Dengan lebih dari setengah miliar pengguna, Instagram memiliki peluang besar bagi pebisnis online untuk memasarkan produk mereka, berinteraksi dengan pembeli, dan menjangkau calon prospek baru.
Salah satu yang paling penting untuk diingat saat membangun strategi Instagram marketing adalah bahwa tidak semua pengguna Instagram memiliki kepentingan yang sama. Jadi dibutuhkan strategi khusus agar iklan Anda di Instagram tepat dan sesuai dengan target market Anda.
Berikut adalah beberapa langkah untuk membantu Anda membangun Instagram marketing.
Bangun Engagement
Engagement marketing adalah sebuah teknik pemasaran yang melibatkan partisipasi pelanggan, sehingga pelanggan tidak lagi pasif tetapi bisa ikut serta dalam proses pemasaran.
Nah, bagaimana caranya untuk membangun engagement melalui Instagram?

Hasil foto yang bagus dapat meningkatkan engagement rate [sumber]
Apabila konten-konten Instagram Anda mampu membuat pengguna Instagram berinteraksi dengan Anda (repost dan memberi komentar atau like), maka kemungkinan besar konten Anda akan sering muncul pada feed Instagram mereka.
Dapatkan Calon Prospek yang Tepat
Instagram baru-baru ini memperbaharui sistem pengelolaan feed yang berdasarkan algoritma. Artinya, foto-foto yang ditampilkan pada feed Instagram didasarkan pada hal-hal yang dinilai lebih menarik perhatian pengguna.

Instagram Measure [sumber]
Gunakan Hashtag
Hashtag berfungsi untuk mempermudah Anda menjangkau banyak pengguna Instagram. Dengan hashtag, akan membuat foto-foto produk Anda mudah ditemukan. Terdapat riset yang menyatakan bahwa konten yang memiliki hashtag mampu melakukan engagement dua kali lebih tinggi daripada konten yang tidak memiliki hashtag.

Penggunaan Hashtag [sumber]
Gunakan Instagram Ads
Instagram Ads merupakan fitur beriklan yang kini dimiliki oleh Instagram untuk membantu pebisnis yang ingin berpromosi kepada seluruh pengguna Instagram di seluruh dunia. Dengan adanya fitur ini akan semakin mempermudah pebisnis online untuk membangun marketing campaigns yang canggih.
Dengan Instagram Ads, promosi Anda akan semakin tertarget karena Instagram Ads memiliki penargetan mulai dari lokasi, usia hingga jenis kelamin. Dengan begitu memungkinkan menempatkan iklan Anda langsung di depan target market sehingga Anda akan merasakan keuntungan menggunakan Instagram Ads untuk bisnis online.
Terdapat 3 format dalam beriklan dengan Instagram Ads, antara lain Photo Ads, Video Ads, dan Carousel Ads.

Format Instagram Ads [sumber]
Video ads, sama halnya dengan Photo Ads, iklan video Anda akan muncul dalam format persegi atau landscape, tergantung pada format yang Anda pilih ketika membuat iklan.
Carousel ads adalah format iklan di Instagram yang nantinya pengguna dapat men-swipe atau menggeser postingan Anda ke arah kanan atau kiri untuk melihat lebih banyak foto dan mengakses link website Anda. Jika Anda menggunakan Carousel Ads sebagai materi iklan untuk iklan Instagram Anda, iklan Instagram Anda akan muncul dalam format persegi.
Instagram adalah sebuah platform yang dapat membantu Anda dalam mengembangkan bisnis online. Dengan Instagram, produk Anda akan dilihat oleh banyak orang, brand Anda menjadi terkenal, penjualan meningkat drastis, dan Anda pun mendapatkan banyak sekali keuntungan dari penjualan tersebut.
Siapkah Anda memasarkan online shop Anda di Instagram? Selamat mencoba!