Dalam bisnis kanvas, key resources menjadi salah satu elemen yang penting. Sebenarnya, apa itu bisnis model canvas? Bisnis model canvas merupakan metode yang bisa digunakan untuk memvisualisasikan rencana bisnis dalam selembar kertas.

Bisnis bermodel kanvas, digunakan untuk memetakan seluruh rencana bisnis agar nantinya mudah dipahami. Dalam bisnis model canvas, elemen ini termasuk di bidang feasibility dan menjadi aset penting yang dibutuhkan agar model bisnis berfungsi dengan baik.

Selain itu setiap model bisnis juga memerlukan sumber daya utama, sehingga elemen ini menjadi aset utama yang diperlukan perusahaan agar bisa menciptakan produk akhir.

Jenis-jenis Key Resources

Elemen ini menjadi sumber daya utama yang digunakan oleh perusahaan agar bisa menciptakan value proposition, sampai membuat produk sesuai dengan kebutuhan konsumen serta memperoleh keuntungan.

Setiap model bisnis, umumnya memerlukan elemen yang berbeda pula. Secara umum, berikut jenis-jenisnya, antara lain:

  • Fisik

Jenis yang pertama adalah fisik. Fisik merupakan sumber daya yang mempunyai wujud fisik dan digunakan perusahaan agar bisa menciptakan value proposition. 

Jenis ini bisa mencakup inventaris, peralatan, bangunan kantor, kendaraan, manufaktur hingga jaringan distribusi yang diperlukan agar operasional bisnis berjalan dengan lancar.

  • Keuangan

Sejumlah model bisnis membutuhkan keuangan atau jaminan keuangan. Jaminan keuangan ini bisa seperti uang tunai, kredit hingga saham yang digunakan agar operasional bisnis berjalan dengan lancar.

  • Kekayaan Intelektual

Jenis yang satu ini adalah sumber daya non fisik, serta tidak berwujud. Contohnya seperti paten, merek, hak cipta, kemitraan dan yang lainnya. intelektual memerlukan modal besar serta waktu yang banyak untuk dikembangkan.

Namun, ketika berhasil mengembangkan kekayaan intelektual, sumber daya yang satu ini bisa memberi keuntungan besar untuk perusahaan. Kamu tentu perusahaan besar seperti Nike dan Apple.

Baca Juga 
Daftar Film tentang Bisnis yang Dapat Memberi Motivasi!

Kedua perusahaan tersebut begitu bergantung pada merek mereka ketika menjual produk, dan biasanya sudah memiliki segmen pasar tersendiri. Bila sebuah perusahaan sudah mempunyai kekayaan intelektual yang baik, perusahaan tentu akan mudah memperoleh konsumen loyal.

  • Manusia

Meskipun menjadi hal yang penting, sayangnya tidak sedikit perusahaan yang mengabaikan hal satu ini.

Setiap perusahaan harus mengembangkan sumber daya ini karena hampir seluruh jenis yang lain akan dijalankan, digunakan oleh karyawan atau manusia. Oleh sebab itu, tanpa ada pengembangan sumber daya manusia, jenis yang lain pasti sulit berkembang.

Hubungan Key Resources dan Value Proposition

Elemen bisnis canvas ini tentu memiliki kaitan dengan value proposition. Tepatnya, elemen inilah yang nantinya digunakan untuk menciptakan value proposition. Jika tidak ada elemen ini, perusahaan tidak bisa menciptakan value proposition yang bisa menarik konsumen, perusahaan tentu sulit memperoleh keuntungan.

Sederhananya, value proposition ini merupakan nilai jual yang diberikan perusahaan agar bisa meyakinkan konsumen sehingga tertarik membeli dan menggunakan produk yang mereka tawarkan. Contohnya seperti perusahaan e-commerce mempunyai value proposition yang memudahkan pembeli belanja dari mana saja serta kapan saja.

Bukan hanya itu, elemen ini juga bisa memberikan value proposition tambahan yang bisa membedakan perusahaan dengan kompetitor. Contohnya, perusahaan memberikan diskon tertentu atau lain sebagainya.

Value proposition tidak bisa tercipta bila key resources yang baik tidak dimiliki. Contohnya, diskon belanja tidak bisa tercipta bila keuangan perusahaan tidak mencukupi, perusahaan juga tidak bisa menciptakan aplikasi yang nyaman jika tidak memiliki sumber daya manusia yang kompeten di bidangnya.

Model bisnis memang sangat banyak jenisnya, tapi pasti ada satu model bisnis yang menjadi winning campaign yang kamu gunakan. Seperti halnya aplikasi manajemen online shop banyak bertebaran di google, namun ada satu yang memiliki fitur lengkap mulai dari pemetaan produk hingga mengatur penjualan produk seperti Smartseller yang mampu memberikan kamu kemudahan dalam berbisnis online.

Baca Juga 
Tips Membuat Label Pengiriman Menjadi Lebih Efektif