Sebagai platform media sosial yang besar, Facebook terus menerus melakukan update fitur demi kenyamanan penggunanya. Faktanya, saat ini terdapat lebih dari 2 milyar pengguna Facebook aktif tiap bulannya. Dengan semakin bertambahnya pengguna, Facebook menjadi sebuah jaringan yang tepat untuk mempromosikan brand Anda dan memudahkan Anda terhubung dengan target market.

Facebook untuk memaksimalkan pemasaran bisnis. [sumber]

Namun dengan begitu banyaknya pengguna yang memanfaatkan Facebook sebagai media berjualan, pastinya semakin banyak pula brand atau merek yang akan bersaing dengan Anda untuk memperebutkan perhatian pelanggan. Lantas bagaimana Anda bisa memisahkan brand/merek Anda dari lautan konten yang dibagikan setiap hari di Facebook? Dengan cara apa sebaiknya Anda mempromosikan bisnis Anda di Facebook untuk menciptakan engagement, memperluas jangkauan, dan mendapatkan pengikut baru?

Berikut adalah tiga taktik sederhana namun efektif untuk membantu meningkatkan brand awareness Facebook Anda.

Buat Kuis dan GiveAway

Mengadakan kuis di media sosial dapat bekerja dengan baik untuk menghasilkan buzz dan meningkatkan brand awareness. Dengan adanya kuis, membuat follower Anda lebih terlibat dalam konten yang Anda buat sambil menarik follower baru.

Buat kontes di akun Facebook Anda untuk mendapatkan buzz dan meningkatkan brand awareness [sumber]

Selain itu, Anda bisa mengadakan GiveAway untuk para pemenang, sehingga mereka memiliki kesempatan untuk mencoba produk Anda secara gratis. Anda juga bisa meminta testimoni dari mereka, testimoni tersebut bisa Anda gunakan untuk promosi produk di lain waktu.

Kuis di Facebook yang mudah adalah “Like My Post to Win Contest”, cukup meminta peserta menyukai postingan Anda dan mengikuti Anda untuk menjadi peserta kuis yang sedang berlangsung. Anda juga dapat mendorong peserta untuk membagikan postingan agar mendapatkan jaringan yang lebih luas lagi. Namun penting untuk mengetahui bahwa Facebook memiliki peraturan tentang promosi semacam itu, jadi pastikan Anda tidak melanggar pedoman penggunaannya, ya.

Perbanyak Konten yang Bermutu, Menarik, dan Shareable

Dalam beriklan, diperlukan sebuah konten yang bermutu, menarik, dan shareable. Ketika konten Anda bermutu, maka follower akan tertarik dan senantiasa membagikan konten Anda ke follower mereka. Cara ini terlihat simple, namun dalam pelaksanaannya diperlukan latihan berkali-kali.

Konten yang menarik akan lebih mudah menjangkau follower Anda.

Sebenarnya penting untuk mengetahui konten seperti apa yang mudah dibagikan oleh follower. Di Facebook, postingan kurang dari 50 karakter, cenderung bekerja lebih baik apalagi jika diposting bersama dengan video. Ada beberapa jenis konten video yang disukai di internet, seperti ‘how-to’ videoproduct review videounboxing video, dan lain-lain.

Buatlah konten yang sesuai dengan target market Anda. Dan usahakan konten yang Anda buat bersifat memecahkan masalah, menginformasikan, mendidik, dan menginspirasi follower Anda.  Dengan begitu, orang akan memandang Anda sebagai sumber yang berharga, sehingga dapat membangun kredibilitas Anda. Hal ini bisa dijadikan leverage untuk bisnis Anda.

Facebook Retargeting

Tahukah Anda sekitar 96% pengunjung yang datang ke situs web Anda belum siap untuk membeli? Solusinya adalah retargeting.

Facebook retargeting [sumber]

Strategi berbayar ini memungkinkan konten Anda untuk “mengikuti” pengunjung terakhir Anda ke manapun mereka online untuk dijadikan pengingat kunjungan situs web terbaru mereka. Semakin banyak orang melihat brand/merek Anda, semakin besar kemungkinan mereka terlibat dengan konten Anda.

Bagi masyarakat awam, menemukan iklan di Facebook untuk situs yang baru dikunjungi mungkin tampak seperti hal yang membingungkan. Namun bagi seorang digital marketer, Facebook Retargeting adalah salah satu cara yang paling efektif untuk mendapatkan calon customer yang potensial.

Nah, meningkatkan dan memperkuat eksistensi Anda di Facebook sangat penting untuk strategi pemasaran di media sosial. Sebagai jaringan sosial nomor satu di dunia, Facebook dapat memudahkan Anda untuk menjangkau target market dengan mudah dan tepat. Semoga berhasil, ya!

 

Sumber : Social Media Today