Bisnis ikan hias belakangan ini semakin banyak diminati untuk pemula usaha. Meskipun jenis bisnis ini bukanlah bisnis yang bisa dengan mudah dilakukan, tapi keuntungan yang didapat dari bisnis dengan ikan hias memang cukup tinggi. Selain itu, jenis bisnis ini memiliki perputaran yang cukup cepat dan sumber pendapatan yang bervariasi. Inilah alasan dari bisnis ikan hias yang banyak diminati.

Untuk pemula, saat akan memulai bisnis ikan hias pasti akan terasa sulit, apalagi jika sebelumnya memang tidak memiliki hobi dalam ikan hias. Jenis bisnis ini merupakan jenis bisnis yang muncul karena hobi. Semakin banyak masyarakat yang memiliki hobi ikan hias, bisnisnya pun juga semakin marak dilaksanakan. Jadi, tidak ada salahnya mencoba untuk memulai bisnis ikan hias dari sekarang untuk menambah penghasilan.

Tips Memulai dan Menjalankan Bisnis Ikan Hias

Bisnis Ikan Hias

Bagi pemula usaha, tentunya akan terasa sulit untuk memulai bisnis yang bergerak dalam bidang ikan hias. Kamu tetap bisa memulai bisnis dengan tepat dan lancar asalkan kamu memiliki perencanaan yang tepat juga. Berikut ini adalah tips memulai dan menjalankan bisnis ikan hias yang bisa kamu ikuti:

  • Tentukan Target Pasar

Tahap ini merupakan tahap awal yang sangat penting di setiap perencanaan usaha.tanpa adanya penentuan target pasar, usaha yang dijalankan akan kesulitan berjalan karena tidak adanya kejelasan kepada siapa produk ditujukan. Saat merencanakan usaha, tentukan target pasar yang sesuai karena setiap ikan hias memiliki target pasar tersendiri.

Misalnya, tidak semua orang suka dengan ikan Koi karena perawatannya yang harus sangat hati-hati dan ekstra. Sebagian besar peminat ikan Koi adalah masyarakat kelas menengah ke atas karena dipercaya membawa rejeki untuk rumah. Begitu juga dengan jenis ikan lain seperti Guppies. Meskipun perawatannya cukup mudah, Guppies tidak terlalu menarik sebagai hiasan rumah karena bentuknya yang kecil.

Baca Juga 
Ide dan Cara Jualan Sayur secara Online, Dijamin Untung

Dengan mempelajari jenis-jenis ikan dan cerita seputar ikan, kamu bisa menentukan target pasar yang sesuai untuk usaha bisnis ikan hias yang kamu jalankan. Penentuan ini juga bisa kamu lakukan agar bisa memasang harga yang sesuai dengan jenis ikan yang kamu jual.

Baca Juga: Tujuan dan Manfaat Perencanaan Usaha

  • Pilih Bisnis Model

Ada beragam bisnis model yang bisa dijalankan saat memulai bisnis ini. Bahkan jenis bisnis model yang kamu jalankan bisa lebih dari 1 untuk menjaga agar bisnis bisa tetap berjalan. Misalnya bisnis model dengan cara jual lepas atau dengan cara jual sambung. Jadi kamu bisa mendapatkan lebih banyak pendapatan dengan melakukan bisnis ikan hias. Contohnya adalah dengan menawarkan paket perawatan ikan secara rutin selama beberapa waktu sekaligus pemeliharaan habitat ikan. Kamu bisa mendapatkan sumber pendapatan yang lebih luas dengan jasa perawatan tersebut dan juga penjualan aksesoris ikan hias.

  • Tambah Pengetahuan Seputar Ikan Hias

Memulai bisnis artinya kamu tidak bisa berhenti belajar. Akan selalu ada ilmu baru yang perlu kamu tingkatkan terutama seputar ikan hias. Dengan menambah pengetahuan seputar ikan hias, kamu bisa menambah edukasi penting untuk para pelanggan. Pelanggan juga lebih suka berbelanja di penjual ikan hias yang informatif serta edukatif. Semakin banyak informasi yang kamu miliki, maka semakin mudah juga kamu meningkatkan penjualan dengan informasi tersebut.

  • Pilih Jenis Ikan yang Akan Dijual

Bisnis Ikan Hias

Selanjutnya kamu juga perlu menentukan jenis ikan yang akan kamu jual. Masing-masing jenis ikan memerlukan perawatan yang berbeda. Tentunya, cara menjual dan target pasarnya juga berbeda satu sama lain. Maka dari itu, perlu adanya penentuan ikan apa yang kamu jual sebelum memulai bisnis ikan hias. Kamu bisa memilih jenis ikan yang dengan mudah terjual cepat seperti Guppies karena perawatannya mudah dan cocok dijadikan ikan peliharaan yang sesuai untuk anak-anak juga. Warnanya juga cantik dan bervariasi sehingga bisa menarik perhatian calon pembeli.

  • Siapkan Peralatan yang Diperlukan

Bisnis Ikan Hias

Tentunya kamu perlu menjaga kualitas ikan yang akan kamu jual. Jadi pastikan kamu membeli perlengkapan yang diperlukan untuk menjaga kondisi ikan yang kamu jual. Misalnya menyediakan air bersih, akuarium yang sehat, serta pakan ikan yang berkualitas agar kondisi ikan tetap sehat. Jangan lupa juga untuk memperhatikan kondisi ikan yang sedang sakit dan menyediakan obat atau vitamin yang diperlukan.

  • Tambah Variasi Produk Selain Ikan

Meskipun bisnis ikan hias, kamu juga harus mempertimbangkan produk lain yang bisa kamu jual. Misalnya ornamen untuk akuarium, pakan ikan, dan sebagainya yang berhubungan dengan ikan hias. Jadi pelanggan bisa mendapatkan berbagai produk seputar ikan hias dari toko usahamu dengan mudah.

  • Memanfaatkan Teknologi untuk Berjualan

Kamu bisa memanfaatkan teknologi untuk menjual produkmu secara online. Saat ini marketplace sudah tersebar dengan luas di Indonesia. Kamu bisa berjualan dengan mudah lewat marketplace tersebut. Berjualan dengan online saat ini juga lebih mudah dilakukan karena masyarakat juga semakin paham tentang internet. Kamu bisa juga mempromosikan usaha jualanmu lewat marketplace dengan iklan atau memanfaatkan media sosial sebagai salah satu strategi pemasaran usahamu.

Baca Juga 
Lakukan Cara Jualan Online untuk Pemula Ini agar Makin Cuan

Baca Juga: Apa itu Katalog? Berikut Penjelasan dan Fungsinya

 

Jenis Ikan Hias yang Banyak Dicari

Jika kamu masih bingung menentukan jenis ikan untuk dijual, kamu bisa mempertimbangkan jenis ikan untuk bisnis ikan hias milikmu berikut ini:

  • Ikan Koi

Ikan Koi adalah jenis ikan yang paling banyak dicari oleh masyarakat. Tampilannya yang indah membuat ikan Koi banyak sekali diminati masyarakat. Kamu bisa memasukkan ikan Koi sebagai salah satu produk bisnis yang kamu jalankan.

  • Betta Fish

Di Indonesia Betta Fish juga disebut dengan ikan Cupang. Ikan ini adalah salah satu jenis ikan yang mudah dirawat dan tidak memerlukan perawatan ekstra. Warnanya yang indah dan ekornya yang berkibar membuat ikan Betta ini menjadi kesukaan banyak pecinta ikan hias.

  • Goldfish

Dikenal juga dengan Ikan Mas, jenis ikan ini hampir sama seperti Betta Fish yang tidak memerlukan perawatan ekstra. Goldfish memiliki warna emas khas dan bentuk yang menggembung lucu. Ikan ini cocok sekali untuk dijadikan ikan hias di rumah atau di kamar anak.

  • Flowerhorn Fish

Sebutan lain untuk Flowerhorn Fish adalah ikan louhan. Jenis ikan ini cukup unik karena memiliki bentuk kepala yang menggembung. Tapi justru itu adalah keunikan dari ikan ini. Semakin besar benjolannya dan unik coraknya, maka semakin mahal pula harganya.

Tips di atas juga tidak lepas dari pengelolaan usaha yang akurat. Mulai dari pencatatan pesanan pelanggan, pengelolaan keuangan usaha, hingga pelayanan pelanggan. Banyak usaha yang tidak bertahan karena lalai dalam proses pengelolaannya, sehingga kamu benar-benar perlu memperhatikan pengelolaan usaha dan perencanaannya. 

Memanfaatkan aplikasi untuk membantumu mengelola usaha bisa menjadi solusi tepat. Misalnya dengan menggunakan SmartSeller yang memiliki fitur lengkap seperti order management untuk mengelola pesanan, shipping management untuk mengelola pengiriman, hingga storefront untuk membantu mengelola toko online yang kamu jalankan. Tunggu apa lagi? Yuk, kunjungi SmartSeller sekarang!

Baca Juga 
Begini Contoh Transaksi Jualan di Tiktok Shop untuk Penjual