Ingin menjual kerajinan yang mudah dibuat agar dapatkan uang ekstra di tahun 2023, tetapi masih bertanya-tanya jenis kerajinan apa yang cocok dan bisa kamu buat? Kamu juga penasaran kerajinan apa yang bisa menguntungkan?

Kamu bisa mendapatkan jawaban dengan membaca artikel SmartSeller di bawah ini yang memberimu sederetan contoh-contoh kerajinan yang mudah dibuat dan dijual di tahun 2023.

 

1. Bath Bombs

Sejak awal 2015, bath bombs atau bom sabun mandi mulai populer di pasaran. Kepopulerannya terus meningkat hingga hari ini sehingga kerajinan satu ini bisa menjadi salah satu ide jualan yang bisa kamu coba di tahun 2023. 

Apa yang menarik dari bath bombs? Bath bombs terdiri dari bahan-bahan yang murah dan merupakan salah satu kerajinan yang mudah dibuat. Pada umumnya bahan bath bombs yaitu baking soda, garam epsom, pewarna makanan, dan beberapa bahan lain.

 

2. Lilin Aromaterapi

Kerajinan yang mudah dibuat

 

Lilin aromaterpi menjadi salah satu kerajinan yang mudah dibuat dan dijual sepanjang tahun. Meski tidak semua orang membeli lilin aromaterapi untuk diri sendiri, tetapi lilin aromaterapi justru dijadikan hadiah atau kado kepada teman, keluarga, atau kolega.

Kamu juga bisa membuat lilin aromaterapi dengan berbagai kombinasi aroma dalam berbagai ukuran dan bentuk yang berbeda. Bisa juga disesuaikan dengan tema tertentu seperti ulang tahun, peringatan hari besar, atau kustom lilin.

 

3. Sabun Buatan Tangan

Semakin banyak konsumen ingin memasukkan produk pembersih organik yang aman dalam kehidupan sehari-hari mereka. Untuk memanfaatkan momen ini, kamu bisa membuat dan memasarkan sendiri produk organik seperti sabun buatan tangan.

Seperti lilin aromaterapi, orang-orang ingin membuat mereka merasa dimanjakan. Jadi, buat variasi aroma dan pewarna yang sekiranya akan disukai banyak orang. Contohnya, seorang wanita di Amerika Serikat yang membuat sabun dari biji-bijian.

 

4. Perhiasan Resin

Kerajinan yang mudah dibuat

 

Meskipun di Indonesia masih terbilang jarang orang yang menjual perhiasan resin, kamu bisa mencoba salah satu kerajinan yang mudah dibuat ini. Jika membuat perhiasan dari resin dengan desain yang unik nan indah, kamu juga bisa membuat nilai seni tersendiri untuk perhiasan resin.

Baca Juga 
8 Cara Mendapatkan Modal Usaha Untuk Pebisnis Pemula

Kamu bisa juga menawarkan perhiasan berbasis foto yang memungkinkan konsumen untuk membuat foto favorit menjadi perhiasan yang bermakna.

 

5. Serbet Makan atau Handuk Tangan

Untuk orang-orang yang menyukai detail dan dekorasi rumah, serbet atau handuk tangan adalah bagian desain yang penting. Jika kamu memiliki keterampilan menjahit atau mau mempelajarinya, kamu bisa mencoba kerajinan ini.

Dengan bahan yang murah, kamu juga bisa membuat serbet makan dan handuk tangan dengan kreasi khusus hanya dalam beberapa jam. Selanjutnya, kamu bisa menjual segera serbet makan atau handuk tangan kamu secara online. 

 

Baca juga: 4 Peluang Usaha Rumahan Dengan Modal Kecil yang Menjanjikan

 

6. Gantungan Kunci

Gantungan kunci tidak pernah ketinggalan zaman. Walau dahulu gantungan kunci hanya dinilai secara fungsional, kini gantungan kunci biasa menjadi identitas dan pengingat tersendiri bagi pemiliknya. 

Kamu bisa membuat kerajinan yang mudah dibuat ini dari kulit, kanvas, plastik, atau kain. Kamu juga bisa membuat gantungan kunci sesuai minat dan kebiasaan konsumen. 

 

7. Tas Jinjing 

Tahukah kamu bahwa rata-rata orang Indonesia menggunakan hingga ratusan miliar kantong plastik setiap tahun? Karena semakin banyak negara yang berusaha mengurangi penggunaan kantong plastik termasuk Indonesia, tas jinjing kini makin populer dari tahun-tahun sebelumnya dan bisa menjadi kerajinan yang mudah dibuat dan dijual di pasar.

Dari pasar, kedai kopi, hingga swalayan, kini mulai menawarkan tas jinjing khusus yang tidak terbuat dari plastik. Dengan menawarkan desain atau pesan unik pada tas jinjing yang kamu buat, kamu bisa menarik konsumen dan membedakan diri kamu dari pesaing.

 

8. Pajangan Rumah Kustom

 

Kerajinan yang mudah dibuat

Siapa bilang cetakan berbingkai, poster, atau lukisan sudah ketinggalan zaman? Nyatanya, produk barang seni masih bisa menjadi salah satu industri yang kamu masuki. 

Baca Juga 
5 Tips Memulai Endorse Produk Online Shop

Dengan membagikan kreasi unik dan indah atau membua pajangan rumah yang dikustom, kamu bisa membuat konsumen agar mendekorasi rumah mereka dengan barang-barang sesuai keinginan mereka. Cari pajangan rumah kustom apa yang bisa dipasarkan, termasuk kerajinan yang mudah dibuat, dan unik saat ini.

 

9. Mainan Anak

Anak-anak selalu membeli mainan. Bahkan, sebagian orang masih membeli mainan meski usia mereka sudah memasuki usia dewasa.Oleh karena itu, mainan anak bisa menjadi salah satu kerajinan yang mudah dibuat dan dijual di pasaran.

Tidak harus berbekal mesin besar, hanya dengan beberapa kain, cat, bambu, kertas,  atau bahan-bahan lain, kamu sudah bisa menjadi pembuat mainan anak dari berbagai usia.

 

10. Aksesoris Elektronik

Saat melihat orang di sekitar, kamu pasti akan melihat hampir setiap orang memiliki smartphone atau tablet di tangan mereka. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika kamu ingin membuat aksesosis elektronik buatan tangan.

Kamu bisa melukis, menjahit, atau mencetak aksesoris elektronik seperti casing hp atau tempat charger. Coba buat aksesoris yang tidak biasa dan otentik, tetapi tetap pastikan ada pasar atau konsumen yang akan membeli.

 

Tonton video menarik berikut: #SellerStory Haromain Dates : Dari Guru Ngaji Hingga Omset Ratusan Juta Per Hari

 

11. Keramik

Meski tampak membutuhkan mesin yang canggih, nyatanya kamu bisa membuat kerajinan yang mudah dibuat ini dengan membuat keramik sederhana. Tidak perlu peralatan mahal, coba mulai membuat keramik buatan tangan saja.

Dengan menggunakan cat akrilik, glitter, atau cat kuku, kamu bisa mengubah kerajinan tangan keramik menjadi sebuah karya seni. 

 

12. Tatakan Gelas

Kerajinan yang mudah dibuat

Tatakan gelas menjadi salah satu kerajinan yang mudah dibuat. Tatakan gelas bisa dibuat dari berbagai macam bahan seperti kayu, gabus, plastik, kaca, bahkan semen. Kamu juga bisa mendesainnya sesuai berbagai estetika.

Baca Juga 
15 tips praktis untuk meningkatkan penjualan toko online Anda

Guna meningkatkan bisnis tatakan gelas kamu, tambahkan kustom untuk acara-acara khusus seperti ulang tahun, pernikahan, atau pesta perusahaan.

 

13. Kartu Catatan atau Ucapan

Mencari kerajinan yang mudah dibuat, murah, sekaligus menarik? Kamu bisa coba membuat kartu catatan atau ucapan. Tidak perlu keahlian khusus untuk membuat kartu catatan atau ucapan dan kamu bisa mencari contoh-contoh kartu di internet.

Cobalah membuat kaligrafi, perangko, bunga kering, atau cetakan-cetakan sederhana untuk mempercantik kartu catatan atau ucapan yang kamu jual.

 

14. Aksesoris Rambut Bahan Daur Ulang

Aksesoris rambut adalah kerajinan yang mudah dibuat dan juga mudah untuk dijual. Meski kamu kini tidak tahu cara membuat bando, jepitan, atau ikat kepala, ada banyak tutorial online di internet dan beberapa bahkan tidak memerlukan keahlian menjahit.

 

Kamu juga bisa membuat aksesoris rambut yang unik seperti bahan yang terbuat dari daur ulang kain bekas guna menarik konsumen.

15. Karpet dan Tikat Berumbai

Tren kerajinan lain yang mudah dibuat adalah pembuatan karpet dengan metode pengait atau rumbai. Kamu bisa coba membuat dengan tangan alias jarum atau kamu juga bisa menggunakan mesin. 

Cobalah buat karet, tikar, atau seni dinding yang unik berdasrakan desain kamu sendiri. Pembuat karpet dan tikat berumbai ini bisa dapat belasan juta hanya untuk karpet beberapa meter saja.

 

Baca juga: Tidak Butuh Modal Besar, Inilah 10 Ide Bisnis Pemula

 

Tertarik untuk mencoba kerajinan yang mudah dibuat dan menjualnya di tahun 2023? Guna memudahkan kamu untuk memulai bisnis kerajinan, aplikasi SmartSeller menghadirkan fitur Inventory Management. Dengan inventori terpusat, kamu bisa pantau stok yang otomatis ter-update, atur stok semua produk dan varian, hingga notifikasi jika produk jualan kamu mau habis. Yuk, daftar gratis SmartSeller sekarang!