Mencari ide bisnis rumahan untuk bisa dilakukan selama menjadi ibu rumah tangga adalah salah satu hal yang menantang. Alasannya menjadi ibu rumah tangga memiliki banyak fokus yang tidak bisa diabaikan. Terlebih lagi, memulai usaha juga tidak bisa dilakukan tanpa persiapan yang matang. Jadi pasti akan sangat sulit untuk menemukan ide bisnis rumahan yang sesuai dengan masing-masing kondisi ibu rumah tangga.

Tentunya meskipun sulit, ide bisnis rumahan tetap ada bervariasi. Sebagai ibu rumah tangga, kamu bisa memilih mana bisnis yang paling sesuai dengan kesibukanmu dan mana yang sesuai dengan kemampuanmu.

Ide Bisnis Rumahan yang Tidak Perlu Modal Banyak

Ide Bisnis Rumahan

 

Di era digital, ada banyak sekali ide bisnis yang bisa kamu pilih tanpa memerlukan modal yang tinggi. Kamu bisa memanfaatkan smartphone dan jaringan internet untuk memulai usahamu. Berikut ini adalah ide bisnis rumahan yang tidak memerlukan modal banyak.

  1. Afiliasi


    Saat ini hampir seluruh marketplace memiliki program affiliate marketing. Program ini bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan tambahan pemasukan. Kamu hanya perlu membuat konten yang kreatif dan menarik agar banyak yang membeli lewat link afiliasi milikmu. Dengan begini, kamu juga akan mendapatkan lebih banyak penghasilan.

    Tantangan untuk memulai afiliasi sebagai bisnismu adalah kamu perlu kreatif dalam menyampaikan konten dan informasi yang diperlukan. Jadi banyak yang berminat terhadap produk tersebut. Tentunya kamu juga bisa memanfaatkan media sosial untuk hal tersebut. Semakin banyak yang melakukan proses pembelian lewat link yang kamu sebarkan, maka semakin tinggi juga penghasilan yang kamu dapatkan.

  2. Blogging atau Vlogging

    Ide Bisnis Rumahan
    Blog dan Vlog sudah sangat umum saat ini. Pendapatan yang dihasilkan dari blogging sendiri adalah dari adsense. Banyak atau tidaknya adsense yang didapatkan tergantung dari berapa banyak orang yang mengunjungi website atau vlog milikmu. Ini bisa menjadi ide bisnis rumahan yang tidak membutuhkan modal banyak karena saat ini sudah banyak platform yang bisa digunakan.

    Untuk blogging kamu bisa menggunakan blogspot, wordpress, dan tumblr yang bisa digunakan secara gratis. Cara menggunakannya juga sangat mudah jadi kamu tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk menyewa jasa profesional dan memakan biaya banyak. Begitu juga dengan vlogging. Youtube bisa kamu gunakan dengan mudah untuk kebutuhan vlogging. Apalagi aplikasi edit video banyak yang gratis dan bisa diakses lewat smartphone. Jadi tidak perlu memerlukan modal lebih untuk memulai.

  3. Dropship


    Dropship juga cukup populer menjadi ide bisnis. Memulai usaha dropship tidak memerlukan banyak biaya. Kamu hanya perlu menyiapkan smartphone dan koneksi internet. Pastikan kamu rajin mempromosikan produk yang kamu jual agar penjualan semakin laris. Jadi usaha dropship milikmu akan lebih banyak untung.

    Tantangan usaha dropship adalah menemukan supplier yang tepat. Kamu mungkin akan dihadapkan dengan beberapa supplier yang tidak sesuai dengan harapanmu. Jadi pastikan kamu terus mencari mana supplier yang tepat agar usaha dropship bisa semakin lancar. Selanjutnya, dropship adalah ide bisnis yang cukup mudah dilakukan karena kamu tidak perlu melakukan pengemasan barang dan pengiriman.

 

Baca Juga: Tips Membuat Packaging yang Eco Friendly

 

Ide Bisnis Rumahan yang Tidak Perlu Tempat Luas

Ide Bisnis Rumahan

Selanjutnya kamu bisa memilih mana ide bisnis untuk rumah tangga berikut ini yang paling pas. Ide berikut adalah bisnis yang tidak memerlukan tempat luas sehingga bisa dilaksanakan di rumah dengan mudah sambil melakukan aktivitas lainnya. 

  1. Ghost Kitchen


    Berbeda dengan membuka kedai makan, memulai ghost kitchen tidak memerlukan tempat yang luas. Kamu cukup memulai usahamu dan mendaftarkannya di aplikasi pemesanan makanan secara online. Jenis usaha ini akan sangat cocok untuk kamu yang memiliki hobi memasak. Kamu bisa menyesuaikan jenis makanan apa yang akan kamu jual.

    Tantangan dari ghost kitchen adalah menjaga kualitas makanan agar tetap sama. Rasa adalah salah satu alasan pelanggan tetap suka dengan produkmu. Jadi pastikan kamu menjaga kualitas makanan atau minuman yang kamu jual. Selain itu pengemasan juga menjadi salah satu poin penting untuk usaha ghost kitchen. Pengemasan menarik dan terjaga akan membuat pelanggan lebih percaya dengan usahamu.

  2. Guru Les


    Menjadi guru les juga merupakan salah satu ide bisnis yang bisa kamu lakukan di rumah. Kamu bisa mulai dengan mengajar anak-anak di area sekitar rumahmu. Cara ini bisa dilakukan tanpa memerlukan tempat yang luas. Selain itu waktu yang diperlukan juga cukup fleksibel. Kamu bisa mengatur jam mengajar murid sesuai dengan waktu luang yang kamu miliki.

    Tantangan menjadi guru les adalah kamu perlu menyesuaikan dengan murid yang kamu ajari. Karena tidak semua murid memiliki karakteristik yang sama. Jadi paling tidak kamu juga perlu mengamati kondisi anak dan mengikuti bagaimana anak nyaman dalam belajar.

  3. Live Streaming


    Salah satu profesi yang belakangan semakin banyak diminati adalah menjadi live streamer. Profesi ini semakin naik dengan makin banyaknya pengguna media sosial untuk live. Dari live tersebut kamu juga bisa mendapatkan banyak pendapatan. Semakin banyak penonton yang ada dalam live tersebut maka semakin besar potensi pendapatan yang akan kamu dapatkan.

    Kamu bisa memulai Live di media sosial yang saat ini banyak digunakan. Misalnya seperti TikTok dan Youtube. Jadi kamu bisa menarik lebih banyak penonton yang tertarik kontenmu. Lalu, pastikan juga kamu menggunakan penerangan yang cukup agar video Live milikmu bisa terlihat jelas.

 

Baca Juga: Mengenal Buku Stok Barang dalam Bisnis

Ide Bisnis Rumahan yang Tidak Memakan Waktu

Ide Bisnis Rumahan

 

Kendala terbesar untuk ibu rumah tangga yang akan memulai bisnis rumahan adalah manajemen waktu. Ada banyak sekali kewajiban yang perlu dilakukan saat memulai usaha dan menjadi ibu rumah tangga. Berikut ini adalah beberapa ide bisnis rumahan yang tidak memakan waktu. 

  1. Konten Kreator


    Menjadi konten kreator tidak memerlukan waktu yang banyak seperti memulai jenis usaha lain. Kamu hanya perlu meluangkan waktu secukupnya untuk memproses konten, desain konten, lalu memposting konten tersebut. Konten yang bisa kamu buat juga tergantung dengan apa yang kamu sukai. Bisa seputar aktivitas sehari-hari atau yang lebih spesifik seperti tentang memasak atau makeup.

    Menjadi konten kreator juga merupakan ide bisnis rumahan yang tidak memerlukan biaya yang cukup banyak. Saat ini smartphone sudah dilengkapi dengan kamera yang tajam dan fitur editor yang bisa diunduh secara gratis. Kamu bisa memanfaatkan smartphone untuk membuat konten yang kamu suka.

  2. Freelance


    Bekerja secara freelance juga tidak memerlukan banyak waktu selama kamu bisa mengatur waktu kerja. Freelance adalah ide bisnis rumahan yang juga banyak dilakukan oleh ibu rumah tangga. Terutama untuk ibu rumah tangga yang sebelumnya bekerja. Mereka memanfaatkan keahlian mereka untuk membuka jasa freelance dan mendapatkan penghasilan tambahan.

 

Setelah mengetahui macam-macam ide bisnis rumahan di atas, kamu bisa memilih mana yang sekiranya cocok untuk aktivitas dan kesibukanmu. Jangan lupa untuk memanfaatkan fitur inventory pusat dari SmartSeller untuk membantumu mengelola inventory usahamu. Fitur lengkap SmartSeller bisa memudahkan proses jualanmu. Yuk langsung cek SmartSeller sekarang!

 

Baca Juga 
Contoh Hasta Karya Yang Bisa Jadi Bisnis Sampingan