Apa itu e-commerce enabler dan kenapa e-commerce enabler adalah hal yang bisa optimalkan bisnis kamu? Bagaimana cara kerjanya? Apakah ada contoh perusahaan e-commerce enabler di Indonesia?

Cara orang berbelanja telah berubah secara signifikan beberapa tahun terakhir. Dahulu belanja langsung di toko, sekarang lebih banyak orang berbelanja di toko online atau e-commerce. Perkembangan teknologi tentu telah memberi kontribusi tersendiri pada pertumbuhan pasar e-commerce.

Hal tersebut secara tidak langsung membuat aktivitas belanja online lebih memuaskan bagi pelanggan. Oleh karena itu, bisnis yang fokus pada penjualan berbasis e-commerce kini banyak diminati pengusaha.

Jadi, apakah kamu salah satu pengusaha yang ingin mulai berfokus pada penjualan e-commerce? Untuk mengoptimalkan penjualan berbasis e-commerce, kamu perlu mengenal istilah e-commerce enabler dan alasan kenapa e-commerce enabler adalah cara yang bermanfaatnya bagi bisnis.

 

Apa itu E-Commerce Enabler?

Enabler adalah

 

Pengertian enabler sendiri adalah gambaran seseorang yang mempunyai karakter sebagai seorang penengah alias fasilitator dalam suatu kelompok. Jika dihubungkan dengan e-commerce maka e-commerce enabler adalah sebuah bentuk bisnis atau disebut sebagai pihak ketiga (outsourcing) yang menyediakan jasa e-commerce end to end kepada pebisnis yang ingin menjual produk atau barangnya di marketplace online yang sudah tersedia dan sesuai dengan pilihan pebisnis.

Dengan kata lain, e-commerce enabler adalah perusahaan penyedia jasa yang menyediakan solusi end-to-end untuk bisnis yang melakukan penjualan e-commerce. Layanan yang ditawarkan bisa mencakup manajemen toko, pemasaran digital, manajemen layanan pelanggan, dan lain sebagainya.

Dengan kata lain, e-commerce enabler adalah perusahaan yang membantu bisnis untuk berhasil dalam penjualan online melalui platform e-commerce dan saluran online lainnya. Strategi dan eksekusi digital, optimalisasi platform, pemrosesan dan pemenuhan pesanan, serta pengiriman produk melalui mitra adalah hal-hal umum yang dibutuhkan untuk sebuah enabler.

Baca Juga 
Ketahui Arti repeat order, Manfaat, dan Cara Meningkatkannya

E-commerce enabler tidak bisa disamakan dengan platform e-commerce seperti Shopee, Lazada, Alibaba, dan Amazon. Sementara platform-platform ini menyediakan jalan bagi bisnis untuk menjual produk, platform e-commerce enabler justru membantu operasional penjualan bisnis dari awal hingga akhir.

E-commerce enabler menawarkan solusi satu atap seperti pengoptimalan situs web, membuat strategi pasar, mengintegrasikan semua media digital, memantau layanan pelanggan, menangani pengiriman dan logistik, sehingga kamu sebagai klien bisa sepenuhnya fokus pada aspek pertumbuhan bisnis daripada hal-hal teknis.

Bisa dikatakan juga bahwa model bisnis yang dilakukan oleh perusahaan e-commerce enabler adalah B2B atau business to business

 

Apa Perbedaan antara Marketplace dan E-Commerce Enabler?

Marketplace adalah platform tempat bisnis kamu memasang etalase produk-produk bisnis dan melakukan penjualan kepada orang-orang yang mengakses marketplace tersebut. 

Sementara e-commerce enabler adalah layanan untuk membantu bisnis kamu mempromosikan dan menjual produk di pasar online dengan menyediakan solusi e-commerce end-to-end.

 

Baca juga: Mengenal 7 Jenis-Jenis E-commerce yang Perlu Diketahui!

 

Kenapa E-Commerce Enabler adalah Cara Optimalkan Bisnis?

Enabler adalah

Memindahkan bisnis dari offline ke pasar online tidak mudah dan membutuhkan banyak pekerjaan. Itulah sebabnya para e-commerce enabler adalah platform yang hadir untuk membantu pengusaha mempromosikan, membangun, menjual, dan mengelola bisnis di dunia digital. Berikut cara kerja e-commerce enabler.

 

1. Mengelola Operasional Bisnis

Dari manajemen rantai pasokan, manajemen inventaris, distribusi pesanan, dan layanan pelanggan, kesuksesan bisnis berbasis e-commerce dibangun atas hal-hal ini. 

Bagi bisnis yang tidak memiliki pengalaman dalam mengelola operasional bisnis online, e-commerce enabler adalah layanan yang bisa membantu mengelola toko sehari-hari atas nama bisnis. 

Perusahaan penyedia e-commerce enabler bisa membantu perusahaan dalam mendapatkan data pelanggan yang lebih besar, meningkatkan kehadiran online, dan mencapai target penghasilan. 

Baca Juga 
Manajemen Bisnis: Pengertian, Fungsi dan Penerapannya

Operasional bisnis yang bisa dicakup seperti:

 

• Manajemen Toko Online

E-commerce enabler adalah layanan yang bisa menangani operasional harian, promosi online, dan voucher. Hal ini berfokus pada membangun merek dan meningkatkan penjualan bisnis kamu. 

 

  • Manajemen Produk

E-commerce enabler adalah layanan yang bisa mengelola seluruh daftar dan harga produk. Kamu bisa memeriksa produk di berbagai platform e-commerce sekaligus. 

  • Pengiriman Pesanan

E-commerce enabler biasanya juga membantu bisnis untuk mempermudah pengiriman pesanan kepada pelanggan. Misalnya, dengan menyediakan pilihan kurir dan pengecekan harga ongkir. E-commerce enabler pada akhirnya mempersingkat proses pemenuhan pesanan bisnis.

 

2. Membangun Merek 

Beberapa jenis e-commerce bisa membangu bisnis untuk menangani konten dan kampanye merek kamu. 

Hal ini bisa memastikan bahwa bisnis kamu bisa terus mengikuti pemasaran konten online terbaik untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan, kehadiran online, dan penjualan online bisnis kamu.

 

Baca juga: Tips Sukses Berbisnis Toko Online Tanpa Ribet

 

3. Memantau Data

Demi memastikan upaya e-commerce menghasilkan angka dan hasil yang sesuai yang kamu tuju, e-commerce enabler bisa menyajikan dan menganalisis laporan secara real-time. Hal ini membantu kamu membangun kehadiran bisnis kamu secara online dan produktif.

E-commerce enabler juga bisa menilai data dan membuat laporan yang terinformasi dengan baik tentang apa yang dikatakan angka-angka tentang bisnis kamu. Apa yang berhasil dan apa yang perlu perlukan dioptimalkan di kemudian hari. 

 

4. Belajar dari Ahlinya

Pada umumnya, perusahaan penyedia e-commerce enabler adalah perusahaan yang dibangun oleh orang berpengalaman dalam menjalankan bisnis online sehingga orang-orang ini akan tahu persis bagaimana dunia bisnis online terutama e-commerce bekerja. 

 

5. Mengoptimalkan Pemasaran Digital (Digital Marketing)

 

Enabler adalah

Beririsan dengan membangun merek, pemasaran digital atau digital marketing merupakan kunci penting dalam menjalankan bisnis online. Bahkan lebih penting untuk bisnis online, karena pemasaran digital menjembatani kesenjangan pengalaman fisik yang tidak bisa diberikan oleh bisnis online.

Baca Juga 
Cara Menjadi Reseller dan Keuntungannya

Penyedia e-commerce enabler biasanya menyediakan layanan pemasaran digital karena memiliki kemampuan untuk memanfaatkan strategi yang tepat untuk meningkatkan traffic dan meningkatkan penjualan ke toko kamu sehingga kamu tidak perlu menghabiskan lebih banyak waktu untuk mencari tahu sendiri

 

Seperti pembuatan domain, pembuatan situs dengan desain yang bisa dicustom, hingga cara pembayaran di situs seperti aplikasi SmartSeller.

 

Simak bagaimana SmartSeller menjadi bagian dari Kisah Sukses Bisnis Hijab Fashion Designer Batik Bayong

 

Permudah Penjualan Produk Bisnis di E-Commerce dengan SmartSeller

https://blog.smartseller.co.id/wp-content/uploads/2022/03/Dashboard-1.png 

Jangan salah, SmartSeller adalah salah satu aplikasi yang menyediakan juga memiliki fitur e-commerce enabler melalui fitur Marketplace Integration. Dengan fitur ini, kamu bisa:

  • Sinkronisasi stok produk di berbagai marketplace secara otomatis dan selalu di-update
  • Kelola stok di berbagai marketplace hanya dengan beberapa klik
  • Dapatkan data laporan penjualan secara rinci dalam hitungan menit

 

Bukan Marketplace Integration saja, SmartSeller juga bisa bantu bisnis kamu mengelola orderan bisnis mulai dari hitung ongkos kirim hingga metode pembayaran, dapatkan data stok akurat dalam secara real-time, bantu bisnis mengatur pengiriman barang, penyediaan situs web, dan masih banyak lagi.

Dengan solusi komprehensif yang disediakan oleh SmartSeller, aplikasi ini memungkinkan pemilik bisnis seperti kamu untuk fokus pada aspek bisnis penting lainnya. Yuk, segera daftar SmartSeller sekarang dan dapatkan kemudahan mengelola bisnis kamu secara online! 

Jika kamu ingin mengetahui lebih lanjut mengenai SmartSeller terutama integrasi berbagai marketplace seperti Shopee dan Lazada, jangan ragu untuk mengakses situs kami dengan klik di sini.