Pemasaran digital atau yang dikenal dengan digital marketing memegang peran penting saat ini. Pemasaran digital juga menjadi kunci dalam mengembangkan bisnis dari berbagai sisi di seluruh wilayah di dunia.

Beberapa penggiat bisnis masih menggunakan teknik tradisional yaitu teknik Direct Selling atau penjualan langsung. Teknik ini merupakan teknik penjualan dari mulut ke mulut, tatap muka, dan telesales yang dipercaya sangat membantu untuk mengembangkan bisnis. Namun 90% marketer menunjukkan bahwa upaya menggunakan teknik penjualan dengan media digital seperti sosial media mampu menghasilkan lebih banyak pendapatan daripada teknik penjualan langsung.

Berikut 6 tips digital marketing yang dapat membantu mengembangkan bisnis Anda.

Ciptakan Konten yang Segar dan Terbaru

Memiliki konten segar di situs bisnis Anda merupakan suatu keharusan untuk tujuan SEO. Dengan secara teratur menawarkan informasi yang berguna bagi pelanggan, dapat membantu menjadikan Anda sebagai sosok yang berpengetahuan luas di bisnis tersebut.

Pastikan informasi yang Anda bagikan adalah informasi yang memiliki standar tinggi dan relevan. Jangan hanya membagikan informasi yang sudah usang dan lama. Ada pepatah yang mengatakan bahwa kualitas di atas kuantitas.

Membangun Hubungan dan Aktif di Sosial Media

Bergabunglah dengan platform sosial media seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, dan Instagram. Pastikan bahwa produk Anda adalah brand yang memiliki konsistensi di semua akun yang Anda miliki, misalnya dengan memasang foto profil dan foto sampul yang sama.

Yang terpenting jangan menggunakan terlalu banyak akun. Tidak memiliki akun sosial media sama sekali, lebih baik daripada memiliki banyak akun yang tidak aktif.

Kenali Pesaing Anda

Mengetahui dan mengenali pesaing adalah hal yang sangat penting, terutama apabila bisnis Anda berada di daerah atau area yang banyak dengan pesaing usaha yang sejenis. Anda bisa mempelajari bagaimana teknik yang mereka terapkan untuk bisnis mereka.

Jika Anda mendapatkan sesuatu yang bagus dari ide yang mereka ciptakan, jangan sekali-kali untuk meniru atau mengcopy mereka. Anda bisa mengimplementasikannya, namun buatlah hal tersebut menurut gaya dan kepribadian Anda sendiri.

Menanggapi Ulasan/Tanggapan Customer

Tanggapan atau ulasan tidak selalu hanya bersifat negatif, buat orang-orang tahu bahwa Anda menghargai feedback apapun. Anda bahkan bisa memberikan penghargaan pada pelanggan atas feedback yang telah mereka berikan.

Handling Customer Complaint

Jangan abaikan tanggapan yang negatif, dan pastikan untuk tidak menghapusnya. Anda harus memberikan feedback kembali, tanggapi dengan tenang dan temukan solusi untuk memecahkan masalahnya.

Gunakan Fasilitas/Layanan Live Chat

Peduli dan tanggap kepada customer

Sediakan layanan Live Chat di website Anda untuk memungkinkan pelanggan potensial dapat kembali mengakses dan menghubungi tim Anda dengan mudah. Dengan menyediakan akses untuk masuk ke layanan dan memberikan informasi secara langsung, Anda bisa menyelesaikan informasi yang dibutuhkan semuanya hanya dalam beberapa menit.

Gunakan Google Analytics

Semua pemasaran digital tidak akan membantu Anda kecuali Anda mengetahui bisnis mana yang berhasil dan mana yang tidak. Integrasikan Google Analytics dengan website Anda dan terus lacak perkembangannya setiap hari.

 

Semua teknik marketing pastinya memiliki tujuan yang sama, yaitu membuat bisnis menjadi lebih kokoh dan sukses. Namun, tidak semua teknik cocok dengan berbagai bisnis, ada kalanya Anda perlu memilah dan memilih mana yang lebih tepat untuk bisnis yang sedang Anda geluti. Semoga berhasil!