Buat orang yang baru pertama kali terjun ke dunia bisnis, pastinya akan kebingungan dengan langkah awal memulai usaha yang harus dilakukan. Dalam membangun usaha, hal yang perlu dipersiapkan tidak hanya modal saja, tetapi ada banyak langkah yang harus dipersiapkan. Langkah-langkah ini harus dipersiapkan dengan matang agar kamu memiliki pondasi yang kuat sehingga usaha yang dijalankan dapat bertahan dan berjalan dengan baik. Apalagi kalau sebelumnya kamu tidak punya pengalaman di usaha, maka langkah awal memulai usaha ini penting untuk kamu ketahui. Berikut ini adalah 6 langkah awal memulai usaha agar lancar yang bisa kamu ikuti.

Baca juga: Pilihan Buku Tentang Bisnis Buat Kamu yang Baru Memulai Bisnis

Menentukan Jenis Usaha

Langkah Awal Memulai Usaha

Langkah awal memulai usaha adalah menentukan terlebih dahulu jenis usaha yang kamu inginkan. Dalam menentukan jenis usaha tidak boleh asal pilih karena hal inilah merupakan langkah awal memulai usaha. Langkah ini yang akan menentukan apakah usaha yang akan dibangun bisa bertahan atau tidak. Kamu bisa menentukan jenis usaha ini berdasarkan hal yang kamu minat.

Menentukan jenis usaha berdasarkan minat bisa memudahkan kamu untuk menghadirkan produk atau jasa dengan kualitas yang terbaik. Kamu juga bisa lebih mudah untuk membawakan inovasi yang bagus ke depannya. Hal ini dikarenakan kamu sudah paham dengan jenis usaha yang ingin kamu bawakan. Sebagai contoh, kamu suka dalam bidang kuliner, kamu bisa memulai usaha di bidang kuliner dengan membawakan beragam inovasi makanan yang kamu suka.

Setelah mengetahui jenis usaha apa yang ingin kamu bangun, selanjutnya kamu bisa menentukan visi dan misi dari usaha kamu. Hal ini akan membantu usaha kamu tetap stay on track dan dapat mencapai goals yang diinginkan. Soalnya, usaha tanpa adanya tujuan akan berakhir tidak jelas karena tidak mempunyai target.

Baca Juga 
Gak Susah, Ini Cara Mudah Buat Toko Online untuk Pemula

Melakukan Riset Pasar

Langkah Awal Memulai Usaha

Setelah menentukan jenis usaha yang ingin kamu bawakan, langkah awal memulai usaha selanjutnya adalah melakukan riset pasar. Melakukan riset pasar sangat penting dalam langkah awal memulai usaha karena kamu harus mengetahui seberapa besar usaha tersebut dapat berhasil. Melakukan riset pasar juga dilakukan untuk mengetahui tren apa saja yang sedang banyak dicari dan disukai oleh masyarakat. Dengan ini, kamu jadi bisa menentukan strategi usaha supaya bisa tepat sasaran.

Selain itu, dengan melakukan riset pasar, kamu bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan dari jenis usaha yang akan kamu jalani. Untuk itu, kamu bisa meminimalisirkan kekurangan dan memaksimalkan kelebihannya. Tidak hanya itu, riset juga perlu dilakukan untuk mencari supplier atau vendor yang terpercaya dan berkualitas untuk usaha kamu.

Dengan adanya riset pasar ini, kamu jadinya bisa mengetahui beberapa hal yang dapat membangun usaha kamu. Contohnya seperti, apakah produk atau jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat? Siapa saja yang membutuhkan produk atau jasa tersebut? Siapa saja kompetitor yang memiliki usaha produk atau jasa yang serupa?

Menentukan Target Pasar

Langkah Awal Memulai Usaha

Menentukan target pasar sangat penting untuk dilakukan agar mengetahui sasaran konsumen yang tepat untuk usaha kamu. Hal ini akan mempengaruhi keberlangsungan usaha kamu sekaligus menentukan kesuksesan dari penjualan produk kamu di pasaran. Apabila target pasar yang ditentukan sudah jelas, maka kamu akan lebih mudah untuk membuat inovasi untuk produk kamu. 

  • Membuat Anggaran Dana

Langkah Awal Memulai Usaha

Buat anggaran dana adalah langkah awal memulai usaha selanjutnya yang harus kamu lakukan. Anggaran dana penting untuk dibuat agar usaha yang kamu bangun tidak over budget atau melebihi modal. Buatlah anggaran dana yang sesuai dengan kebutuhan pokok usaha kamu. Sebisa mungkin untuk menekan harga agar anggaran dana dan modal yang dikeluarkan tidak terlalu besar. 

Baca Juga 
Tips Bijak Menggunakan Uang THR

Setelah mendapatkan hasil anggaran dana kasar ini, kamu bisa menentukan jumlah pengeluaran awal dan jumlah investasi yang diperlukan sebelum usaha kamu beroperasi. Dalam menentukan anggaran dana ini, hitungkan juga kegiatan operasional usaha sampai beberapa tahun ke depan. Beberapa biaya yang harus masuk dalam anggaran dana, seperti biaya sewa, biaya pemasaran, gaji karyawan, biaya produksi, stok barang, dan lain sebagainya.

Mempersiapkan Modal Usaha

Setelah anggaran dana sudah siap, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan modal usaha. Tanpa adanya modal, kamu tidak bisa mulai usaha karena modal adalah hal utama dalam langkah awal memulai usaha. Apabila modal yang kamu siapkan masih belum cukup, kamu bisa mencari modal dengan cara mencari investor, mencari hibah atau pendanaan lokal, melakukan utang usaha, atau menggunakan sistem partnership. Namun, selain itu, kamu juga bisa memulai usaha tanpa modal, yaitu dengan menjadi reseller atau dropshipper.

Buat Strategi Promosi

Langkah Awal Memulai Usaha

Strategi promosi juga termasuk langkah awal memulai usaha yang penting untuk dilakukan. Soalnya, strategi promosi bertujuan untuk memperkenalkan usaha kamu ke calon konsumen. Strategi promosi harus dipikirkan secara matang-matang agar tepat sasaran sesuai dengan target pasar yang sudah kamu tentukan. Apabila strategi promosi sudah tepat sasaran, maka akan semakin banyak calon konsumen yang mengetahui produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Di zaman teknologi yang sudah semakin canggih ini, kamu bisa dengan mudah melakukan promosi. Kamu bisa memanfaatkan berbagai media sosial, seperti Instagram, Facebook, dan Twitter. Untuk tahap yang lebih lanjut, kamu juga bisa mempromosikan produk kamu menggunakan Google Ads. Selain itu, kamu bisa memanfaatkan marketplace dengan baik. Sekarang ini ada banyak banget marketplace yang sedang menjamur. Jadinya, kamu bisa memasarkan usaha kamu ke pasaran yang lebih luas.

Baca Juga 
Jenis-Jenis Bisnis Online yang Menjanjikan di 2022

Baca juga: Bisnis Kecil dengan Modal Kecil yang Bisa Dimulai Sejak Dini

Itulah 6 langkah awal memulai usaha yang harus kamu lakukan dengan baik agar usaha dapat berjalan dengan lancar. Pastikan semua langkah awal memulai usaha tersebut telah siap dan bisa menjadi pondasi yang kuat untuk usaha kamu. Nah, agar usaha kamu dapat menjangkau pasaran yang semakin luas, ada pentingnya untuk membuat website toko online. Kamu tidak perlu bingung untuk membuat website toko online karena ada SmartSeller Storefront yang bisa membantu kamu. 

Dengan fitur ini, kamu bisa membuat website toko online dengan mudah cuma dalam waktu 5 menit saja! Tanpa perlu memikirkan teknis, kamu bisa menaikkan branding usaha kamu dan produk otomatis terhubung ke semua channel penjualan kamu. Apalagi ditambah ada fitur Order Management yang bisa membantu kamu untuk mengelola orderan dari semua channel penjualan. Jadinya, kamu tidak perlu ribet untuk rekap orderan lagi, deh. Tunggu apalagi? Yuk, pakai SmartSeller agar usaha kamu berjalan lebih efisien!