Setiap pelaku usaha harus melakukan analisis peluang usaha baik sebelum atau saat sedang menjalankan usaha tersebut. Dengan melakukan analisis peluang usaha, sebuah usaha dapat mengembangkan usahanya atau mempertahankan usahanya dengan melihat peluang usaha yang ada. 

Menjalankan sebuah usaha tidaklah mudah. Kegiatan bisnis bukan hanya sekadar jual beli barang. Semua bisnis besar telah melalui proses rumit hingga menjadi besar seperti saat ini. Banyak variabel yang menjadi bagian dari sebuah usaha. Bahkan sebelum memulai usaha, banyak yang harus kamu pikirkan.

Hal yang harus kamu persiapkan di awal berjualan adalah komitmen dan tanggung jawab. Tanpa kedua hal tersebut, jangankan berkembang, bertahan lama saja mungkin tidak bisa. Nasib usaha tersebut bergantung kepada kamu seorang. Berbeda dengan pekerjaan kantor yang membutuhkan kerjasama banyak orang, ketika kamu memulai bisnis kamu sendiri yang menentukan bagaimana usahamu ke depannya.

 

Baca Juga: Apa yang Dimaksud Wirausaha? Yuk, Cari Tahu di Sini!

 

Analisis Peluang Usaha

Setelah itu kamu perlu mempersiapkan segala sesuatu mengenai usaha yang kamu jalani. Tentu gegabah jika kamu menjalankan bisnis tanpa persiapan. Oleh karena itu, bisnis apapun yang kamu jalani, kamu harus melakukan persiapan terlebih dahulu. Kamu harus mempersiapkan apakah produk tersebut cocok dengan pasaran yang ada.

Begitu pun ketika menjalankan bisnis. Kamu harus melakukan analisis peluang usaha agar kegiatan usaha yang dijalankan dapat berkembang dan terhindar dari kerugian. Analisis usaha sendiri adalah kegiatan analisa mengenai peluang usaha mulai dari persiapan, perjalanan, hingga mengevaluasi suatu bisnis.

Tidak ada bisnis yang ingin mengalami kerugian atau stagnan. Karena itu, saat menjalani sebuah usaha kamu harus bisa melihat peluang yang ada. Kamu perlu memprediksi sebesar apa peluang tersebut untuk kamu manfaatkan menjadi sesuatu yang besar. Dengan melakukan analisis peluang usaha yang efektif, bukan hanya kamu dapat mengembangkan usaha, kamu juga bisa mendapatkan keuntungan yang optimal.

Baca Juga 
Mengenal Pentingnya Pembukuan Usaha dan Cara Membuatnya

 

Analisis Peluang Usaha

 

Banyak variabel yang perlu diperhatikan saat melakukan analisis peluang usaha. Mulai dari faktor internal hingga eksternal, sampai faktor teknis dan non-teknis. Sebagai contoh singkat, kamu perlu memperhitungkan apakah kamu perlu menggunakan mesin mahal untuk membuat suatu produk dan bagaimana proyeksi keuntungan ke depannya. Keputusan-keputusan tersebut bisa membuatmu maju atau malah menjadi beban yang menahanmu. 

 

Tujuan Analisis Peluang Usaha

  • Mendapatkan Keuntungan

Semua bisnis tentu ingin untung. Oleh karena itu, penting untuk melakukan analisis peluang usaha. Dengan melakukan analisis tersebut, kamu bisa secara kasar mengetahui apakah bisnis tersebut berpotensi mendatangkan keuntungan atau tidak. Misalnya, ketika kamu menjual barang yang sedang hype digunakan. Kamu harus berpikir apakah kamu dapat meraih keuntungan, atau justru merugi karena sudah terlalu banyak saingan.

 

  • Sebagai Referensi Strategi

Analisis Peluang Usaha

 

Dengan melakukan analisis peluang usaha, kamu dapat menjadikannya sebagai referensi strategi pemasaran ke depannya. Karena saat kamu melakukan analisis, kamu sudah tahu target pasar yang kamu tuju. Tentu kamu sudah memperhitungkan bagaimana nilai produk tersebut di mata calon pelanggan. Hal itu bisa kamu manfaatkan untuk memilih strategi pemasaran yang sekiranya efektif.

 

  • Memahami Kompetitor

Setiap bisnis pasti mempunyai kompetitor, tidak peduli selangka apa barang tersebut. Oleh karena itu, penting bagi sebuah bisnis untuk memahami kompetitor. Dengan melakukan analisis peluang usaha, kamu dapat melihat bagaimana selama ini para kompetitor di produk tertentu menjalankan usahanya. Kamu dapat belajar bagaimana bisnis di sektor tersebut berjalan. Nantinya, kamu bisa menjalankan bisnis tersebut dengan bekal yang cukup untuk bertahan atau malah berkembang.

 

  • Mengetahui Tindakan Selanjutnya

Salah satu tujuan paling penting dari analisis peluang usaha adalah mengetahui tindakan apa yang harus diambil selanjutnya. Tentu akan lebih mudah menentukan tindakan selanjutnya apabila bisnis kamu konsisten dan bisa bertahan. Namun terkadang, kamu juga harus tahu kapan harus berhenti. Dengan melakukan analisis peluang usaha, kamu dapat melihat apakah ternyata peluang usaha tersebut sudah tidak sebanding.

Baca Juga 
Manfaatkan Instagram Stories Sebagai Media Iklan Bisnis

 

Tonton: #SellerStory Wallts : Strategi Jualan Produk Dompet Di Era Pandemi

 

Cara-cara Analisis Peluang Usaha

  • Analisis SWOT

SWOT sendiri merupakan kependekan dari strength (kekuatan), weakness (kelemahan), opportunity (kesempatan), dan threats (hambatan). Keempat hal tersebut merupakan hal mendasar dalam suatu bisnis. Kamu perlu mengetahui kekuatan dan kelemahan yang ada di sebuah bisnis yang kamu jalani.

Dengan begitu, kamu dapat mengeksploitasi kekuatan dari bisnis atau tersebut sehingga bisa berjalan dengan optimal. Kelemahan yang ada pun bisa dijadikan refleksi untuk dicari jalan keluarnya. Sedangkan kesempatan dan hambatan yang terlihat dari analisis tersebut, bisa dijadikan sebagai referensi agar tahu cara memanfaatkan dan menanggulanginya.

 

  • Memilih Target Pasar

Analisis Peluang Usaha

 

Sebuah usaha tentu ingin menjual produk ke siapapun konsumennya selama terjual. Namun kenyataannya tidak berjalan seperti itu. Sebuah produk atau usaha mempunyai demografi pasar tertentu. Karena itu, sebaiknya sebuah bisnis harus memiliki target pasar secara spesifik agar dapat berjalan dengan optimal.

Memilih target pasar tertentu juga bisa membuatmu menentukan strategi pemasaran yang bisa kamu gunakan pada kelompok pelanggan tersebut. Seperti contoh, keinginan dan perilaku pasar antara umur remaja dan lansia tentu saja berbeda. Jadi kamu perlu mengetahui target pasar yang cocok untuk bisnis dan produk yang kamu jual. 

 

Baca Juga: Contoh Action Plan Sederhana Buat Bisnis Online

 

  • Menghitung Anggaran

Tidak tepat rasanya melakukan analisis peluang usaha tanpa memperhitungkan anggaran. Anggaran sendiri bisa jadi refleksi tentang usaha tersebut. Dengan menghitung biaya yang kamu keluarkan untuk melakukan produksi dan distribusi, kamu dapat menghitung anggaran yang kamu butuhkan untuk periode waktu tertentu.

Setelah itu, kamu dapat menghitung laba yang kamu butuhkan dalam periode waktu tertentu agar kamu bisa menentukan harga serta target produk terjual agar bisa bertahan, atau malah menjadi berkembang. Laporan keuangan nantinya juga bisa menjadi bahan evaluasi apakah peluang usaha tersebut semakin tertutup.

Baca Juga 
Praktis Gunakan Jasa Jemput Paket ke Rumah untuk Bisnis

 

  • Melakukan Evaluasi

 

Analisis Peluang Usaha

 

Setiap bisnis harus melakukan evaluasi setiap periode waktu tertentu, bisa tiap bulan, kuartal dan setahun sekali. Evaluasi sangat penting untuk mengetahui apakah tindakan dan strategi penjualan yang sudah dilakukan dapat berjalan dengan baik. Selain itu, dengan evaluasi kamu dapat melihat apakah proyeksi keuntungan yang diprediksi sebelumnya sudah tercapai atau belum. Jika ada tindakan yang tidak efektif, kamu bisa melakukan evaluasi dan mencari tindakan yang lebih efektif.

Demikian adalah penjelasan singkat mengenai analisis peluang usaha serta tujuan melakukannya serta cara-cara melakukan analisis usaha. Penting bagi sebuah bisnis untuk melakukan analisa peluang tersebut sehingga dapat mengetahui keadaan bisnis yang ia jalani, serta bagaimana cara untuk mengembangkan bisnis tersebut.

Jika kamu berpikir untuk mengembangkan bisnismu, kamu memerlukan bantuan eksternal. Salah satunya adalah dengan aplikasi SmartSeller. Dengan SmartSeller, kamu bisa mendapatkan analisa bisnis yang detail untuk membantumu mengambil keputusan bisnis. Selain itu, ada Storefront yang bisa jadi website toko online milikmu serta Marketplace Integration untuk bantu kamu terintegrasi dengan marketplace melalui sistem terpusat. Penasaran bagaimana cara kerjanya? Yuk, langsung aja kunjungi SmartSeller!