Kalau kamu termasuk orang yang gemar berbelanja online di aplikasi marketplace seperti Shopee, maka penting bagi kamu untuk mengetahui cara cek resi Shopee. Nantinya, setelah barang kamu dikemas dan dikirimkan ke tujuan oleh pihak seller, kamu bisa melacak keberadaan paket tersebut dengan melakukan cek resi Shopee pada fitur yang telah disediakan. Fitur cek resi Shopee sendiri tentunya dibuat untuk meningkatkan pengalaman berbelanja online bagi pelanggan. 

Kalau kamu belum begitu paham, tenang, artikel ini akan membahas mengenai apa itu resi, fungsi, serta bagaimana cara cek resi Shopee dari masing-masing jasa pengiriman yang tersedia di Shopee.

Pengertian Resi

Cek Resi Shopee

Sebelum mempelajari cara cek resi Shopee, sebaiknya pahami dulu arti resi. Ketika kamu sedang mengirimkan paket atau berbelanja online, biasanya kamu akan diberikan sederet nomor. Nah, nomor inilah yang disebut resi. Secara garis besar, resi merupakan tanda terima berupa nomor yang diberikan oleh jasa ekspedisi setelah kamu melakukan suatu transaksi pengiriman atau jual beli. Nomor ini bisa kamu gunakan untuk mengetahui keberadaan paket kamu, dan sebagai tanda bahwa barang atau paket kamu sedang dalam proses pengiriman. Begitu paket dikirimkan, kamu bisa langsung melakukan tracking secara mandiri. Nomor resi ini penting sekali, jadi pastikan kamu mendapatkannya setelah transaksi sebagai jaminan atas paketmu.

Baca juga: Ide Jualan di Shopee Modal Kecil untuk Pebisnis Pemula

Fungsi Resi

Cek Resi Shopee

Seperti yang disinggung di atas, nomor resi ini penting sekali dalam pengiriman paket. Beberapa fungsi utamanya antara lain:

1. Sebagai Bukti Pengiriman Paket

Cek Resi Shopee

Fungsi resi yang pertama adalah sebagai bukti pengiriman paket oleh jasa ekspedisi maupun penjual online. Ketika suatu paket sudah siap dikirimkan biasanya nomor resi akan langsung diberikan supaya pelanggan dapat melakukan tracking secara mandiri lewat aplikasi atau situs web. Dengan kata lain, nomor resi ini berfungsi sebagai jaminan bahwa paket sedang dalam proses pengiriman. Sebab, kalau paket belum dikirimkan, nomor resi tidak akan ada.

2. Melacak Keberadaan Paket

Cek Resi Shopee

Fungsi kedua adalah nomor resi dapat digunakan untuk melacak keberadaan paket. Dengan adanya nomor resi, kamu bisa langsung melacak keberadaan paketmu saat itu juga secara real time, karena dilengkapi dengan keterangan waktu. Cek apakah paket yang dikirimkan sudah sampai di lokasi tujuan atau belum. Jika belum, kamu bisa mencari tahu di mana posisi terakhir paket itu. 

Baca Juga 
10 Tren Digital Marketing di Tahun 2020 yang Perlu Anda Ketahui!

3. Sebagai Identitas Paket

Cek Resi Shopee

Suatu paket bisa saja tertukar dengan paket lainnya karena di gudang ekspedisi pastinya ada banyak sekali tumpukan paket. Nah fungsi nomor resi yang ketiga adalah sebagai identitas suatu paket. Identitas ini dapat membedakan antara satu paket dengan paket lainnya. Dan ketika ada insiden tidak terduga, seperti paket nyasar atau hilang dan terselip, kamu bisa memanfaatkan nomor resi untuk menemukannya.

4. Memudahkan Pengambilan Paket di Gudang

Selanjutnya, nomor resi bisa berfungsi untuk memudahkan pengambilan paket di gudang. Terkadang, ada beberapa hal yang menyebabkan paketmu harus dibawa kembali ke gudang. Misalnya ketika paket dikirim ke rumah, rumahmu tidak orang, atau ketika paket yang harus dikirimkan oleh kurir menumpuk, sehingga paketmu harus menginap di gudang selama beberapa hari menunggu antrean. Kalau kamu membutuhkan paket tersebut sesegera mungkin, kamu bisa mengambilnya sendiri di gudang ekspedisi setempat. Nomor resi ini akan memudahkan kamu saat menjemputnya. Tinggal tunjukkan saja nomornya pada pihak ekspedisi, dan paketmu langsung bisa diambil.

5. Sebagai Syarat untuk Komplain

Terakhir, ekspedisi berfungsi sebagai syarat untuk komplain. Apabila paket yang dikirimkan mengalami kerusakan atau bahkan hilang, makan kamu bisa mengajukan komplain kepada pihak ekspedisi pengiriman dengan menunjukkan nomor resi tersebut.

Oleh karena itu penting sekali untuk meminta dan cek resi Shopee kamu agar pengiriman paket tetap aman.

Baca juga: Mengenal Apa itu Resi, Fungsi, dan Cara Membuatnya

Beragam Layanan Pengiriman di Shopee dan Cara Cek Resinya

Cek Resi Shopee

Sebelum mempelajari cara cek resi Shopee, kamu harus mengetahui dulu layanan pengiriman atau ekspedisi yang tersedia di Shopee. Terdapat beberapa layanan pengiriman yang sering digunakan di Shopee, yakni Shopee Express, J&T Express, JNE Express, SiCepat, dan Anteraja. 

1. Shopee Express

Layanan pengiriman pertama adalah Shopee Express, yang merupakan layanan pengiriman resmi dari platform Shopee sendiri. Jika kamu memilih layanan Shopee Express, artinya proses pengiriman barang akan ditangani oleh Shopee. Namun tidak semua barang bisa menggunakan layanan pengiriman ini lho. Layanan Shopee Express terdiri dari empat jenis, yakni Shopee Express Standar alias reguler dengan durasi pengiriman 1-3 hari, Shopee Express Sameday, dengan jaminan sampai di hari yang sama atau dalam kurun waktu 24 jam, Shopee Express Instant, dengan jaminan dikirim maksimal 2 jam setelah barang di-pick up, dan Shopee Express Hemat, dengan ongkir lebih murah dan durasi pengiriman 2-4 hari. Untuk cek resi Shopee Express ada dua cara, yakni melalui website dan aplikasi di ponsel.

Baca Juga 
Contribution Margin adalah: Penjelasan Lengkap dan Mudah

Cara cek resi Shopee Express melalui website:

  • Buka halaman website www.spx.co.id.
  • Di kolom pencarian untuk tracking pesanan, masukkan nomor resi kamu.
  • Lalu klik opsi “Track” atau “Lacak” untuk menampilkan status pengiriman terkini dan keberadaan paketmu.

Cara cek resi Shopee Express melalui aplikasi ponsel:

  • Buka aplikasi Shopee di ponsel.
  • Buka menu “Saya”  yang ada di bagian bawah.
  • Klik opsi “Pesanan Saya”  dan  tab “Dikirim”.
  • Kemudian klik ikon bergambar mobil truk untuk mengecek resi serta status pengiriman terkini.

2. J&T Express

Layanan pengiriman selanjutnya adalah J&T Shopee. Layanan pengiriman ini memiliki tiga pilihan pengiriman, yakni J&T ECO, dengan tarif lebih murah dan durasi pengiriman 5-14 hari, J&T Super, dengan proses pengiriman tercepat dengan jaminan sampai 1-2 hari, dan J&T EX, dengan ongkos kirim standar dan durasi pengiriman 2-5 hari.

Cara cek resi Shopee J&T Express melalui website

  • Buka halaman website www.jet.co.id.
  • Masukkan nomor resi pesananmu di bagian opsi “Track&Track”.
  • Klik “Search”, kemudian status pengiriman terkini pesanammu akan ditampilkan.

Cara cek resi Shopee J&T Express melalui aplikasi di ponsel:

  • Download aplikasi J&T Express di App Store maupun Apple Store.
  • Buka aplikasinya, lalu pilih “Cek Resi”.
  • Masukkan nomor resi pesanan.
  • Klik “Search”, aplikasi akan menunjukkan posisi terkini pesananmu.

Cek Resi Shopee

3. JNE Express 

Selain J&T,  JNE Express juga tersedia di Shopee dengan empat jenis layanan pengiriman, yakni JNE OKE (Ongkos Kirim Ekonomis) dengan harga paling murah, JNE Reguler (standar) dengan durasi pengiriman 1-7 hari, JNE YES (Yakin Esok Sampai), dengan jaminan barang sampai dalam 1 hari kerja, dan JNE SS (Super Speed), dengan jaminan barang dikirim dan sampai pada hari yang sama.

Cara cek resi Shopee JNE Express melalui website:

  • Buka halaman website www.jne.co.id.
  • Di kolom “Lacak Kiriman”, masukkan nomor resi pesanan.
  • Setelah itu, klik “Tracking” dan status terkini pesanan kamu akan ditampilkan.

Cara cek resi Shopee JNE Express melalui aplikasi di ponsel:

  • Download aplikasi MyJNE di Play Store maupun Apple Store.
  • Buka aplikasinya dan masukkan nomor resi pesananmu.
  • Lalu aplikasi tersebut akan menunjukkan keberadaan  pesananmu.

4. SiCepat

Ekspedisi pengiriman satu ini memiliki empat jenis layanan pengiriman yakni, SiCepat HALU (Harga Mulai Lima Ribu), dengan tarif yang dimulai dari Rp5 ribu, SiCepat Best (Besok Sampai Tujuan), dengan jaminan barang akan sampai keesokan harinya, SiCepat Reg, dengan durasi pengiriman standar 1-2 hari, dan SiCepat Gokil (Kargo Kilat), dengan tarif murah untuk barang di atas 10 kg.

Baca Juga 
Cara Membuat TikTok Shop dan Berjualan Lancar di TikTok

Cara cek resi Shopee SiCepat melalui website:

  • Buka halaman website www.sicepat.com.
  • Klik tab “Cek Resi”, masukkan nomor resi.
  • Klik “Lacak”, dan website SiCepat akan menampilkan posisi pesananmu.

Cara cek resi Shopee SiCepat melalui aplikasi di ponsel:

  • Download aplikasi SiCepat di Play Store maupun Apple Store.
  • Buka aplikasinya dan masukkan nomor resi.
  • Klik “Lacak” dan posisi pesananmu akan langsung terlihat di layar.

5. Anteraja

Jasa pengiriman di Shopee selanjutnya adalah Anteraja. Terdapat 4 jenis layanan pengiriman Anteraja, yakni Same Day, dengan jaminan pakai sampai tujuan dalam waktu 8 jam, Next day, dengan jaminan paket sampai tujuan dalam waktu 24 jam, Reguler, dengan durasi pengiriman standar 2-4 hari, dan ECO, dengan tarif pengiriman paling murah. 

Cara cek resi Shopee Anteraja melalui website:

  • Buka halaman website www.anteraja.id.
  • Klik “Lacak Pengiriman” dan masukkan nomor resi pesanan.
  • Setelah itu klik “Lacak”, dan posisi status pengirimanmu akan terlihat.

Cara cek resi Shopee Anteraja melalui aplikasi di ponsel:

  • Download aplikasi Anteraja di Play Store maupun Apple Store.
  • Buka aplikasinya dan klik input AWB Number.
  • Masukkan nomor resi pada kolom cek resi.
  • Lalu aplikasi akan menunjukkan keberadaan pesananmu.

Nggak cuma lima layanan pengiriman ini saja, Shopee juga menjalin kerja sama dengan ekspedisi lainnya seperti Ninja Express, ID Express, Go Send, Grab Express, PosAja! dan Sentral Cargo.

Itulah beberapa jasa pengiriman yang tersedia di Shopee beserta cara mengecek resinya. Tidak sulit, bukan? Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu akan dapat mengetahui sudah sejauh mana proses pengiriman paketmu. Nomor resi ini juga sebaiknya tidak diketahui oleh orang lain selain penjual dan pembeli guna mencegah terjadinya penyalahgunaan.

Punya bisnis online di Shopee atau marketplace lainnya?  Kamu bisa meningkatkan sistem operasionalnya dengan aplikasi SmartSeller. SmartSeller memungkinkan kamu mengelola produk dan stok secara terpusat lewat fitur Marketplace Integration. Selain itu, ada pula fitur Shipping Management yang membantu menangani seluruh orderan  masuk dengan beragam pilihan kurir. Ingin bisnismu berkembang? Jangan buang waktu, segera kunjungi link di sini!