MLM adalah singkatan dari Multi Level Marketing, merupakan bentuk pemasaran berjenjang. Di mana suatu bisnis melibatkan pelanggan dalam distribusi produk. Konsumen yang sudah menjadi member akan mendapatkan bonus jika berhasil menjual produk.

Masih banyak orang yang meragukan bahkan takut dengan sistem pemasaran MLM. Padahal skema ini bisa menguntungkan, baik untuk pemilik produk maupun konsumen.

Pemilik bisnis tidak mengeluarkan banyak biaya untuk distribusi dan pemasaran. Karena pelanggan akan menjadi mitra niaga yang juga diuntungkan dengan adanya komisi dan bonus.

Keuntungan Bisnis MLM

MLM adalah sistem pemasaran yang sudah cukup lama diterapkan di berbagai jenis bisnis. Beberapa merek produk kecantikan, suplemen, fesyen, sampai produk kebutuhan rumah tangga, mengandalkan strategi MLM untuk mengembangkan bisnisnya.

Kamu pasti sudah tidak asing dengan merek-merek besar seperti Tupperware, Oriflame, Herbalife Nutrition, dan Sophie Martin. Kemungkinan besar kamu pernah menjadi konsumen atau member dari produk-produk tersebut.

Selain bisa menggunakan produknya, kamu punya kesempatan untuk menambah penghasilan. Lewat penjualan produk dengan sistem MLM. Berikut ini beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan:

1. Modal Kecil

Modal yang perlu kamu keluarkan tidak banyak. Pertama kamu perlu membayar biaya registrasi untuk menjadi member. Kemudian membeli produknya dengan harga member, yang lebih murah dibanding harga standar penjualan.

2. Fleksibel

Bisnis MLM adalah usaha yang fleksibel. Kamu tidak terikat waktu dan tidak dikejar target apapun. Jika ingin mendapatkan keuntungan, tentu kamu harus berhasil menjual produk. Serta mendapatkan member baru untuk memperluas jaringan.

3. Menjadi Passive Income

Bisnis MLM dapat menjadi pemasukan pasif untuk menambah penghasilan. Pastikan kamu mengikuti bisnis MLM yang jelas dan legal. Supaya kamu terhindar dari MLM bodong yang merugikan.

Baca Juga 
Pentingnya UMKM Melek Digital Marketing di Era 4.0 Ini!

4. Memperluas Networking Bisnis

Keuntungan lain dari bisnis MLM adalah memberikan kesempatan untuk memperluas relasi. Karena member perlu membangun jaringan dengan merekrut member baru, jumlah kenalan akan bertambah.

Selain akan mendapat keuntungan berupa bonus, potongan harga dan naik peringkat, relasi yang bertambah juga baik untuk kedepannya. Karena dapat membuka pintu-pintu kesempatan bisnis lainnya.

5. Mengasah Kemampuan Marketing

Supaya berhasil menjual produk dan mendapatkan pelanggan baru, seorang member harus rutin memasarkan barang. Juga membangun komunikasi dengan orang lain. Lambat laut kemampuan komunikasi dan marketing jadi lebih terasah.

Soft skill ini tentu akan berguna di manapun sampai kapanpun. Termasuk dalam menjalankan bisnis MLM. Posisimu dalam skema piramida bisa semakin baik dan terus meningkat. Keuntungan yang didapat pun akan lebih besar dari sebelumnya.

Itu dia beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan dalam bisnis MLM. Skema MLM sendiri merupakan strategi bisnis yang lumrah dan sudah banyak dipakai oleh merek-merek besar. Jadi jangan langsung menganggap buruk bisnis MLM.

Bisnis MLM adalah salah satu jenis usaha yang bisa kamu coba untuk menambah penghasilan. Selama kamu berhati-hati dan memahami cara kerja bisnis MLM, kamu bisa mendapatkan keuntungan.

Kamu juga bisa memanfaatkan platform online manajemen pesanan yang mampu membantu jalannya bisnismu lebih lancar, praktis, dan efisien seperti fitur order management dari SmartSeller!