Menutup aurat menjadi salah satu syarat sah bagi seorang muslimah dalam pelaksanaan salat. Sebagaimana tata caranya, batas aurat itu meliputi seluruh tubuh, kecuali wajah dan telapak tangan. 

Oleh karena itu, muslimah wajib memakai mukena sebagai busana syari saat menjalankan ibadah salat. Jika dulu mukena yang biasa kita temukan kebanyakan berwarna putih polos, kini ada macam-macam model mukena yang bisa kamu pilih dengan variasi warna, bahan, serta desain yang cantik.

Asal mula cerita di balik mukena

Mukena menjadi busana pelengkap untuk salat yang banyak digunakan muslimah Indonesia dan beberapa negara Melayu di Asia Tenggara. Konon, mukena pertama kalinya dikenalkan pada zaman Wali Songo. 

Saat itu, tradisi pakaian wanita Jawa identik dengan kebaya dan kain panjang yang membentuk tubuh. Untuk itulah, mukena disepakati sebagai hasil kompromi antara Wali Songo dengan masyarakat di masa itu agar para muslimah bisa beribadah sesuai syariat Islam.

Sementara itu, di negara lain, selain mukena, ada juga wanita yang mengenakan tambahan busana berupa abaya atau baju panjang. Potongannya longgar seperti jubah. Jadi, tidak harus menggunakan mukena. 

Sebagian wanita muslim yang telah berhijab atau berbusana syari bisa salat dengan pakaian yang dikenakannya saat itu juga. Sesuai kriteria ya, yang terpenting menutup aurat (tidak transparan atau menampilkan lekuk tubuh), serta suci dan bersih dari hadas besar maupun kecil.

Cara memilih mukena

Dengan model yang beragam saat ini, mukena menjadi lebih praktis dan mudah dibawa saat bepergian. Selain itu, bahannya pun terasa lebih ringan saat dikenakan sehingga bisa dilipat lebih ringkas. 

Saat memilih mukena, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Mulai dari bahan, model, kelengkapan set, serta desain dan ukurannya. Selain tetap syari, desain mukena juga bisa menjadi salah satu pertimbangan dalam memilih mukena.

1. Bahan

Mukena yang adem dan desain yang bagus menjadi idaman para muslimah. Pemilihan warna yang yang estetik perlu disertai jenis bahan yang nyaman di kulit, seperti bahan-bahan mukena berikut:

  1. Katun. Bahan yang terbuat dari serat kapas ini teksturnya halus sehingga lebih ramah di kulit dan bisa menghindari risiko alergi karena kain. Mukena berbahan katun terasa adem dan sangat nyaman dikenakan. Bahan katun yang sering dibuat mukena adalah jenis katun jepang.
  2. Rayon. Bahan ini punya daya serap yang baik dan tampilan warna yang lebih terang. Teksturnya hampir menyerupai katun, tetapi bedanya rayon sedikit lebih tipis dan rapuh sehingga butuh perawatan ekstra. Bahan rayon premium yang sering digunakan untuk mukena adalah rayon janger.
  3. Parasut premium. Bahan ini dikenal ringan dan tipis, tetapi untuk parasut jenis premium lebih terasa tebal dengan serat yang rapat dan juga terasa dingin saat mengenakannya. Bahan parasut ini warnanya tidak mudah pudar dan mampu menahan air. Jenis bahan ini terbuat dari polyester yang cocok untuk kegiatan outdoor. Mukena dengan bahan parasut memungkinkan kamu melipatnya menjadi ukuran mini sehingga hemat ruang penyimpanan.
  4. Silk (satin). Harga bahan mukena yang satu ini memang lebih tinggi dibandingkan dengan bahan mukena lainnya. Namun, kualitasnya sudah tentu mewah karena terbuat dari tenunan serat asli kepompong ulat sutra murbei. Tekstur halus dan lembutnya berasal dari asam amino yang ada pada serat tersebut. Mukena berbahan satin akan memberikan kesan mengkilap dan cantik saat dikenakan.

2. Model

Dari macam-macam model mukena terbaru yang ada saat ini, mukena syari menjadi salah satu favorit para muslimah yang ingin tampil sesuai syariat agama. Untuk itu, pilihlah model mukena syari yang tidak hanya mengikuti tren dan modis, tapi juga mengutamakan fungsinya sebagai penutup aurat yang tidak transparan, tidak membentuk lekuk tubuh, ukuran panjangnya sesuai, dan motifnya tidak terlalu mencolok agar salat bisa tetap khusyuk dan nyaman.

3. Kelengkapan

Mukena yang dilengkapi tas dan sajadah akan lebih bermanfaat karena konsumen tidak perlu membeli kelengkapan tersebut secara terpisah. Selain itu, mukena yang sudah dilengkapi dengan tas dan sajadah juga bisa lebih mudah dibawa saat bepergian.

Macam-macam model mukena terbaru

Setelah mengetahui cara memilih mukena yang tepat, berikut ini ada 6 rekomendasi model mukena yang biasa dicari para konsumen saat akan membelinya. Langsung saja simak ulasannya, ya!

1. Mukena atasan dan bawahan (two pieces)

Model mukena yang satu ini tentu sudah tidak asing bagi para muslimah. Model ini terdiri atas dua bagian, yaitu sebagai atasan dan bawahan terpisah. Bagian penutup kepalanya dilengkapi dengan tali ikat atau bahan karet sehingga mudah disesuaikan dengan lebar kepala. 

Modelnya yang kasual banyak digemari dari berbagai kalangan. Model mukena ini biasanya hadir dalam beberapa tipe, yaitu warna polos atau motif printing. 

2. Mukena terusan

Seiring tren yang berkembang, model mukena terusan ini mulai disukai oleh anak muda. Selain karena motifnya yang semakin trendi, mukena ini juga memungkinkan penggunanya untuk lebih praktis saat membawanya bepergian. Modelnya serupa baju terusan atau gamis dengan tambahan tudung kepala.

3. Mukena ponco

Mukena yang satu ini terbilang salah satu model terbaru. Mukena ponco mirip busana abaya yang desain pada bagian lehernya berlubang tanpa tambahan penutup kepala. Modelnya terdiri dari dua jenis, model ponco terusan (abaya) dan two pieces. 

Mukena model ini termasuk praktis karena tidak perlu repot merapikan jilbab lagi. Namun, disayangkan bagi kamu yang tidak berjilbab perlu membeli tudung kepala secara terpisah.

4. Mukena bali

Disebut model mukena bali karena motif dan coraknya seperti bunga yang dilukis di atas kain bali. Mukena ini identik dengan kesan busana di iklim tropis. Model mukena bali terbuat dari bahan rayon dengan jenis ketebalan tertentu. Mukena model ini akan terasa sejuk di kulit.

5. Mukena plisket

Desain model ini terbilang unik karena terdapat lipitan-lipitan kecil yang menghias pinggiran mukena. Jika biasanya kita temukan khas lipitan plisket ini pada baju terusan atau rok, para desainer membuat padu padan plisket dan kombinasi renda sehingga desainnya antimainstream dan menambah tampilan estetik.

6. Mukena bordir

Mukena ini menjadi favorit banyak orang karena desainnya yang mewah dan elegan. Tampilannya yang cantik membuat mukena ini biasa dipilih untuk momen-momen spesial, seperti saat hari raya atau sebagai bingkisan seserahan. Kombinasi pola dan warnanya yang variatif akan semakin mempermanis tampilan serta memberikan kesan eksklusif bagi siapa pun yang memakainya.

Itulah beberapa rekomendasi macam-macam model mukena terbaru dengan desain motif dan warna yang bagus yang bisa menjadi inspirasi bisnismu. Sebelum menjual atau membuat sendiri produk mukena, pastikan kamu mengetahui bahan kain yang digunakan agar sesuai dengan kebutuhan pelanggan.