Model baju anak perempuan sangat beragam dan semakin bervariasi. Warna-warna cerah atau pastel dengan motif yang cantik dan lucu selalu jadi ciri khasnya. Hanya dengan melihatnya, banyak orang dewasa yang ikut gemas dan senang sehingga ingin segera membelinya.

Banyak pasangan menginginkan anak perempuan, salah satunya karena pilihan baju mereka lebih bermacam-macam dan menggemaskan. Membeli baju baru untuk anak perempuan bisa jadi semacam hiburan tersendiri bagi sebagian besar orang tua. Untuk beberapa saat, orang tua sering kali jadi fashion stylist yang bertanggung jawab mendandani gadis cilik.

Namun, saking banyaknya pilihan, kadang banyak orang yang bingung saat harus memilih baju mana yang pas untuk anak mereka. Bahkan, bukan hanya orang tua yang harus mengetahui model baju anak perempuan yang nyaman bagi anak-anak. Para online seller pun mesti pintar-pintar memilih baju yang cocok untuk dijual kepada konsumen.

Tips memilih baju anak perempuan untuk jualan

Tidak hanya asal lucu dan cantik, membeli baju anak, baik untuk anak perempuan atau laki-laki, tidak bisa sembarangan. Ada beberapa faktor penting lain yang biasanya menjadi perhatian konsumen saat akan membeli baju untuk anak, di antaranya adalah:

1. Bahan yang nyaman

Bahan yang nyaman adalah poin terpenting yang harus dipertimbangkan saat memilih baju untuk anak perempuan. Bahan yang nyaman berarti lembut, terbuat dari serat kain yang aman untuk kulit anak yang rata-rata masih sangat sensitif; tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis. Selain itu, bahan yang nyaman juga harus menyerap keringat, mengingat anak-anak cenderung aktif dan banyak bergerak.

Jika kamu mau menjual baju anak secara online, perhatikan spesifikasi bahannya. Pastikan baju tersebut berbahan katun, denim yang ringan, kain viscose, poplin, atau shantung. Bahan-bahan tersebut terkenal nyaman dan umum dipakai untuk membuat baju anak-anak.

2. Hindari menjual baju dengan aksen yang berlebihan

Baju untuk anak-anak sering kali dianggap semakin lucu ketika aksennya semakin ramai. Bunga-bunga, warna yang terang, serta ornamen lain yang sebenarnya berlebihan dan tidak perlu. Tips selanjutnya dalam menjual baju anak perempuan adalah hindari menjual pakaian-pakaian dengan aksen yang terlalu banyak.

Saat ini, banyak orang tua yang lebih memilih baju yang sederhana ketimbang baju anak dengan banyak manik-manik atau renda pada gaun. Aksen tersebut tentu saja mempercantik sebuah gaun, tapi jika berlebihan, kenyamanan anak dapat terganggu. 

Manik-manik yang tidak dipasang dengan benar bisa menggores kulitnya atau kulit orang lain secara tidak sengaja. Begitu pula renda yang bisa membuat kulit anak gatal-gatal kalau bahannya terlalu kasar. Jadi, pilih bahan baju anak perempuan yang sederhana, tapi tetap enak dipandang.

3. Pilih baju yang mudah dilepas dan dipakai

Selain menjadikan pakaian sebagai pelindung dan mempercantik anak perempuan, pakaian juga bisa menjadi salah satu media belajar bagi anak. Oleh karena itu, banyak orang tua yang memilih model baju anak perempuan yang mudah dilepas dan dipasang sehingga anak bisa belajar caranya memakai dan melepas pakaiannya sendiri. 

4. Ukuran yang tepat

Baju dengan ukuran yang pas tentu akan lebih nyaman daripada baju yang kekecilan atau terlalu longgar. Oleh karena itu, pastikan kamu menjual aneka baju perempuan dengan berbagai ukuran. Jika tidak, pelanggan bisa beralih ke toko kompetitor karena kamu hanya menjual beberapa ukuran saja.

5. Sesuaikan dengan cuaca

Sebagai masyarakat yang tinggal di Indonesia, yang hanya mengenal musim hujan dan panas, kita sebenarnya dimudahkan karena tidak perlu menyiapkan baju untuk berbagai musim. Cukup baju hangat untuk musim penghujan dan baju yang cenderung berbahan tipis sekaligus menyerap keringat untuk musim panas. 

Kebutuhan untuk menyesuaikan baju anak dengan cuaca ini bisa jadi peluang yang baik untuk menjual kedua jenis pakaian tersebut. Alih-alih hanya menjual satu jenis baju, sediakan juga jenis baju lainnya sebagai alternatif bagi para pembeli.

Macam-macam model baju anak perempuan

Setelah mendapatkan beberapa tips sederhana dan umum dalam memilih baju anak untuk jualan, perhatikan jua model baju seperti apa yang biasa dibeli oleh para orang tua untuk anak perempuan mereka. Berikut ini beberapa model-model busana untuk anak perempuan yang bisa dijadikan inspirasi untuk berjualan online.

1. Dress/Gaun

Dress atau gaun identik dengan busana wanita dewasa yang dikenakan untuk pergi ke acara-acara formal. Beruntungnya, gaun juga tersedia untuk gadis cilik. Meski akan sama-sama cantik ketika dikenakan, detail dan model gaun yang cocok untuk usia masing-masing tentu berbeda. 

Ketika gaun untuk wanita dewasa menonjolkan sisi elegan dan mahal, gaun bagi anak-anak cenderung tampil manis dan cute dengan segala detailnya. Model ini bisa jadi produk yang tepat untuk kamu jual. Sebelum menjualnya, ketahui dulu jenis-jenis dress atau gaun berikut ini.

a. Baby doll

Dress dengan potongan baby doll adalah yang paling menggemaskan dari daftar ini. Sesuai namanya, gaun baby doll akan membuat anak perempuan terlihat seperti boneka. Gaun dengan model baby doll khas dengan potongan rok yang lebar. Ia juga cantik dengan detail-detail berupa bunga di bagian pinggang, aksen menggembung di lengan atau disebut dengan lengan balon.

b. Denim dress

Model baju anak perempuan jenis dress lainnya adalah gaun kasual yang terbuat dari bahan denim. Bahan denim cenderung dingin dan lembut sehingga cocok untuk anak-anak. Selain itu, baju berbahan denim juga akan membuat anak perempuan kelihatan cantik sekaligus tampil santai. Pakaian ini biasa dipakai untuk harian atau pesta ulang tahun teman yang tidak terlalu formal. 

c. Tutu dress

Jika kamu pernah lihat penari-penari balet beraksi, mereka biasanya tampil mengenakan dress tutu atau rok tutu yang lucu dan cantik. Sekarang ini, rok tutu dalam bentuk rok atau gaun menjadi salah satu model baju yang biasa dipilihkan orang tua untuk anak perempuan mereka.

2. Overall

Model baju anak perempuan satu ini dikenal luas oleh masyarakat dengan nama baju kodok. Baju jenis ini identik dengan laki-laki dan perempuan, apalagi jika warna atau motif dan aksesnya cukup lucu. Meskipun baju overall cukup menyulitkan saat dipakai dan dilepas, model ini masih sangat diminati oleh para orang tua yang memiliki anak perempuan.

3. Outer/cardigan

Model busana anak terus berkembang sehingga sekarang ini banyak baju anak yang terinspirasi dari pakaian orang dewasa. Salah satunya adalah cardigan atau outer. Baju luaran untuk anak-anak ini akan menyulap penampilan anak perempuan jadi lebih cantik.

4. Piyama motif lucu

Piyama anak-anak boleh jadi merupakan baju yang paling nyaman untuk anak-anak. Bahan yang dipakai sudah pasti terasa kelembutannya. Anak-anak bisa langsung betah saat memakainya. Ditambah motif yang lucu seperti floral print, motif buah-buahan, dan tokoh kartun idola.

5. Baju muslim

Inspirasi model baju anak perempuan ini biasanya mulai ramai dipasarkan menjelang puasa atau lebaran. Aneka model baru terus diciptakan dan diminati pembeli hingga menciptakan tren tersendiri. Baju muslim anak-anak identik dengan rok panjang, lengan panjang, dan aneka aksen. 

Bicara tentang model baju anak perempuan yang bermacam-macam membuat optimis bahwa dunia mode sangat berkembang. Inovasi akan terus dilakukan dengan bersumber pada berbagai inspirasi. Imbasnya, bisnis jual-beli pakaian anak perempuan juga akan membaik.