Memanfaatkan sosial media merupakan langkah praktis untuk mempromosikan dan menjual produk Anda. Anda tidak perlu bersusah payah mencari jasa pembuatan website untuk toko online. Cukup dengan memiliki email, Anda sudah bisa mendaftar di berbagai sosial media secara gratis alias tanpa dipungut biaya sepersen pun. Salah satu sosial media yang bisa Anda manfaatkan adalah Instagram.

Mengapa Instagram?

Dilansir dari laman Dailysocial.id, pada tanggal 26 Juli 2017 lalu tercatat pengguna aktif Instagram mencapai 45 juta pengguna per bulan, sehingga Indonesia menjadi komunitas Instagram terbesar di Asia Pasifik. Jumlah ini meningkat hampir 100 persen dibandingkan tahun 2016 dengan 22 juta pengguna. Jumlah pengguna Instagram di Indonesia yang cukup besar membuat banyak brand melakukan promosi melalui platform tersebut.

Lantas, bagaimana caranya agar akun Anda dilirik oleh jutaan pengguna Instagram? Simak ulasannya berikut ini.

Apa yang menjadi fokus Anda?

90 persen pengguna Instagram tertarik pada sebuah akun berdasarkan konten yang telah diposting di akun tersebut. Unsur rapi, indah, menarik, dan keunikan konten merupakan hal yang penting jika Anda ingin menarik follower. Anda adalah merek Anda, dan akun Anda harus berfokus pada hal tersebut.

Posting secara Teratur

Jika Anda ingin membangun akun dengan pengikut paling banyak di Instagram, penting juga untuk mengirim konten yang menarik secara teratur.

Merek besar seperti Starbucks sangat bagus dalam memberikan konten baru setiap hari, atau bahkan beberapa kali dalam sehari, namun bisnis kecil pun dapat mengelola posting beberapa kali dalam seminggu dengan strategi Instagram yang kreatif.

Anda tidak perlu menghabiskan budget yang besar untuk menciptakan konten Instagram yang mantap. Cukup dengan smartphone Anda dan teknik pengambilan gambar yang tepat, sebuah foto yang indah dan menarik dapat Anda dapatkan.

Manfaatkan Hashtag dengan Baik

Manfaatkan hashtag dengan baik dan menggunakannya dengan cerdas, bukan membumbui setiap posting dengan banyak hashtag yang terkadang tidak sesuai dengan foto yang diposting.

Hashtag Anda harus relevan dan menarik. Gunakan kata-kata yang berbeda dan melakukan pencarian untuk melihat apa yang disarankan Instagram untuk hashtag dengan volume yang lebih tinggi.

Komposisi itu Penting

Kamera smartphone telah meningkat pesat dalam beberapa tahun terakhir, sehingga tidak ada alasan lagi kesulitan dalam mengambil foto yang bagus. Feed Instagram rata-rata penuh dengan visual yang menakjubkan dan sangat menarik. Dengan ini, jika Anda tidak meluangkan waktu untuk memperbaiki konten Anda, kemungkinan besar Anda akan terlewatkan.

Anda dapat mempelajari feed instagram beberapa merek besar seperti H & M dan perhatikan usaha yang mereka masukkan ke dalam komposisi.

Anda tidak perlu menjadi fotografer pro dalam semalam, tapi Anda bisa memastikan gambar Anda memiliki struktur, garis lurus, warna yang kontras, dan memanfaatkan ruang di dalam foto dengan baik.

Gunakan Editor Foto yang Bagus

Karena kualitas dan filter Instagram cukup terbatas, Anda dapat menggunakan aplikasi pengeditan foto seperti Snapseed atau Afterlight untuk membantu Anda membuat foto yang menarik.

Think Outside the Box

Promosi di media Instagram memang cenderung hard-selling, dengan mem-posting foto produk setiap hari. Namun jika hal ini yang Anda lakukan, maka Anda akan kehilangan kesempatan untuk menghasilkan engagement.

Buatlah variasi postingan di akun Instagram Anda dengan gambar yang relevan dengan tema yang menjadi fokus Anda, selain produk Anda sendiri. Anda juga bisa me-regram testimoni dari customer yang telah menggunakan produk Anda.

Salah satu akun yang bisa dijadikan contoh adalah Sephora. Mereka tidak hanya memiliki gambar produk, tapi juga memposting sketsa pensil, video live chat, kutipan meme, dan banyak lagi.

Buat Interaksi

Berinteraksi dengan orang lain adalah salah satu cara terbaik untuk membangun followers Anda.

Cari topik yang relevan dengan bisnis Anda dan menyukai foto yang diposkan orang lain. Jangan mengandalkan konten Anda sendiri untuk menarik orang baru, namun jadilah bagian dari percakapan yang lebih besar yang terjadi di seputar hal-hal yang penting bagi Anda.

Jika Anda ingin mendapatkan followers terbanyak di Instagram, Anda perlu berkomentar dan menyukai postingan orang lain sehingga mereka menyadari bahwa Anda adalah seorang yang menguasai di bidang tersebut.

 

 

Source : Social Media Today