Banyak contoh produk inovatif yang bisa kamu temukan di pasaran. Contoh produk inovatif yang pernah ada seperti botol air yang pipih cukup laku di pasaran. Hal itu karena manusia menyukai hal baru yang jarang terlihat sebelumnya. Apalagi jika inovasi tersebut juga mempunyai fungsi yang baik dan bukan semata-mata unik saja. 

Inovasi adalah salah satu hal penting pada suatu produk karena terkadang kualitas saja tidak cukup. Namun tentu kamu harus mengutamakan kualitas agar produk yang dijual juga bukan produk asal jadi atau sembarangan. Dengan memberikan inovasi pada produk yang kamu jual, calon pelanggan potensial akan lebih tertarik untuk membeli produk yang kamu jual dibanding produk kompetitor dengan kualitas yang sama namun tidak ada inovasi.

Manusia semakin bertambah jumlahnya di dunia, hal itu berarti saingan juga semakin bertambah. Pada pasar apapun dan pekerjaan apapun tentu kamu akan menemui saingan. Karena itu, tak ada salahnya menjadi sedikit berbeda. Apalagi dalam bisnis online yang persaingannya sangat ketat. Kamu butuh sedikit perbedaan yang bisa kamu sulap menjadi kelebihan kamu. Dengan begitu, kamu akan mempunyai nilai plus.

Baca Juga: Ketahui Pengertian Peluang Usaha dan Contoh-Contohnya

Selain itu, kamu juga bisa melakukan trial & error pada inovasi suatu produk yang ingin kamu jual. Tentu nantinya kamu akan belajar dari kesalahan-kesalahan tersebut dan akan menemukan formula terbaik yang akhirnya bisa kamu jual. Karena itu, jangan pernah takut untuk selalu mencoba membuat hal baru. Kamu tidak akan pernah tahu apakah suatu saat ternyata inovasi tersebut berguna dan disenangi oleh para pembeli-pembeli, seperti di marketplace misalnya.

Inovasi juga penting bukan hanya untuk barang aja. Inovasi di sebuah sistem aturan juga bisa jadi hal baru yang menyegarkan. Karena itu, kita semakin sering melihat terobosan dibuat oleh para perusahaan-perusahaan besar. Tapi semakin banyak juga produk-produk sederhana yang inovatif karena seperti yang disebutkan sebelumnya, inovasi membuat produk akan lebih dilirik orang. Berikut adalah beberapa contoh produk inovatif yang bisa diminati pembeli:

Peremas Pasta Gigi

Contoh Produk InovatifSalah satu contoh produk inovatif adalah peremas pasta gigi. Di rumah tangga manapun, seringkali terjadi kasus di mana pasta gigi tidak habis sepenuhnya. Hal itu biasa terjadi. Tapi untuk anak kos, pasta gigi sangat berarti. Akan sangat membantu jika ia tidak harus membeli pasta gigi karena akan lebih baik untuk mengeluarkan biaya yang lain. Oleh karena itu, adanya peremas pasta gigi membuat kamu bisa menggunakan pasta gigi hingga habis. Kamu juga nggak perlu repot-repot gunting pasta gigi.

Tempat Lilin Isi Ulang

Bingung ya mendengarnya? Salah satu contoh produk inovatif yang berguna adalah tempat lilin isi ulang. Pada tempat tersebut kamu bisa meletakkan lilin yang dinyalakan dan ketika lilin tersebut habis, ia akan cair ke tempat yang sama sehingga kamu bisa menggunakannya lagi. Dengan begitu, kamu jadi lebih hemat!

Pengupas telur

Salah satu contoh produk inovatif yang bisa digunakan sehari-hari adalah pengupas telur. Kalau kamu penggila telur rebus atau kamu jualan telur gulai atau balado, kamu bisa banget pakai produk ini. Kamu nggak perlu lagi mecahin ujungnya terus dikupas pelan-pelan. Ini berguna untuk kamu yang jualan. Karena kalau kupas 1 atau 2 buah mungkin nggak akan terasa. Tapi kalau kamu mesti menghidangkan sampai puluhan bahkan ratusan? Nah produk ini bakal nolong kamu buat ngupas telur rebus.

Baca Juga: Berikut Ini Sikap Wirausaha yang Penting untuk Dimiliki!

Sarung Tangan Spons

Salah satu pekerjaan rumah tangga yang sering dilakukan adalah mencuci piring. Dari situ, kamu bisa memikirkan contoh produk inovatif. Contohnya sarung tangan spons. Karena banyak juga yang karena sabun cuci piring, tangannya menjadi iritasi. Untuk itu, ia harus memakai sarung tangan. Dari situ, kamu bisa mengkombinasikannya dengan spons. Dengan begitu, tidak perlu repot untuk memakai sarung tangan karet dan memegang spons untuk mencuci piring. Produk seperti ini akan ramai digunakan oleh ibu rumah tangga yang sering kebagian tugas untuk mencuci piring.

Kotak Masker

Contoh Produk Inovatif

Di masa pandemi yang terjadi belakangan, masyarakat semakin akrab dengan masker. Bagaimana tidak, hingga saat ini masker masih harus tetap digunakan di dalam ruangan menurut anjuran pemerintah. Karena itu masih banyak juga yang menggunakan tali masker. Namun, ketika dilepas kamu pasti bingung meletakkannya di mana. Dengan itu, kamu bisa membuat contoh produk inovatif seperti kotak masker. Beberapa masyarakat menggantungnya dengan tali masker atau justru memasukkan ke tas. Tapi kedua hal tersebut belum tentu higienis. Oleh karena itu, kotak masker bisa jadi solusinya. Kotak masker ini juga sebaiknya berbahan dasar plastik.

Stop Kontak Putar

Biasanya stopkontak hanya berbentuk kotak ataupun bulat dan ketika kamu mencolok sesuatu dengan kepala besar akan berbenturan karena terlalu rapat. Hal tersebut bisa dihindari dengan contoh produk inovatif stop kontak putar. Tiap terminalnya bisa kamu putar ke arah 360 derajat ke arah yang berbeda sehingga tidak akan bersinggungan. Hal tersebut akan berguna untuk mereka yang sering memakai kontak setiap hari.

Gelas Pengaduk Otomatis

Contoh Produk Inovatif

Apakah kamu termasuk seseorang yang suka menikmati kopi atau teh di gelas? Kalau iya, kamu bakal cocok memakai contoh produk inovatif seperti gelas pengaduk otomatis. Biasanya pasti kamu menggunakan gula untuk kopi dan teh, bukan? Gelas pengaduk sendiri ini cukup kamu tekan dengan pengaduk. Gelas yang bertenaga baterai akan membantu kamu mengaduk minuman tanpa perlu repot dan membuat sendok jadi tidak perlu dicuci.

Setrika Mini

Banyak orang yang sibuk bepergian, baik itu karena traveling maupun karena perjalanan dinas dari kantor. Orang-orang seperti itu, akan cocok membutuhkan contoh produk inovatif yang mini dan dapat dibawa ke mana saja seperti setrika mini. Dengan setrika mini, kamu tidak perlu repot-repot membawa setrika besar di koper yang tentunya akan memakan tempat.

Belum lagi kalau tiba-tiba baju kamu kusut sementara kamu harus menghadiri meeting dengan seseorang yang penting. Tentu kamu nggak mau terlihat tidak rapi dan profesional. Kamu dapat menggunakan setrika mini agar baju yang kamu gunakan tidak kusut dan bajunya akan terlihat seperti baru.

Celengan DigitalContoh Produk Inovatif

Hemat pangkal kaya. Peribahasa ini cocok banget buat kamu yang gemar menabung. Begitu pula untuk contoh produk inovatif seperti celengan digital. Beberapa orang masih suka menabung secara fisik di rumah menggunakan celengan. Tapi terkadang, tentu kamu bakal lupa sudah berapa banyak yang kamu tabung. Dengan celengan digital, kamu bisa mengetahui berapa uang yang sudah kamu tabung di celengan tersebut tanpa harus membukanya terlebih dahulu.

Demikian penjelasan singkat mengenai pentingnya inovasi serta contoh produk inovatif yang mungkin akan disukai masyarakat. Tapi inovasi banyak macamnya, nggak harus selalu hi-tech atau megah. Kamu juga bisa ngasih inovasi seperti varian baru pada makanan. Yang paling penting tetap kualitasnya, juga cara kamu memasarkan. Kamu bisa memasarkan di web jualan online milik SmartSeller! Caranya mudah dan terhubung ke banyak channel jualan. Tunggu apalagi, langsung aja pakai SmartSeller!