Sebagai orang awam yang baru saja terjun ke dunia bisnis reseller, pastinya ada banyak hal yang perlu dipelajari dari cara kerja reseller. Salah satu bisnis yang aman dan mudah dilakukan adalah menjadi seorang reseller. Namun, kini dengan adanya kemajuan teknologi, semuanya membuat siapapun semakin mudah untuk memgetahui cara kerja reseller.

Reseller adalah orang yang membeli produk di supplier kemudian dijual kembali dengan harga yang lebih mahal. Cara kerja reseller yang cukup mudah menjadi salah satu alasan kenapa reseller banyak diminati. Oleh karena itu, kamu perlu tahu bagaimana cara kerja reseller agar bisa menjadi reseller yang sukses.

Apa yang Dimaksud dengan Reseller?

Sebelum mengetahui cara kerja reseller, pertama-tama kamu harus memahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan reseller. Kata reseller berasal dari bahasa Inggris, apabila diartikan ke dalam bahasa Indonesia, kata “re” artinya kembali, “sell” artinya menjual, dan “er” artinya pelaku. Jadi, reseller adalah penjual yang memasarkan dan menjual kembali produk dari pihak supplier kepada konsumen.

Cara kerja reseller dikatakan cukup mudah karena kamu hanya perlu fokus menjual dan memasarkan produk. Selain itu, kamu tidak perlu untuk mengeluarkan banyak modal untuk menjadi seorang reseller. Oleh karena itu, cara kerja reseller menjadi salah satu bisnis yang paling banyak disarankan untuk kamu yang baru saja terjun di dunia bisnis.

Baca juga: Kiat-kiat Sukses Menjadi Reseller, Modal Kecil Keuntungan Stabil!

Memahami Cara Kerja Reseller

Mengetahui dan memahami mekanisme cara kerja reseller sangatlah penting untuk kamu yang ingin memulai menjadi reseller. Berikut beberapa cara kerja reseller yang harus dilakukan.

  • Menentukan Produk yang Akan Dijual

Langkah pertama cara kerja reseller yaitu menentukan produk apa yang akan dijual. Sebaiknya kamu melihat target pasar terlebih dahulu dengan cara melakukan analisis mengenai keresahan dan kebutuhan yang sedang terjadi di masyarakat. Setelah mengetahui jawabannya, kamu bisa menentukan produk yang bisa dijual dalam jangka waktu yang panjang.

  • Persiapkan Modal dan Tempat Stok Produk

Menjadi seorang reseller, kamu harus menyiapkan modal terlebih dahulu untuk membeli produk dari supplier. Namun, bagi kamu yang baru mulai menjadi reseller tidak perlu mengeluarkan modal yang terlalu banyak karena cukup membeli produk dalam jumlah yang sedikit. Selain itu, cara kerja reseller juga harus menyiapkan tempat untuk menyimpan stok produk. Hal ini dikarenakan kamu harus menyimpan stok produk terlebih dahulu.

  • Bekerja Sama dengan Supplier yang Terpercaya

Cara kerja reseller yang paling utama adalah menjual dan memasarkan produk ke masyarakat. Untuk itu, kamu perlu menentukan dan bekerja sama dengan supplier yang terpercaya. Memilih supplier tidak bisa asal-asalan, hal ini karena dapat mempengaruhi ke keterjaminan kualitas produk.

Baca Juga 
Inilah Cara Membuat Akun Bisnis WhatsApp dan Fungsinya!

Cara cari supplier yang tepat, yaitu dengan cara mencari tahu kualitas produk yang dijual. Selain itu, cari supplier yang bertanggung jawab sehingga apabila ada terjadi kerusakan produk, supplier siap untuk bertanggung jawab. Cara kerja reseller lainnya yang bisa kamu lakukan, yaitu bekerja sama dengan lebih dari satu supplier. Dengan begitu, variasi produk yang kamu jual lebih beragam dan keuntungan yang diperoleh akan semakin besar. Hal ini juga sebagai antisipasi apabila ada supplier yang bermasalah.

  • Melakukan Pemasaran Produk

Cara kerja reseller selanjutnya adalah melakukan pemasaran produk agar dapat diketahui oleh banyak orang. Pemasaran produk sangat berpengaruh kepada pada bisnis yang kamu jalankan. Apabila pemasaran kamu bagus, maka secara otomati omset yang dihasilkan akan cenderung meningkat dan keuntungan yang didapatkan akan lebih maksimal.

Pemasaran produk yang paling efektif adalah melalui sosial media. Hal ini karena sosial media dapat menjangkau konsumen di semua daerah. Saat ini, sosial media yang paling efektif untuk memasarkan produk adalah Instagram dan Facebook. Selain itu, kamu juga bisas menggunakan marketplace, website, Google Ads, dan sebagainya agar dapat menjangkau lebih banyak konsumen.

  • Membangun Hubungan dengan Konsumen

Cara kerja reseller satu ini adalah salah satu hal penting yang tidak boleh terlewatkan. Membangun hubungan baik dengan konsumen dapat meningkatkan kepercayaan konsumen sehingga bisa menjadi pelanggan setia. Cara melakukannya, yaitu dengan memberikan pelayanan yang terbaik.

Salah satu contohnya adalah jangan terlalu lama untuk merespon pertanyaan dari konsumen. Hal ini dikarenakan kebanyakan konsumen lebih suka penjual yang merespon cepat sehingga proses transaksi jual beli juga lebih cepat. Jawab semua pertanyaan yang diajukan konsumen dengan telaten. Dengan begitu, konsumen akan merasa senang dengan pelayanan kamu dan memungkinkan untuk kembali membeli di toko kamu.

Baca Juga 
Cara Menghitung Biaya Produksi Agar Terhindar dari Kerugian

Cara Jitu Melakukan Promosi

cara melakukan promosi

Cara kerja reseller tidak hanya fokus ke penjualan saja, tetapi juga harus melakukan promosi agar dapat menjangkau lebih banyak orang. Berikut beberapa cara jitu melakukan promosi yang dapat kamu lakukan.

  • Mencantumkan Informasi Produk Secara Detail

Mencantumkan informasi produk secara detail di akun sosial media atau marketplace juga termasuk salah satu cara kerja reseller. Tuliskan deskripsi produk dan keunggulan produk yang harus diperhatikan oleh konsumen. Konsumen sangat senang apabila informasi produk yang diberikan sangat lengkap. Hal ini dikarenakan proses transaksi jual beli akan semakin cepat.

  • Menggunakan Kalimat Promosi yang Menarik Perhatian

Kamu bisa menggunakan berbagai kalimat promosi agar dapat menarik perhatian konsumen saat melihat postingan produk kamu. Contoh kalimatnya, seperti “Produk paling best seller”, “Produk limited edition, siapa cepat dia dapat”, “Beli dua produk free satu produk”.

  • Berikan Promo ke Konsumen

Metode promosi yang paling disenangi oleh para konsumen adalah dengan metode flash sale. Metode ini sudah banyak digunakan oleh para reseller dan pebisnis online shop untuk menjangkau banyak konsumen. Metode ini dilakukan dengan cara memberikan diskon dimana terdapat batasan waktu, hari, serta kuantitas produk yang diskon. Kamu juga bisa memberikan gratis ongkos kirim, potongan harga, atau buy 2 get 1 dengan syarat minimal pembelian tertentu.

Selain itu, kamu bisa mengadakan give away dengan menerapkan beberapa syarat, seperti follow, share postingan, komen sebanyak-banyaknya, dan tag 3 teman. Dengan cara ini, toko online kamu mendapatkan promosi secara gratis dan peluang untuk diketahui banyak orang semakin besar.

Nah, itu dia informasi seputar mengenai reseller, lengkap dengan penjelasan beberapa cara kerja reseller dan cara jitu melakukan promosi agar dapat menarik perhatian konsumen. Setelah mengetahui penjelasan di atas, apakah kamu tertarik untuk mencoba menjadi reseller? Terlebih, cara kerja reseller yang mudah dan fleksibel untuk dilakukan. Apabila kamu tertarik untuk menjadi reseller, kamu dapat menggunakan Smartseller untuk mempermudah kamu untuk mengelola orderan. Jadinya, tidak perlu kewalahan deh kalau lagi banjir orderan!

Baca Juga 
Mengenal Apa itu Checkout & Istilah Lain Bisnis Online