\Bagi kamu yang mau mendaftar toko online di TikTok Shop, salah satu syarat yang harus kamu lewati adalah tahap proses verifikasi TikTok Shop terlebih dahulu. Proses verifikasi TikTok Shop ini dilakukan oleh TikTok untuk memverifikasi dokumen yang telah kamu unggah. Setelah proses verifikasi TikTok Shop selesai, kamu baru terdaftar secara resmi di TikTok Shop dan sudah mulai bisa berjualan. 

Berjualan di TikTok memang memberikan banyak keuntungan untuk usaha online. Bahkan banyak yang mengklaim bahwa produk jualannya cepat habis ketika berjualan di TikTok. Makanya, tidak heran kalau sekarang ini TikTok Shop sangat direkomendasikan untuk kamu yang sedang membangun usaha online. Soalnya, fitur ini sangat mempermudah kamu untuk berjualan sekaligus melakukan promosi. Nah, agar bisa berjualan di TikTok Shop, kamu perlu melakukan pendaftaran dan menunggu verifikasi TikTok Shop terlebih dahulu. Penasaran dengan caranya? Yuk, cari tahu di bawah sini!

Cara Mudah Membuka Toko Online di TikTok Shop

Verifikasi TikTok Shop

Sebelum akun kamu mendapatkan verifikasi TikTok Shop, kamu perlu melakukan pendaftaran akun sebagai seller di TikTok Shop terlebih dahulu. Di bawah ini beberapa cara mudah untuk membuka toko online di TikTok Shop yang bisa kamu ikuti.

  • Buka Website TikTok Shop

Cara pertama membuka toko online di TikTok Shop adalah kamu harus mendaftar terlebih dahulu melalui website resmi TikTok Shop. Sebelum melakukan pendaftaran, pastikan kamu memiliki akun TikTok terlebih dahulu.

  • Lakukan Registrasi Akun

Setelah memasuki website TikTok Shop, selanjutnya kamu perlu melakukan registrasi akun seller. Sebenarnya, kamu bisa memilih untuk menggunakan akun pribadi atau mau membuat akun seller yang baru. Apabila kamu membuat akun seller, kamu perlu mengisi beberapa data yang diperlukan, seperti nomor telepon, kode verifikasi nomor telepon, alamat email, kode verifikasi alamat email, dan password. Namun, apabila kamu sudah menggunakan akun TikTok pribadi yang belum terdaftar sebagai seller, kamu bisa klik “Sign up with TikTok Account” untuk melakukan pendaftaran.

  • Mengisi Informasi Toko Secara Lengkap

Cara selanjutnya adalah mengisi semua informasi toko yang dibutuhkan dengan lengkap dan jelas. Informasi toko yang dibutuhkan, seperti nomor telepon dan lokasi alamat toko. Pastikan nomor telepon yang dicantumkan adalah nomor telepon yang aktif agar mempermudahkan pada saat melakukan pendaftaran TikTok Shop dan juga memaksimalkan penjualan.

Baca Juga 
Cara Import Produk Tokopedia: Memperluas Pasar & Penjualan

Setelah selesai mengisi informasi toko, klik tanda centang pada bagian bawah halaman. Tanda centang ini menandakan bahwa kamu sudah menyetujui semua syarat yang berlaku ketika daftar TikTok Shop. Apabila sudah dicentang lalu klik “Start Your Business” untuk lanjut ke tahap selanjutnya.

Baca juga: Ini Dia Cara Jualan di TikTok yang Perlu Kamu Ketahui

  • Mengisi Informasi Penjual dan Verifikasi Dokumen

Sebelum menjual produk di TikTok Shop, kamu perlu mengisi informasi penjual dan verifikasi dokumen terlebih dahulu. Verifikasi dokumen ini merupakan salah satu persyaratan untuk mendapatkan verifikasi TikTok Shop. Caranya tidak susah, kamu hanya perlu mengunggah dokumen yang diperlukan, seperti KTP, paspor, atau dokumen lainnya.

Cara melakukan verifikasi dokumen, yaitu klik “Verify Document” di halaman awal website TikTok Shop. Pilih “Upload Documents” untuk mengunggah dokumen yang diperlukan, seperti KTP atau paspor. Pastikan dokumen diunggah dengan format .jpg, .jpeg, .png, atau .pdf serta ukuran dokumennya tidak lebih dari 10 mb.

Sebelum di-submit, pastikan seluruh data yang diisi sudah lengkap dan benar. Soalnya, data yang sudah diinput tidak bisa diubah lagi. Apabila data sudah lengkap dan benar maka klik “Submit.

  • Proses Verifikasi TikTok Shop

Saat mendaftar TikTok Shop, akun kamu akan melewati proses verifikasi TikTok Shop. Nah, pada proses inilah banyak yang bertanya-tanya berapa lama verifikasi TikTok Shop. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, proses verifikasi TikTok Shop ini memakan waktu sekitar 1 x 24 jam hingga 2 x 24 jam. 

Namun, tidak menutup kemungkinan proses verifikasi TikTok Shop bisa hingga 7 hari. Apabila dalam waktu lebih dari 7 hari kamu belum mendapatkan informasi mengenai verifikasi atau akun kamu gagal terverifikasi, kamu bisa menghubungi customer service TikTok Shop. Proses verifikasi TikTok Shop tidak termasuk hari libur, ya!

  • Menambahkan Produk Jualan

Apabila kamu sudah terdaftar menjadi seller di TikTok Shop, kamu sudah bisa mulai berjualan dan memasukkan produk jualan kamu. Pilih “Start to Add Product” lalu isi informasi terkait produk jualan kamu. Informasi tersebut, meliputi nama produk, deskripsi produk, merek, kategori produk umur simpan, ukuran dan berat produk, harga produk, gambar produk, dan metode pembayaran yang disediakan. Metode pembayaran ini sesuai dengan metode apa saja yang kamu sediakan, seperti bank transfer, Gopay, OVO, dan sebagainya.

Baca Juga 
Mudah, Ini Dia Cara Jualan di TikTok Tanpa Followers!

Alasan Wajib Berjualan di TikTok Shop

Verifikasi TikTok Shop

Supaya kamu lebih yakin untuk berjualan di TikTok Shop, di bawah ini ada beberapa alasannya!

  • Mempunyai Banyak Pengguna Aktif

Alasan yang pertama adalah TikTok memiliki banyak pengguna aktif yang mencapai 1,5 miliar lho! Banyak banget, kan? Tidak bisa ditutupi bahwa sekarang ini banyak pengguna yang cenderung beralih ke TikTok daripada media sosial lainnya. Dari sinilah yang menjadikan alasan kenapa kamu wajib berjualan di TikTok.

  • Memperluas dan Menambah Pasar

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, TikTok adalah sosial media yang populer dan memiliki banyak pengguna aktif. Dengan begitu, usaha kamu berpeluang untuk memperluas pasar. Selain itu, berjualan di TikTok juga bisa menarik banyak pelanggan baru sehingga bisa menaikkan omset yang didapatkan.

  • Terdapat Fitur FYP untuk Promosi

Buat kamu pengguna TikTok, pastinya sudah tidak asing dengan FYP atau For Your Page. Yap, FYP ini adalah kumpulan video yang viral dengan jumlah likes dan viewers yang banyak. Untuk masuk ke FYP tidak harus mempunyai followers yang banyak kok. Kamu hanya perlu membuat konten promosi yang kreatif sehingga bisa menarik perhatian penonton. Dengan begitu, toko kamu bisa banyak dikenal oleh pengguna TikTok.

  • Transaksi Aman

Keamanan merupakan salah satu faktor yang penting banget di sebuah usaha. Nah, kamu tidak perlu khawatir karena TikTok Shop memiliki keamanan yang ketat sehingga proses transaksi dijamin aman dan dapat dilakukan dengan mudah.

Baca juga: TikTok untuk Media Promosi, Apakah Bisa?

Nah, itu dia cara mendaftar akun seller dan berapa lama verifikasi TikTok Shop. Dengan berjualan di berbagai e-commerce dan sosial media dapat memperbesar peluang usaha kamu. Selain itu, kamu juga bisa menjangkau konsumen yang lebih luas dan mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Namun, hal ini juga harus dibarengi dengan strategi yang tepat dan promosi yang menarik untuk memasarkan produk jualan kamu.

Baca Juga 
Tips Mendapatkan Database Customer yang Aman dan Akurat

Nah, agar memudahkan kamu untuk mengatur semua usaha dalam satu dashboard, kamu bisa lho berlangganan di SmartSeller. Pasalnya, SmartSeller terdapat Order Management yang bisa diandalkan untuk mengelola orderan di mana pun kamu berjualan. Sangat membantu banget, kan? Yuk, kunjungi SmartSeller sekarang juga!