Jika kamu adalah seseorang yang kreatif atau memiliki hobi membuat kerajinan tangan, ada banyak contoh hasta karya yang bisa kamu jadikan sebagai bisnis sampingan, salah satunya dengan memanfaatkan barang-barang bekas.

Menjalankan bisnis ini tidak memerlukan modal yang banyak. Meski begitu, peluang bisnis ini masih cukup tinggi, karena kreasi kerajinan tangan masih memiliki tempat di hati para peminatnya.

Hasil dari kerajinan tangan pun justru lebih disukai karena unik dan lebih estetik. Hasta karya yang awalnya hanya hobi, bisa menjadi peluang bisnis yang besar bahkan memungkinkan membuka lapangan pekerjaan baru.

Berikut contoh hasta karya yang bisa dijadikan bisnis sampingan. Yuk, simak ulasannya!

Contoh Hasta Karya Dari Barang Bekas Yang Bisa Dijual

Beberapa ide hasta karya ini bisa kamu buat dari barang-barang yang ada di rumah, atau bahkan dari sampah anorganik sehingga memiliki nilai pakai atau bahkan nilai jual yang cukup tinggi.

Kerajinan Dari Kardus Bekas

Kardus bekas menjadi bahan yang cukup mudah didapatkan. Daripada membuang atau membakarnya begitu saja, lebih baik kamu manfaatkan kardus bekas tersebut menjadi sesuatu yang bisa jadi nilai jual.

Misalnya, kamu bisa membuat celengan, rak buku, wadah kosmetik, lampu geometri, atau bahkan miniatur rumah yang terlihat cantik dan estetik. Bahan dan alat yang kamu perlukan pun tidak begitu banyak dan cukup sederhana, yaitu kardus, gunting atau cutter, lem, pewarna, serta bahan lain yang sekiranya akan kamu perlukan.

Untuk membuat miniatur, kamu bisa menggunakan bekas sampul buku atau kertas origami untuk dijadikan sebagai hiasan atau pepohonan di sekitar miniatur rumah yang kamu buat. Gunakan alas kardus yang datar sebagai alas, kemudian tempelkan miniatur rumah sesuai desain yang kamu inginkan.

Baca Juga 
Membuka Kredit Untuk Jual Barang Secara Online, Yes or No?

Kerajinan Dari Botol Bekas

Ada banyak ide hasta karya yang bisa kamu buat dari botol bekas. Seperti membuat pot bunga, mainan, lampu hias, pohon hias, hingga hiasan bunga dari tutup botol tersebut.

Untuk pembuatan dari botol plastik bekas ini cukup mudah. Untuk membuat pot bunga, kamu cukup menggunting dan membentuknya sesuai dengan bentuk yang kamu inginkan, kemudian kamu bisa mempercantik pot tersebut dengan mengecatnya sesuai motif yang kamu inginkan.

Kerajinan Dari Stik Es Krim

Mungkin sudah banyak dari kamu yang pernah melihat atau bahkan mencoba membuat kerajinan dari salah satu bahan ini. Selain tidak membutuhkan teknik rumit, hasilnya pun terlihat estetis. Ada tempat pensil atau wadah serbaguna, pigura, jam dinding, hingga miniatur.

Kerajinan Dari Koran Bekas

Barang bekas selanjutnya yang bisa kamu jadikan sebagai bahan membuat kerajinan adalah koran bekas. Salah satu bahan ini juga cukup mudah didapatkan dan sering terbuang percuma.

Kamu bisa memanfaatkan koran bekas untuk membuat keranjang, tempat tisu, hingga jam dinding. Caranya, kamu cukup menggulung-gulung kertas koran tersebut dan merekatkannya dengan lem atau lakban tergantung dari yang kamu butuhkan.

Kerajinan Dari Sarung Tangan

Hasta karya lainnya yang bisa kamu buat adalah dari sarung tangan bekas, kamu bisa menggunting dan membentuknya menjadi boneka, lho. Cukup tambahkan dakron sebagai isi boneka, dan jahit sesuai bentuk yang kamu inginkan.

Itulah beberapa contoh hasta karya yang bisa kamu buat dan dijadikan sebagai bisnis sampingan. Agar bisnis dapat berkembang dan mudah dalam memantau stok maupun transaksi penjualan, kamu bisa berjualan melalui berbagai platform marketplace. Karena saat ini marketplace sudah miliki banyak fitur menarik yang mendukung bisnis, maka penjualan dari bisnis yang kamu geluti akan lebih baik.

Baca Juga 
4 Strategi Ampuh Menjalankan Bisnis Selama New Normal, Dapatkan Target Maksimal!

Namun jika anda ingin mencoba menjalani bisnis tersebut tanpa ada ilmu manajemen order yang baik. Anda dapat memanfaatkan semua fitur di aplikasi Smartseller yang akan menjadi solusi terbaik bagi anda yang akan terjun di dunia bisnis online dalam menjual produk hasil karya anda sendiri.