Bulan Agustus merupakan bulan yang spesial dan bersejarah bagi masyarakat Indonesia karena identik dengan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) yang akan jatuh pada hari Kamis tanggal 17 Agustus 2017. Dapat kita bayangkan bagaimana suasana meriah pada hari kemerdekaan nanti karena pada tanggal tersebut pasti di seluruh penjuru Indonesia akan mengadakan berbagai acara, mulai dari upacara hingga konser seni ataupun berbagai macam jenis perlombaan untuk memperingati proklamasi kemerdekaan dan lepasnya Indonesia dari belenggu penjajahan bangsa asing puluhan tahun silam.

Bagi seorang pelaku bisnis, mereka pasti bisa memanfaatkan momentum kemerdekaan RI ini untuk menambah penghasilan dengan melihat peluang bisnis yang dapat mereka lakukan. Menjelang HUT RI, ada beberapa bisnis musiman yang mempunyai peluang menjanjikan. Berikut beberapa jenis peluang usaha yang bisa Anda lakukan menjelang hari kemerdekaan 17 Agustus :

Bendera merah putih

Tentu saja, berjualan bendera merah-putih menjelang 17 Agustus banyak menarik pembeli, karena biasanya masih banyak orang yang tidak menyimpan bendera merah-putih kain ini. Nah, Anda bisa menawarkan jasa menjahit bendera merah-putih kain ini dan menjualnya. Bisa juga dengan membuat bendera merah putih yang sudah dirangkai sedemikian rupa hingga tampilannya lebih menarik.

Pernak pernik merah putih

Anda pasti sudah sering kan melihat berbagai hiasan bertemakan kemerdekaan di sepanjang jalan atau di gang-gang sempit. Tentu saja warna merah-putih yang paling banyak mendominasi. Biasanya anak-anak senang memiliki bendera dan botol plastik hiasan dengan warna merah-putih ini. Untuk bendera plastiknya Anda cukup menyiapkan plastik yang sudah diwarnai dengan warna merah dan putih lalu dan tusukan sate sebagai pegangannya. Untuk Botol plastik hiasnya, Anda harus sedikit kreatif, seperti mengkreasikan botol plastik ini ke bentuk bunga atau kipas tangan atau bentuk mainan lain.

Makanan dan minuman unik bertema kemerdekaan

Untuk usaha makanan ini Anda bisa menjual kue atau minuman bertema kemerdekaan, tidak perlu mahal-mahal menyewa toko untuk memulai usaha ini. Anda bisa menyewa satu tempat di depan sekolah atau tempat ramai lainnya atau membuat akun khusus dan menjalankannya secara online. Bisa juga menjualnya pada hari H saat ada perlombaan atau acara menyambut kemerdekaan di sekitar rumah Anda.

Jasa percetakan umbul-umbul

Barang laris manis lainnya yang bisa dijadikan peluang usaha adalah jasa percetakan umbul-umbul. Biasanya yang akan banyak mencari jasa ini adalah RT, RW, Kelurahan dan instansi-instasi untuk dipasang dijalan atau diluar gedung. Karena bahan umbul-umbul terbuat dari kain Anda bisa mencetaknya dengan sablon. Bisa juga menambah jasa untuk membuat spanduk.

Kaos dan merchandise bertemakan nasionalisme

Punya hobi menggambar dan design? Anda bisa menyalurkan hobi menjadi bisnis yang menguntungkan. Memanfaatkan momentum hari kemerdekaan, Anda bisa menjual baju design Anda dengan tema kemerdekaan. Keuntungan dari usaha ini, jika pembeli menyukainya, Anda bisa mengembangkan bisnis musiman ini menjadi bisnis Anda untuk seterusnya.

Cara memasarkannya cukup ke orang-orang sekitar Anda dan teman kantor atau kuliah sebagai awal bisa juga secara online untuk  mempermudah para calon konsumen. Biasanya permintaan kaos-kaos bertemakan kemerdekaan akan banyak datang dari kalangan instansi dan organisasi tertentu yang menginginkan keseragaman pakaian untuk sebuah acara.

Nah, itu dia beberapa peluang usaha yang bisa Anda jalankan menjelang hari kemerdekaan seperti saat ini. Bagi Anda yang ingin memulai sebuah bisnis tapi masih ragu untuk memulainya, jangan ragu untuk memanfaatkan momen kemerdekaan ini sebagai awalnya. Semua contoh bisnis diatas itu mudah dilakukan, bahkan bisnis sampingan ini bisa dilakukan secara online. Walaupun hanya berawal dari tema musiman, jika Anda mampu memberikan kualitas produk yang baik dan memuaskan, bisa saja bisnis sampingan ini berubah menjadi bisnis tetap yang bisa menambah penghasilan. Selamat mencoba 😉