Sebelum memulai usaha pet shop, tentunya kamu perlu mencari mana distributor pet shop yang tepat untuk usahamu terlebih dahulu. Tanpa adanya distributor pet shop, usaha pet shop tidak bisa berjalan dengan baik. Kamu akan kesulitan membuat stok barang dan memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan.

Ada banyak lika-liku memulai usaha pet shop, menemukan distributor pet shop yang tepat adalah salah satunya. Jangan sampai kamu menemukan distributor yang tidak kompeten sehingga semua modal milikmu terbuang sia-sia. Artikel berikut ini akan membahas seputar tips menemukan distributor pet shop yang tepat agar kamu tidak rugi dan bisa memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan.

Memahami Saluran Distribusi Pet Shop

Distributor Pet Shop

Setiap industri pasti memiliki saluran distribusi masing-masing. Terdapat 4 saluran distribusi yang perlu kamu ketahui. Pertama adalah manufaktur yang merupakan perusahaan yang memproduksi barang secara langsung. Kedua adalah importir atau distributor eksklusif yang menjual barang secara eksklusif juga. Ketiga adalah distributor regional yang menjual produk di wilayah tertentu. Keempat adalah pemborong yang membeli barang dari distributor dan mengirimnya ke toko-toko kecil.

Cara yang mudah untuk menemukan distributor pet shop adalah dengan mencari pemborong tersebut. Ketika kamu baru memulai usaha, biasanya kamu akan membeli dalam jumlah kecil terlebih dahulu. Kemudian ketika usahamu menjadi berkembang, kamu akan membeli dalam jumlah yang lebih besar.

Kamu bisa mencoba untuk secara langsung menghubungi manufaktur yang ada. Jika kamu memutuskan untuk bekerja sama dengan manufaktur secara langsung sebagai distributor pet shop, kamu perlu menyiapkan dana lebih karena biasanya manufaktur menerima pembelian dalam jumlah besar.

Memulai usaha pet shop dari pemborong adalah cara yang mudah. Alasannya adalah karena kamu bisa membeli dalam jumlah kecil terlebih dahulu. Selanjutnya kamu bisa menaikkan usahamu dan mencari distributor eksklusif yang bisa memberikan harga yang lebih murah dibandingkan harga pemborong.

Baca Juga: Contoh Pembukuan Sederhana dan Aplikasinya

Menghubungi Manufaktur Secara Langsung

Tidak jarang manufaktur produk pet shop juga membuka kerjasama secara langsung. Kamu bisa menjadikan kesempatan ini untuk mendapatkan distributor pet shop yang terpercaya. Cara ini akan sangat bermanfaat jika kamu menjual produk pet shop yang bermerk. Pelanggan yang membeli tidak akan ragu dengan keaslian produk dan lebih percaya untuk membeli dari usahamu.

Manfaat lain bekerjasama secara langsung dengan manufaktur adalah kamu bisa meminta produk contoh untuk mempelajari kualitas produk dan memeriksa apakah produk memang berkualitas untuk dijual. Contoh produk yang sangat cocok untuk dibeli secara langsung dari manufaktur adalah barang elektronik untuk hewan seperti termometer hewan, alat minum dan makan otomatis, dan lainnya.

Memiliki Komunikasi yang Aktif

Beberapa perusahaan tidak langsung menjual produknya kepada toko yang kecil. Kamu bisa menggunakan importir atau distributor eksklusif untuk distributor pet shop milikmu. Cara ini adalah yang yang paling mudah dilakukan jika kamu ingin menjual produk tertentu yang belum memiliki manufaktur di Indonesia.

Tentunya agar kerjasama tersebut lancar, kamu perlu memiliki komunikasi yang aktif dengan pihak tersebut. Tanyakan kejelasan bagaimana proses kerjasama dan juga apa saja yang bisa didapatkan dari kerja sama tersebut.

Beberapa hal yang perlu kamu tanyakan secara langsung dan jelas kepada distributor tersebut adalah berapa minimal pemesanan untuk barang tersebut, berapa harga satuan untuk pembelian secara grosir, serta area mana yang mereka suplai. Pertanyaan tersebut perlu ditanyakan untuk mengetahui mereka bisa menjadi distributor usaha milikmu atau tidak.

Cari dengan Spesifik

Distributor Pet Shop

Saat mencari distributor pet shop, kamu perlu mencari dengan spesifik. Misalnya jika kamu mencari distributor yang khusus menyediakan makanan hewan. Maka kamu juga perlu mencari distributor khusus yang memiliki banyak pilihan makanan hewan. Mencari pada tempatnya secara spesifik adalah kunci menemukan distributor usaha yang tepat.

Ada baiknya kamu mencari banyak pilihan distributor usaha yang lainnya juga. Ketika memiliki banyak saluran distributor untuk usahamu, kamu akan bisa membandingkan harga dengan lebih baik di antara mereka. Kamu juga bisa mengetahui mana distributor pet shop yang menjual barang dengan harga jauh lebih murah dibandingkan yang lainnya.

Cari di Marketplace B2B

Cara yang juga bisa kamu lakukan untuk menemukan distributor pet shop yang tepat adalah dengan mencari di marketplace B2B. dalam marketplace B2B, kamu akan menemukan banyak pilihan distributor untuk usahamu yang menawarkan harga dengan sangat terjangkau untuk minimal pembelian tertentu. Selain itu tiap distributor juga bisa menawarkan minimal order yang sedikit. Kamu bisa menghemat biaya untuk memulai usaha pet shop milikmu.

Bergabung dengan Forum

Distributor Pet Shop
Selain menggunakan cara di atas untuk menemukan distributor pet shop, kamu juga bisa bergabung dengan forum dan organisasi juga. Berpartisipasi di forum baik secara online maupun offline bisa sangat membantu proses usahamu. Karena sebagian besar pemborong tidak mau membagikan secara detail informasi distributor atau kompetitor mereka. Menginvestasikan waktumu untuk aktif dalam forum bisa menjadi cara mudah untuk membangun network dan menemukan distributor usaha yang lebih baik.

Baca Juga: Aplikasi Catatan Keuangan Gratis untuk Usaha Kecil

Menghadiri Event

Cara lain yang bisa digunakan untuk menemukan distributor pet shop adalah dengan menghadiri acara yang berhubungan dengan pet shop, hewan, dan sebagainya. Dalam acara tersebut kamu bisa menambah network untuk distributor usahamu yang akan kamu buat.

Acara juga bisa menjadi salah satu cara memasarkan produk-produk yang kamu jual. Jika kamu memiliki produk unik, kamu bisa menjual produk tersebut selama acara. Jangan lupa untuk mempromosikan produkmu dengan baik selama acara agar penjualanmu juga semakin meningkat.

Terus Belajar

Distributor Pet Shop

Tidak perlu takut berbuat kesalahan. Distributor pet shop pertama yang bekerja denganmu mungkin bukanlah distributor yang akan bekerja dalam waktu yang lama bersamamu. Hal ini wajar terjadi karena saat membangun suatu usaha kamu akan bertemu banyak pilihan distributor usaha yang lebih baik dan lebih menguntungkan.

Pastikan kamu membuat perencanaan usaha yang tepat dan tidak tergesa-gesa dalam mengambil keputusan saat memilih distributor pet shop. Perlu diingat juga bahwa ketika kamu memulai usaha pet shop, yang perlu kamu harapkan dari distributor pet shop pertamamu adalah produk yang bisa kamu jual dan tetap mendapatkan untung. Mungkin harga beli yang kamu dapatkan bukan harga yang murah, tapi harga tersebut akan semakin baik ketika pet shop milikmu sudah mulai berkembang dan semakin besar. Dengan demikian, kamu bisa menemukan distributor pet shop yang memberikan harga lebih baik lagi.=

Tips menemukan distributor pet shop diatas bisa kamu pertimbangkan sebelum kamu memulai usaha pet shop. Persiapan usaha adalah hal terbaik yang bisa kamu lakukan sebelum memulai usaha. Salah satunya adalah dengan mempersiapkan cara pengelolaan usahamu. Untuk itu kamu bisa menggunakan SmartSeller sebagai platform yang membantu proses jualanmu. Mulai dari mengelola pesanan hingga stok barang, semua bisa di SmartSeller.