk memilih reseller atau dropshipper demi kelancaran usahamu nantinya. 

2. Usaha Pakaian

Ide usaha online shop selanjutnya yang dapat kamu coba yaitu usaha pakaian. Pakaian merupakan salah satu kebutuhan yang masih sangat dicari oleh kebanyakan orang. Sebelum menjual pakaian, kamu harus menentukan terlebih dahulu siapa target pasar yang ingin dituju agar usaha bisa berjalan dengan lebih fokus. 

Baca juga : Cara Import Produk Tokopedia: Memperluas Pasar & Penjualan

Misalnya, target market yang kamu tuju adalah pria dengan ukuran badan yang besar. Kamu bisa menjual pakaian oversize yang dapat mereka gunakan. Menjual pakaian pria oversize merupakan salah satu ide usaha yang banyak, tapi tidak sebanyak pakaian biasa pada umumnya. Padahal, target market dari pakaian oversize ini bisa dibilang cukup besar. 

Baca Juga 
5 Tips Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Melalui CS

Kamu bisa memulai menjual pakaian pria oversize ini dengan menjadi reseller atau dropshipper terlebih dahulu. Hal yang perlu diingat, pastikan kamu memilih toko yang terpercaya, baik dari segi bisnis dan kualitas bahan dari pakaian itu sendiri untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. 

Usaha Online Shop

3. Usaha gadget

Ide usaha online shop selanjutnya yang dapat kamu coba yaitu usaha gadget. Gadget merupakan salah satu kebutuhan primer saat ini karena gadget digunakan di berbagai bidang, terutama untuk bekerja. Untuk memulai usaha gadget, kamu bisa menjadi reseller dan dropshipper terlebih dahulu. Jangan lupa untuk memilih reseller dan dropshipper gadget yang terpercaya agar kamu tidak menjual barang dengan kondisi yang tidak baik.

Tonton juga : #SellerStory Zalona Store : Rahasia Sukses Bisnis Online Fashion Hijab

Selain itu, usahakan kamu juga melek terhadap teknologi yang ada di gadget. Maksudnya, usahakan kamu paham akan product knowledge dari gadget yang akan kamu jual. Hal ini akan sangat membantu dalam meyakinkan calon pelanggan untuk membeli. 

Usaha Online Shop

4. Usaha Keperluan Hewan Peliharaan

Ide usaha online shop yang keempat yaitu dengan menjual keperluan hewan peliharaan. Terlihat sepele, namun nyatanya keperluan hewan peliharaan mempunyai target market yang besar, lho! Di luar sana, banyak orang yang mencari keperluan hewan peliharaan dengan harga yang murah dengan kualitas yang bagus.

Keperluan hewan peliharaan tersebut meliputi makanan, shampo, mainan, tempat makan, dan lain sebagainya. Kamu bisa mulai usaha keperluan hewan peliharaan dengan menjadi reseller atau dropshipper terlebih dahulu. Pilihlah toko yang menjual keperluan hewan dengan kualitas yang baik dan bersih.

5. Usaha Kebutuhan Pokok

Ide usaha online shop terakhir yang dapat kamu coba yaitu dengan menjual kebutuhan pokok. Saat ini, orang banyak mencari kebutuhan pokok dengan harga yang terjangkau. Jika dibandingkan dengan membeli langsung di offline store, kebutuhan pokok yang dijual di online shop harganya jauh lebih murah dengan kualitas yang sama. Jadi, kamu bisa memanfaatkan hal tersebut dengan ikut menjualnya.

Baca Juga 
Cara Mencari Supplier Tangan Pertama untuk Bisnis Online

Baca juga : Cara Analisa Proses Bisnis untuk Efisiensi dan Keberhasilan 

Kamu bisa menjual berbagai macam kebutuhan pokok di online shop. Kebutuhan pokok tersebut meliputi beras, minyak, sabun mandi, sabun cuci baju, dan lain sebagainya. Biasanya, kebanyakan orang mencari kebutuhan pokok dengan kuantitas yang besar agar tidak perlu bolak-balik untuk membelinya. Jadi, kamu juga bisa menawarkan kebutuhan pokok dengan kuantitas yang besar. 

Nah, itu tadi macam-macam ide usaha online shop yang dapat kamu coba. Sebelum itu, jangan lupa untuk melakukan riset terlebih dahulu, kira-kira barang apa yang banyak dibutuhkan saat ini agar kamu bisa mengecilkan target market untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Mulailah dari hal kecil terlebih dahulu, seperti menjadi reseller dan dropshipper

Jika kamu sudah berhasil menjalankan usaha online shop, jangan lupa untuk mengelolanya dengan baik agar usaha dapat berjalan dengan lancar. Salah satu cara agar pengelolaan usaha berjalan dengan lancar yaitu dengan menggunakan SmartSeller.

Di SmartSeller, terdapat fitur order management, di mana fitur ini dapat memudahkan kamu untuk mengelola penjualan di seluruh online shop yang kamu gunakan hanya dalam satu dashboard saja! Jadi, operasional usaha online shop akan jadi lebih efisien nantinya. Selain itu, SmartSeller juga memiliki banyak reseller yang berkualitas! Hal ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin mencoba untuk mengembangkan usaha dengan menjual barang lainnya. Yuk, cobain pakai SmartSeller sekarang juga!